Top 10 Kupu-Kupu Di Bintaro Dan Sekitarnya.

Standard

Ketika menulis tentang Top 10  Burung Liar yang ada di Bintaro dan menyeleksi foto-fotonya, saya  menemukan banyak sekali foto-foto kupu-kupu di file saya.  Walaupun sebagian ada yang saya ambil di tempat lain, namun sebagian besar lagi saya ambil di wilayah Bintaro dan sekitarnya.  Banyak juga jenisanya. Dan banyak yang cantik cantik sayapnya.

Di bawah ini adalah 10 Kupu-kupu  yang saya pilih diantara yang paling sering saya jumpai di wilayah Bintaro dan sekitarnya.

1. Kupu-Kupu  Lingkaran Tahun (Ariadne  ariadne).

Kupu-kupu Ariadne ariadne

Kupu -kupu berukuran kecil ini sering saya lihat terbang rendah di rerumputan.  Hinggap dengan membuka sayapnya lebar-lebar,sehingga tidak terlalu sulit untuk difoto.  Warnanya coklat dengan level warna coklat yang bergradasi dari individu ke individu lainnya, sehingga ada yang tampak coklat terang agak ke jingga, dan ada juga yang  coklat agak gelap.  Yang menarik dari kupu-kupu ini adalah corak sayapnya yang bergaris dan memiliki alur-alur yang sepintas mirip dengan  irisan melintang batang kayu, dimana kita bisa melihat adanya  garis-garis lingkaran tahun  yang berulang dari kecil, membesar dan membesar. Saya membayangkan jika kupu-kupu ini -terutama yang warnanya coklat gelap  hinggap pada sebuah tonggak batang kayu yang terpotong melintang, pasti ia tidak akan kelihatan. Bahkan jika hinggap di tanah atau di rerumputan, mungkin saja pemangsanya menyangka itu adalah potongan kayu. Ada bintik putih pada bagian depan sayap depannya. banyak di area Pondok Aren.

2. Kupu-Kupu Segitiga Hijau (Graphium agamemnon).

Kupu Kupu Segitiga hijau

Sesuai namanya,  jika hinggap, sayap kupu-kupu ini mirip dengan segitiga.  Sebenarnya sangat banyak beterbangan dari bunga ke bunga.  Warna sayapnya hitam bertotol-totol hijau terang, mirip zebra terbang  berwarna hijau. Tapi karena terbangnya sangat cepat, tidak begitu mudah memotretnya dalam keadaan sayap yang terbuka.  Itu sebabnya kebanyakan fotonya di file saya adalah saat dia sedang hinggap.  Sayangnya kalau hinggap kupu-kupu ini menutup sayapnya rapat-rapat.  Sehingga yang terlihat hanya sisi bawah dari sayapnya  yang berwarna coklat kehitaman dan hijau.  pada ujung belakang sayapnya terdapat tonjolan yang menyebabkan kupu-kupu ini dimasukkan ke dalam kelompok kupu -kupu Swallowtail.  Sangat  menyukai bunga Jatropha, bunga kersen, dan sebagainya. Kupu-kupu ini menyebar di seluruh wilayah Bintaro dan sekitarnya.

3. Kupu-kupu  Segitiga Biru (Graphium sarpedon).

Kupu Kupu Graphium sarpedon 1

Kupu-kupu yang masih bersaudara dekat dengan Si Segitiga Hijau ini, juga  sangat banyak beterbangan di halaman rumah. Serupa dengan yang hijau, kepakan sayapnya juga sangat cepat, sehingga sangat jarang saya bisa memotretnya dalam keadaan sayap terbuka. Kebanyakan dari satu sisi saja dalam keadaan sayap tertutup. Kupu-kupu ini juga sering disebut dengan Blue Bottle. Paling mudah ditemukan di bunga zinnia, bunga kersen, jatropha dan sebagainya. Menyebar luas di seluruh wilayah Bintaro, Pondok Aren hingga ke Graha Raya.

4. Kupu-Kupu  Zebra Hitam Putih (Neptis hylas)

KupuKupu

Warnanya yang bergaris putih di atas hitam mengingatkan kita pada warna kuda Zebra. Ukurannya kecil . Hobinya terbang rendah di rerumputan. Menurut saya kupu-kupu ini tergolong jinak dan tidak terlalu takut pada manusia. Banyak terlihat berkeliaran di daerah Pondok Aren.

5. Kupu-Kupu Gagak Coklat ( Euploea crameri)

Kupukupu

The Crow!. Kupu kupu berukuran besar ini memiliki kepakan sayap yang lambat, sehingga relatif mudah untuk memotretnya dalam keadaan sayap terkembang. Warnanya coklat mirip warna burung gagak, dengan bintik-bintik  kecil berwarna putih. Penyebarannya sangat luas. Terlihat mulai dari pinggir jalan Tol Bintaro,  tanaman di sepanjang jalan Sektor I  hingga ke area Graha Raya.

