Aesop’s Fable: Seekor Banteng Dan Seekor Kambing.

Standard

The bull and the goatPada suatu ketika,  adalah seekor banteng yang sedang dikejar oleh seekor singa.  Ia melarikan diri ke dalam sebuah gua, di mana seekor kambing liar tinggal di sana. Kambing  itu adalah seekor makhluk yang kasar. Melihat kedatangan banteng itu, ia sama sekali tidak bersikap ramah. Malah mulai menyerang banteng itu dengan cara menyerudukkan tanduknya ke tubuh banteng itu. “Kalau  sekarang aku hanya bersikap diam seperti ini…” kata sang  banteng “..jangan pikir itu karena aku takut padamu.  Setelah singa  itu pergi, aku akan segera menunjukkan padamu, perbedaan antara seekor banteng dengan seekor kambing” katanya.

*****

Terkadang keangkuhan membuat kita menjadi buta, tidak mampu mengenali potensi yang ada pada diri orang lain, sehingga kita menyangka bahwa diri kitalah yang paling kuat, paling berkuasa, paling mampu dan paling berpengetahuan.  Kita tidak tahu bahwa banyak sekali orang di luar sana yang memiliki kelebihan jauh diatas yang kita miliki. Memiliki harta yang jauh lebih banyak dari apa yang kita miliki. Menguasai ilmu pengetahuan yang lebih luas dari pada apa yang kita kuasai. Menyimpan kebijaksanaan yang lebih tinggi dari apa yang kita simpan.

Orang yang diam, bukan berarti tidak memiliki pengetahuan.  Orang yang rendah hati bukan berarti  tidak mampu.  Jangan pernah bersikap merendahkan kemampuan orang lain.  dan juga jangan pernah mengganggu orang yang sedang kesusahan.

Kisah Seekor Banteng Dan Seekor Kambing ini saya terjemahkan dari buku Aesop’s Fables yang dikumpulkan dan diadaptasikan oleh Jack Zipes.

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s