Kupu-Kupu Penghuni Padang Rumput Bintaro II.

Standard

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang bertajuk Kupu-Kupu Penghuni Padang Rumput Bintaro bagian I,  saya  kembali menulis kupu-kupu yang saya temukan di area-area terbuka dan berumput dari Bintaro Jaya yang sudah dibebaskan namun belum sempat dibangun yang saya istilahkan dengan Padang Rumput. Pada bagian ke dua ini, kupu-kupu yang saya tuliskan adalah dari jenis yang lebih kecil ukurannya dari kupu-kupu yang saya sebutkan di bagian I.

1/. Kupu-Kupu Teluk.

Kupu Kupu Teluk -Agraulis vanillaeKupu-kupu yang dalam bahasa latin bernama Agraulis vanillae ini sebenarnya merupakan penghuni padang rumput Bintaro yang cukup menarik perhatian. Jumlahnya tidak banyak. Namun karena warnanya jingga sangat cemerlang ditimpa sinar matahari, maka keberadaannya terasa sangat menyolok mata. Kalau kita lihat terbang dari kejauhan, kadang-kadang kita bisa terkecoh dan menyangkanya sebagai Kupu-Kupu Junonia jingga yang memiliki warna serupa. namun setelah kita dekati, segera kita menyadari bahwa kupu-kupu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan berbeda dengan Junonia jingga (Junonia almana).

Selain tubuhnya dan bagian ujung sayap belakangnya yang berwarna hitam berbercak putih, keseluruhan kupu-kupu ini nyaris hanya terdiri atas warna jingga dan sedikit hitam  saja.  Sayap depannya memiliki ukuran yang signifikan lebih pajang dari sayap belakangnya.  Warnanya jingga dengan tepi garis berwarna hitam dan beberapa bercak yang terdiri atas empat kelompok juga berwarna hitam.

Sayap bagian belakang terlihat sangat artistik, karena adanya pita hitam dengan bulatan-bulatan putih mirip bando pada ujungnya. Sisanya berwarna jingga cerah dengan sedikit bercak bercak hitam.

Jenis kupu-kupu  ini terbang cepat di atas bunga-bunga rumput dan kurang ‘friendly’ jika didekati.  Buru-buru pergi. Menyukai bunga pukul delapan.

2/. Kupu-Kupu Ksatria Kelabu.

Dusky KnightKupu-kupu berwarna coklat debu ini berukuran sangat kecil. Saya pikir jika sayapnya dibentangkan tentu tidak akan melebihi 3 cm. Umum disebut dengan nama Dusky Knight Butterfly (Ypthima arctous).

Kupu-kupu ini memiliki warna yang sama, baik jika kita lihat dari atas mapun dari bawah. Sama saja. Coklat mirip abu pembakaran.  Sangat serupa dengan warna tanah dan warna rumput-rumpit yang mati.  terelbih dengan ukurannya yang kecil, agak sulit bagi kita untuk melihatnya. Kecuali pada saat kupu-kupu ini bergerak barulah mudah bagi kita untuk melihatnya.

Sayap depannya  memiliki sebuah bulatan besar mirip mata yang berwarna hitam dengan bingkai coklat kekuningan. Sedangkan sayap belakangnya memiliki masing masing dua  bulatan kecil berwarna sama dengan bulatan besar di sayap depannya.

Kupu-kupu ini paling hobby hinggap di bunga puteri malu dan bunga rumput lainnya yang kecil-kecil.

3/. Kupu-Kupu Biru Kecil.

Kupu Kupu Kecil Biru -Common Little Blue Butterfly1Kupu-kupu ini berukuran bahkan lebih kecil lagi dari Kupu-Kupu Ksatria Kelabu. Saya rasa mungkin tidak akan lebih dari 2.5 cm. Umum disebut dengan nama Common Little Blue Butterfly (Cupido minimus).

Secara umum warna kupu-kupu ini memang biru kelabu, dengan warna yang lebih biru pada pangkalnya,lalu dilanjutkan dengan lapisan warna kelabu dan diakhiri dengan garis tipis putih membingkai sayapnya.

Tidak ada bulatan-bulatan yang saya temukan pada sayapnya. hanya warna biru dan sedikit coretan dengan warna senada. Tubuhnya juga berwarna biru kelabu.

Kupu-kupu  ini menyukai bunga rumput yang mungil-mungil. Terbangnya zigzag di atas rerumputan.

6 responses »

  1. kupunya cantik cantik ya mbak

    Foto kupu kupu yg terakhir itu hampir mirip sama kupu kupu yg sering kutemui dan kupotret di kebunku tiap musim panas, mungil sekali kupunya Cuma di sini lebih biru warna sayapnya mbak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s