6. Kupu-Kupu Bola Mata Biru (Junonia orithya).

buckeye-blue

Blue Buckeye Butterfly!. Sebelumnya saya tidak menemukan referensi nama Kupu-kupu ini,walaupun sepengetahuan saya Kupu-Kupu ini berasal dari keluarga Junonia.  Mungkin sebenarnya varietas lain dari Junonia coenia biasa yang umumnya berwarna coklat. Jadi sebelumnya saya menyebutnya sebagai Junonia  coenia saja – karena paling mendekati. namun belakangan saya mengetahui bahwa Kupu-Kupu ini ternyata bernama latyn Junonia orithya. Sayapun baru hanya menemukannya di sekitar Graha Raya Bintaro – daerah sektor IX dan sekitarnya, tapi populasinya cukup tinggi. Senang terbang rendah di rerumputan.  Menyukai bunga -bunga rumput dan tanaman penutup taman lainnya. Ada juga yang variantnya berwarna ungu, ketimbang biru.

7. Kupu-Kupu Renda (Hypolimnas bolina)

kupu-hypolimnas-betina

Kupu-kupu ini adalah dari jenis yang paling mudah difoto, karena sangat fotogenik dan sadar kamera.  Terbangnya di ketinggian yang sedang dengan kecepatan kepak sayap yang rendah, seolah  memarkan keindahan sayapnya yang sangat mirip dengan renda pada pakaian wanita. Sangat menyukai bunga Zinia. Juga menyebar di wilayah yang luas,mulai sari Graha hingga Pondok Aren.

8. Kupu-Kupu Jeruk ( Papilio demolius).

Kupu-Kupu Jeruk

Lime Butterfly!. Ini kupu-kupu favorit saya. Paling hobby datang bermain ke pohon jeruk nipis saya di halaman. Tapi ia bisa ditemukan dimana-mana. menyebar luas di wilayah Coraknya sangat cantik, berwarna krem dengan garis  garis warna hitam, dengan sapuan warna jingga pada sayap belakangnya. Sangat mudah dikenali. Saya mengetahui ada dua ukuran dari kupu-kupu ini, yakni ukuran sedang agak besar dan kupu-kupu kerdil. Tapi tampangnya sangat serupa.  photo  diatas adalah dari jenis yang kerdil.

9. Kupu-Kupu Hitam Besar (Papilio memnon)

great-mormon-black1

Disebut umum sebagai The Great Mormon, kupu-kupu ini terlihat sangat berwibawa diantara para kupu-kupu lain. Semua kupu-kupu lain tiba-tiba terlihat kecil dan minggir oleh aura kupu-kupu ini. Mungkin karena ukurannya yang besar dan warnanya yang gelap. Terbang tinggi dan seolah-olah tidak perduli. menyebar di seluruh area Bintaro dan sekitarnya.

10.  Kupu-Kupu Chocolate Pansy (Junonia iphita).

Kupu-kupu  Chocolate Pansy

Kupu-kupu ini   jika hinggap suka mengembangkan sayapnya yang coklat mirip minuman chocolate bercampur sedikit susu.  Punya corak yang mirip dengan tumpahan coklat/kopi yang menguap dan sudah kering.  Walaupun kupu-kupu ini cukup banyak, namun agak sulit dilihatnya, karena warnanya yang terlalu mirip dengan tanah atau bebatuan. Pada sayap belakangnya terdapat beberapa buah bulatan kecil yang berbaris  ke atas dan sedikit bersambung ke bagian sayap depannya. Beberapakali saya lihat hinggap di atas daun pisang dan di daun bunga Bougenville. Saya menemukan di area Bintaro Regency.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis kupu-kupu yang mudah saya lihat di Bintaro – tapi tulisan ini hanya mengulas 10 jenis diantaranya.

27 responses »

  1. Mba Ni ini pengetahuannya luas sekali, tahu ajah nama2 kupu2 itu hehe di rumah jg sering ada kupu2 tapi gak ngerti nama2nya tahunya kupu2nya bagus warnanya😀

    #dijamingaknyeselbacablogini

    • Ah..Mbak Larasati ini bisa aja. Nggaklah Mbak. Saya cuma kebetulan sangat suka hewan dan binatang peliharaan. Suka mengamati dan baca-baca buku tentang hewan dan alam sejak kecil… hingga kuliahpun mengambil Kedokteran Hewan. Walaupun akhirnya kerja di bidang lain, tapi ketertarikan pada dunia binatang tidak bisa hilang…

  2. Kalo pengen koleksi kepompong kupu kupu enaknya tanam pohon jeruk asem, kupu kupu nampaknya suka berkembang biak disitu, dulu pernah koleksi kepompong banyak, sampai jadi kupu kupu Renda🙂

  3. Kejutan, masih ditemukan 10 jenis kupu-kupu tsb di Bintaro.
    Hal yg begini, luput dari perhatian saya. Mungkin banyak juga jenis kupu-kupu yang masih bisa ditemukan di kampung saya di Sukabumi.
    Luar biasa pengamatannya nih mbak. Salut…

    Salam,

  4. Pingback: Top 10 Kupu-Kupu Di Bintaro Dan Sekitarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s