Sup Jagung Panas Ala Jineng Untuk Musim Hujan.

Standard

Sup JagungHoree! Liburan telah tiba. Sebenarnya sih bukan liburan buat saya ya. Tapi liburan buat anak-anak. Namanya anak sedang di rumah, pasti kita pun ingin ikut ada di rumah bersama mereka.  Jadi apalah salahnya ikut mengajukan cuti beberapa hari, meliburkan diri sekali-sekali.  Leyeh-leyeh, bermalas-malasan  dan menyediakan waktu penuh untuk keluarga.  Saya bilang saya ingin istirahat beberapa hari sama boss saya. Dan syukur sekali si boss langsung acc. Yes!

Tapi setelah itu, ternyata si Mbak yang membantu di rumah juga tidak mau kalah.   Ia juga memaksa minta liburan pulang kampungnya. Yah…  nggak jadi deh acara bermalas-malasannya.  Tapi pikir-pikir,  dia kan sama seperti kita juga ya?  Ingin punya waktu bersama keluarganya juga. Ya sudahlah.  Masak dilarang? Akhirnya pulanglah ia kemarin ke kampungnya.

Bagus juga menikmati suasana rumah tanpa kehadiran orang lain. Hanya saya, suami dan anak-anak. Untungnya anak-anak sudah mulai besar dan sudah mulai bisa disuruh-suruh. Bantuin  membersihkan meja makan. Bantuin membersihkan sayuran. Bantuin ngangkat piring kotor. Tolong beli telor ke ruko. Anterin ke tukang sayur (maksudnya buat nentengin belanjaan).  Dan sebagainya kalimat perintah. Lumayan deh. Anak saya baik-baik semuanya.

Sebagai imbalannya tentu saya merasa perlu meyediakan masakan favoritnya yang lain dari biasanya. Setiap ibu di dunia ini tentu ingin dinilai sebagai “The Best Chef In The World” oleh anaknya * walaupun sudah tentu orang lain tidak berkata begitu*.

Hari ini adalah hari pertama di rumah. Pertama, tentu saya harus membuka isi lemari es. Ada apa ya?  Sebuah jagung manis dan telor. Lumayan. Setidaknya bisa dibikin salah satu, entah itu Perkedel Jagung , Bakwan Jagung, Sup Jagung, Tumis Jagung atau Sayur Bening Jagung. Saya menimbang-nimbang sebentar. Mana yang kira-kira paling menarik minat anak saya?. Sup Jagung!.

Nah, Sup Jagung untuk menu pembuka yang enak dimakan panas-panas kala musim hujan seperti ini, adalah salah satu menu andalan saya  dalam rangka mewujudkan impian menjadi The Best Chef In The World di mata  anak-anak saya ini.

Ada yang mau tahu bagaimana saya membuatnya nggak?

Bahan-bahan yang saya gunakanJagung Manis

1/. Sebuah jagung

2/. Sebutir telor ayam

3/. Seiris dada ayam

4/. Bawang merah 3 siung

5/. Bawang Putih 5 siung.

6/. Merica – beberap butir

7/. Kaldu ayam

8/. Tepung Maizena – 2 sendok makan

9/. Garam secukupnya

10/. Gula secukupnya.

11/. Bawang bombay 1/2 butir.

 

Bagaimana cara saya memasaknya.Sup Jagung 1

1/. Bersihkan ayam. Ambil sedikit bagian dadanya lalu dipotong kecil kecil berbentuk dadu.

2/. Buat kaldu ayam, dengan cara merebus tulang/kaki  ayam  hingga mendidih beberapa saat dan keluar kalduya, lalu saring dan ambil air kaldunya saja. Masukkan ke dalam panci dan tetap direbus.

3/. Bersihkan bawang merah dan bawang putih, lalu ulek bersama dengan merica dan garam hingga membentuk pasta.

4/. Masukkan  bumbu ulek ke dalam kaldu  sambil terus direbus.

5/. Bersihkan dan iris tipis bawang bombai – lalu masukkan ke dalam kaldu.

6/. Masukkan potongan daging ayam.

7/. Iris jagung manis – lalu masukkan ke dalam rebusan kaldu.

8/. Ambil telor – lubangi sedikit dengan ujung pinggir garpu di bagian atasnya. Lalu masukkan lidi yang bersih ke dalam lubang telor, aduk-aduk hingga putih dan kuning telor bercampur rata di dalam cangkang telor.

8/. Tuangkan telor perlahan-lahan ke dalam  panci yang mendidih. Aduk-aduk .

9/. Tambahkan gula secukupnya.

10/ Ambil tepung maizena, tambahkan dengan air lalu aduk merata. Tuangkan cairan maizena perlahan-lahan ke dalam panci. Aduk-aduk hingga rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal.

11/.  Rebus terus hingga sup mengental.  Lalu dinginkan. Sup Jagung sudah siap.

12/. Hidangkan dalam keadaan hangat.

 

 

10 responses »

  1. Met malam mba…
    Duh bahagianya yg bisa liburan akhir tahun. Saya masih kerja terus sampai tgl 30. Libur hanya 31 dan 1. Begini lah mba, produksi lagi agak naik juga.
    Senang banget punya anak-anak yg baik. Bisa bantu ini dan itu. Dan imbalan buat anak-anak mba ini bikin saya ngiler nih melihatnya.
    Oh ya mba, gak berlibur ke Sukabumi?

    Salam,

  2. Anak-anak pasti senang menikmati masakan mama. Dan aku pengumuman Mbak Dani, walau banyak berkutat di dapur belum pernah bikinin anak-anak sup jagung seperti ini. Hahaha..payah banget aku..

  3. Libur telah tibaa.. horeee horeee *Jadi ingat lagunya Tasya… hehehhe

    Selamat berlibur Mba Made.. semoga liburannya menyenangkan… dan Sup Jagungnya sepertinya enak… *mupeng jadinya… hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s