Growing. We Do It Every Day.

Standard

pakisSeorang teman mengeluh karena merasa matanya mulai berkurang ketajamannya belakangan ini. Ah, sayapun mengalami masalah yang sama.Minus saya bertambah dari waktu ke waktu, sehingga sangat sulit bagi saya untuk melihat jarak jauh dengan baik. Namun teman saya itu rupanya ingin menceritakan hal yang berbeda. Semakin lama semakin sulit  baginya untuk melihat jarak dekat. Bisanya cuma jarak jauh. Ha ha.. Wah, kalau begitu itu sih urusannya dengan faktour “U” ya.  Namun  tentu tidak tega bagi saya untuk mengatakan bahwa ia semakin menua dan oleh karenanya matanya semakin rabun dekat “.ouw…just a normal sign that you are growing a little older…“kata saya sambil nyengir.  Teman saya tertawa.

Sebenarnya setelah itu sayapun ikut memikirkan selintas tentang usia saya yang berada di atas usianya itu.  Waktu cepat sekali berlalu. Entah apa saja yang telah saya lalui, tiba-tiba saja setengah abad nyaris lewat begitu saja. Dan tentunya gejala-gejala “pendewasaan’ itupun semakin jelas terlihat. Beberapa waktu  yang lalu ketika mengupload sebuah foto terakhir saya ke Face Book untuk saya jadikan profile, saya melihat kerut merut tampak jelas di wajah saya. Sayapun memperhatikan jemari tangan saya yang juga mulai berkerut-kerut. Waktu rupanya telah meninggalkan jejaknya dengan jelas di kulit saya. Itu pertanda bahwa selama ini saya mengalami pertumbuhan yang  baik setiap harinya.  Hmm… ya..memang!.Growing a little older every day. Ha ha!. Jadi teringat lagu Growing dari Barney yang suka saya nyanyikan ketika anak-anak masih kecil:

“Growing, we do it every day
We’re growing when we’re sleeping and even when we play
And as we grow a little older,
We can do more things because I’m growing and so are you.

Each day we grow a little taller
A little bigger, not smaller.
And we grow a little friendlier too.
We try to be a little nicer as we grow each day,
Because I’m growing and so are you”.

Saya suka menyanyikan lagu ini untuk anak-anak saya, karena saya menyukai kata-kata bahwa jika kita bertumbuh, maka kita akan semakin tinggi, semakin besar. Dan bukan hanya itu, tapi juga menjadi semakin bersahabat, semakin baik terhadap orang lain.  Saya berharap anak-anak saya mengerti dan mampu mencari jalannya sendiri untuk bisa beradaptasi, bertahan dan sukses dalam dunia yang akan dihadapinya kelak.

Kini,  satu tahun lagi kembali telah lewat. Anak-anak semakin besar. Semakin tinggi fisiknya. Semakin tajam pemikirannya. Semakin berkembang pengertian dan pemahamannya dalam hubungan sosial. Saya semakin menaruh harapan tinggi akan anak-anak saya. Sementara, apa yang terjadi dengan saya dalam setahun ini? Kata orang saya semakin matang * maksudnya semakin berkeriput*  Ha ha ha. tak apa-apalah. Saya selalu berpikir itu adalah bagian dari pertumbuhan!

Ya.. bagi setiap mahluk hidup, setiap hari, setiap minggu , setiap bulan dan setiap tahun –  sesungguhnya adalah batu perjalanan  dari sebuah proses pertumbuhan. Entah itu pertumbuhan fisik, pertumbuhan pengetahuan, pertumbuhan kebaikan maupun pertumbuhan kebijaksanaan.  Entah itu pertumpuhan ke atas, ke samping , ke depan, ke belakang ataupun ke bawah. Kita tumbuh ketika kita sedang tidur. Juga ketika kita sedang bekerja, atupun ketika sedang bersenang-senang. Semuanya memberi kesempatan kita untuk tumbuh, tanpa peduli kita sadari atau tidak.  Terkadang bisa saja kita mengalami gangguan kecil yang mungkin menyebabkan kita  sedikit terpeleset – namun asal saja kita mau bangkit dan mau berusaha berjalan kembali,  pertumbuhan baru ke arah yang positive pun pasti akan terjadi lagi. Percayalah, terpeleset adalah bagian dari proses bertumbuh.

Hari ini saya sedang berada di pegunungan. Saya melihat pucuk daun pakis yang baru tumbuh di sebelah tempat saya duduk. Ia mengembang dengan semangat setiap hari menyongsong matahari.  Walaupun kabut sedang turun, ia tetap semangat bertumbuh.  Jikapun gangguan terjadi menghampirinya sehingga ia tak bisa mengembang dengan sempurna, tentu akan keluar lagi pucuk daun baru yang lebih muda dan lebih bersemangat – sehingga menyebabkan pohon pakis itu tidak berhenti bertumbuh. Bayi yang baru belajar berjalan juga demikian. Bukankah terjatuh adalah merupakan salah satu bagian dari upayanya untuk maju,berkembang dan bertumbuh? Demikian juga dengan kita. Apapun yang terjadi di tahun 2013 ini,  yang menyenangkan hati kita ataupun yang kurang menyenangkan, semuanya memegang andil dalam proses kemajuan, perkembangan dan pertumbuhan kita.

Saya merasa sangat bersyukur akan semua hal yang telah saya alami dan lewati di tahun 2013. Dan saya menyongsong pertumbuhan ke arah positive yang lebih baik lagi di tahun 2014 yang akan datang ini.

Happy New Year!Selamat Tahun Baru 2014, para sahabat semua!.

 

21 responses »

  1. Selamat tahun baru mba.
    Yes… we are growing everyday…
    but we should also growing inside (the soul – the emotion).
    Kalau dalam bahasa inggrisnya kira-kira gini mba: “tua tak berarti dewasa”

    once again… Happy New Year for you and families. Wishing the best year to come

  2. Met menyambut tahun 2014 ya mbaaak.. Semoga kita menjadi sosok yg lebih baik, lebih berguna dan pandai bersyukur atas semua yg dianugrahkan Allah kepada kita… Aamiin.

    Saya juga semakin sepuh, minus mah sudah sejak jaman kapaaaan..sekarang sudah pakai lensa plus kalau baca hehe
    But nikmati saja setiap perubahan, menjadi tua adalah menjadi lebih cantik kalau menurut saya mah🙂

  3. wah.. pantesan liriknya familiar, mba… dari Barney …

    minus sih ngga tapi kalo saya merasa mata plus jadi nambah, hehe… kadang kalau nulis jawaban suka ga keliatan apa yg saya tulis

  4. Iya betul mba, semakin hari semakin bertambah kita tua.
    Memang yg namanya mata itu gak bisa bohong. Walau masih bisa baca tanpa bantuan kaca mata, tapi cepat letih. Mulai dari plus setengah, sekarang sudah jadi plus satu nih…

    Salam,

  5. Memang kehendak alam mau tidak mau harus kita jalani ya Mbak. Sama seperti waktu yang selalu berjalan sehingga tidak terasa tahun 2013 sudah ada di belakang. Selamat Tahun baru, Mbak Dani. Maaf telat nih 🙂

Leave a Reply

