Spirit of Wipro Run 2013 – Indonesia.

Standard

Spirit of Wipro Run

 

Spirit of Wipro Run datang kembali di Indonesia pada hari  ini, 22 September 2013.  Jika tahun yang lalu diselenggarakan  di Alam Sutera Boullevard,Tangerang, tahun ini Spirit of Wipro Run diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah. Tempat yang sangat menyenangkan bagi peserta  karena selain berlari, para peserta juga sekalian bisa menikmati pemandangan indah di kiri kanan jalur lari yang dipenuhi dengan anjungan indah dari berbagai daerah di Indonesia ini.

Spirit of Wipro Run merupakan ‘tradisi’  berlari yang dilakukan oleh Wipro setiap tahunnya sejak 2006.  Dan tahun ini adalah merupakan tahun ke delapan. Diikuti oleh lebih dari 50 000 peserta di  97 kota di seluruh dunia -termasuk di Jakarta. Di Jakarta sendiri peserta terdaftar adalah sebanyak  kurang lebih 750 orang yang sebagian besar adalah para Wiproite (karyawan dari perusahaan dari Grup Wipro)  beserta keluarganya. Sebagai salah seorang Wiproite, sayapun mengajak keluarga saya untuk ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Spirit of Wipro Run ini.

Spirit of Wipro Run 2013. ajpg

Apa yang beda dengan Spirit of Wipro tahun ini?  Yang jelas di tahun 2013 ini Spirit of Wipro mengusung thema “THE LONG RUN”. Jika  tahun yang lalu kegiatan berlari dilakukan di jalur sepanjang 4 km, kali ini kegiatan berlari dilakukan di jalur yang jauh lebih panjang yakni kurang lebih 10 kilometer.  Ten Ke!.  Lumayan panjang juga ya? Wah… nyamain Bali 10K nih!.

Jadi jalurnya itu dimulai dari area pasar seni Taman Kaktus, bergerak ke arah Taman Bekisar, Taman Burung,  lalu berbelok ke Museum Minyak Dan Gas Bumi, Museum Listrik Dan Energi Baru,  lalu terus ke Taman Budaya Tionghoa,  Museum Perangko, lalu ke Museum Komodo. lalu di dekat  Anjungan Sulawesi Tenggara, Anjungan Sulawesi Selatan, Anjungan Nusa tenggara Timur, Anjungan Nusa Tenggara Barat,  Anjungan Bali. Wow! Kita berada di depan danau dengan pulau-pulau yang merupakan miniatur dari kepulauan Indonesia.  Lalu dari sana kita bergerak terus  ke arah Sasana Krida,  Anjungan Jawa Timur, Anjungan Jogja, Anjungan jawa tengah, Anjungan Jawa Barat, lalu  menuju ke Anjungan Lampung dan Anjungan DKI jakarta – dimana di seberangnya kita bisa melihat jajaran rumah-rumah ibadah dari setiap agama yang diakui keberadaannya di Indonesia, mulai dari  Vihara Budha Arya Dwipa Arama, Pura Hindu Penataran Agung Kerthabumi, Gereja Protestan Haleluyah, Gereja Katholik Santa Katarina,  lalu sebelum Masjid Pangeran Diponegoro, kita berbelok ke kiri di depan Borobudur Mini.

Dari sana kita berbelok lagi di depan Sasana kriya, terus berlanjut ke Sasono Langen Budoyo, ke tempat parkiran di dekat gerbang, lalu menuju ke Anjungan jambi, terus Anjungan Sumatera Selatan, Museum penerangan terus berlari lurus…. terus dan terus  akhirnya kembali lagi  deh ke Taman Kaktus. Lari  yang sangat panjang.  Sangat melelahkan dan penuh tantangan.   Benar-benar THE LONG RUN… Walaupun banyak juga peserta yang kelelahan dan akhirnya memutuskan untuk berlari lambat atau bahkan berjalan kaki saja, namun banyak juga diantaranya yang memang benar-benar lari marathon dengan penuh spirit tanpa mengenal lelah walaupun jaraknya jauh.

Jadi tahun ini,  tantangannya  bukan hanya sekedar bagaimana agar bisa menang, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana caranya agr bisa bertahan lama. It’s not about winning. It is about endurance!.  Bukan hanya soal ketahanan dan kemenangan jangka pendek. IT IS ABOUT LONG RUN…

Spirit of Wipro Run 2013

Untuk memastikan semua kegiatan berlangsung dalam suasana yang sportif tanpa kecurangan, panitia menetapkan beberapa peraturan yang harus ditaati oleh para peserta antara lain diskualifikasi jika melakukan kecurangan misalnya menghadang, mendorong  atau mengganggu peserta lain.  Memotong rute lomba ataupun menaiki kendaraan di tengah tengah lomba, maka kepesertaannya akan disikualifikasi.   Selain itu juga ditempatkan petugas yang akan memberikan kalung putaran di dua pos  yang harus dilalui dan 3 pos penjurian yang akan memantau peserta yang lewat.  Di pos-pos itu juga disediakan minuman dan permen, sehingga sangat menolong.

Untuk memastikan agar  tidak ada para peserta  yang tersesat dan tetap  konsisten di jalur yang telah ditetapkan, petugas-petugas dengan petunjuk alur marathon berdiri di beberapa titik alur jalan.  Jadi tidak perlu takut kesasar. Ambulance dan bis juga disediakan mengikuti para peserta lari yang mungkin saja kelelahan,mengingat cukup banyaknya peserta yang masih kanak-kanak diajaki kut serta oleh orangtuanya.

Seperti pernah saya ceritakan sebelumnya, Spirit of Wipro Run adalah kegiatan yang dilakukan untuk memaknai “Spirit of Wipro”  yang merupakan semangat dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan diterapkan dalam kelaurga besar Wipro. Dan yang lebih penting lagi, merupakan ajang kebersamaan komunitas Wipro  bersama keluarga, sahabat dan siapaun yang ingin ikut serta dalam merayakan semangat “berlari”.

Berlari dengan bangga!.

15 responses »

  1. Setahun sekali anggota keluarga besar Wipro reuni lewat even ini ya, Mbak Dani. Cara sangat bagus dar perusahaan ini merekatkan hubungan sesama anggota keluarga disamping menginduksi nilai-nilai yang berlaku di dalamnya.

  2. Kalau di TMII diadakan acara Wipro, Minggu kemaren, Kompas dan Total pun mengadakan Fun Walk. Lumayan, jarak yang ditempuh 8 Km sekali jalan pulang pergi. Dari Senayan peserta jalan sehat start ke Setiabudi, lalu balik lagi lewat Jembatan Semanggi, masuk parkir selatan tempat finish. Saya ikut karena sudah merasakan sisi positif manfaat olahraga jalan kaki, yaitu kebugaran dan kesehatan tubuh.

  3. Membangun tradisi sehat melalui semangat pertandingan yang sehat yang ditanamkan perusahaan dalam merangkul setiap bagian penyusunnya ya Jeng Dani. Salam sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s