Labu Siam Putih, Penurun Tekanan Darah Tinggi.

Standard

Labu Siam PutihLabu Siam (Sechium edule)! Sebagian besar dari kita tentu tahu atau setidaknya pernah mendengar tentang Labu Siam. Atau bahkan banyak diantaranya yang malah menyukainya? Tanaman merambat ini merupakan salah satu flora yang umum bisa kita temukan dari ujung barat ke ujung timur tanah air kita.  Di mana-mana ada. Selain dibudidayakan untuk diambil buah dan pucuk daunnya untuk sayuran, juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati tekanan darah tinggi  dan arteriosklerosis.

Ya.. walaupun namanya Labu Siam, namun di Indonesia labu ini benar-benar merupakan  tanaman yang sangat merakyat.Saya tidak tahu persis, mengapa Labu ini disebut dengan nama Labu Siam. Apakah karena berasal dari negeri Siam? Mungkin saja.  Walaupun bagi saya penamaan ini sangat membingungkan. Karena di Bali, Labu ini malah dikenal dengan nama Jepang. Apakah karena orang Bali jaman dulu menyangka bahwa tanaman ini berasal dari Jepang? Buah Jepang. Sayur Jepang. Nah lho? ! Bingung kan? Yang jelas Jepang dan Siam itu adalah dua negara yang berbeda. Namun apapun namanya, bagi saya Labu ini adalah tanaman rakyat Indonesia.

Umumnya, Labu Siam yang kita kenal itu berwarna hijau segar. Namun  kali ini yang saya lihat di rumah salah seorang kerabat suami saya adalah variant yang berwarna putih mulus. Awalnya saya melihatnya di antara salah satu hidangan makan siang yang disuguhkan. Sangat menarik. Dihidangkan sebagai lalapan yang dimakan bersama dengan sambel terasi. Namun ketika saya tanya,  rupanya sayuran ini adalah hasil memetik dari halaman belakang.

Sayapun segera menengok ke halaman belakang. Benar saja, di sana ada tanaman Labu Siam yang merambat di tiang rambatan dan juga menjulur terus ke pohon di sebelahnya. Ada banyak bunga putih yang menyembul mungil di balik dedaunan yang rimbun. Juga ada banyak buah-buah kecil dan juga besar bergelantungan di sana. Tapi semua warnanya memang putih mulus. Menarik sekali. Dan langka.  Beberapa orang kerabat mengatakan kepada saya bahwa jenis labu siam putih ini dipercaya malah lebih ampuh dalam mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.

Maka sayapun dihadiahi sebutir buah Labu Siam Putih yang siap tanam untuk saya bawa pulang. Semoga saya bisa menanamnya dengan baik.

8 responses »

  1. Di Sukabumi aku jg pernah menemukan labu siem bule ini, Mbak Dani. Tp kalau berkhasiat menurunkan tekanan darah baru tahu sekarang🙂

  2. Hi Mbk,

    Kalo pengalaman saya menggunakan labu siam atau jepang ini untuk menurunkan panas kalau anak saya lagi demam.

    Secara pemahaman sy, labu siam besifat Yin sehingga masuk akal bila dimanfaatkan sebagai salah satu asupan untuk mengontrol tekanan darah tinggi yg mana tekanan darah tinggi itu bersifat Yang.

    Suksma,

  3. Di daerah saya Dumoga Bol-Mong namanya Sepang.. Transmigran Bali mungkin yg membawa labu tsb k sana. Di sana ada desa Kembang Mertha, Werdhi Agung dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s