Tempe Penyet – Sambal Bawang Putih.

Standard

Tempe PenyetMasak apa lagi?  Hi hi. Beginilah kalau lagi di rumah. Mesti kreatif biar anak-anak dan suami senang. Sebelumnya saya sudah memposting  Sup Jagung dan Tofu Cabe Garem buat anak-anak. Nah, apa dong kesukaan suami? Suami saya suka tempe. Tapi bosen ya kalau tempe goreng- tempe goreng lagi? Yang bosen sih  sebenarnya tukang masaknya. Yang makannya senang-senang saja, wong memang doyannya tempe goreng panas-panas dimakan dengan nasi panas.

Nah untuk menghindari kebosanan tukang masaknya, sekarang saya  mau membuat variasi. Tempe Penyet!. Yang ini dijamin suami pasti suka. Judulnya masih tetap tempe. Cuma yang ini diketok sampai penyet bersama dengan sambal, alias dipenyet. Mantap deh.

Menurut saya, sebenarnya kunci Tempe Penyet ini ada di sambalnya.  Sambalnya bisa dibuat macam-macam tergantung dari pilihan kita.  Tempe bisa dipenyet dengan Sambal Terasi, bisa juga dipenyet  dengan Sambal Tomat ataupun SambL Bawang Putih. Caranya adalah dengan mengenali jenis sambal yang disukai oleh orang yang akan kita masakin (suami). Jika suami sukanya Sambal Terasi, ya penyet saja dengan Sambal Terasi. Demikian juga jika sukanya sambal lain. Kebetulan suami saya suka hampir semua jensi sambal. Jadi suka-suka sayalah mau memenyet tempenya dengan sambal apa. Karena sudah pasti ia akan suka.

Sekarang saya mau menuliskan resep Tempe Penyet  Sambal Bawang Putih. Mengapa kok Sambal Bawang Putih?  Karena selain rasanya enak dan suami saya suka, sekalian buat menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Bawang putih mentah kan sangat dikenal bisa membantu menurunkan tekanan darah yang naik.

Bahan-bahan:

1/ Tempe

2/. Cabe keriting merah – boleh campur dengan rawit hijau/merah.

3/.Bawang Perah

4/ Bawang Putih.

5/ Garam secukupnya.

6/. Minyak Goreng.

7/Accesories : daun kemangi/ daun bawang -kalau ada.

Cara Membuat:

1/. Potong-potong tempe agak tebal. Lalu rendam dalam air garam/air kaldu.

2/ Goreng tempe hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

3/. Goreng cabai, bawang merah dan bawang putih hingga matang. Angkat dan tiriskan.

4/ Ulek cabai, bawang merah dan bawang putih matang. Tambahkan dua atau tiga siung bawang putih mentah.Ulek kasar.

5/. Bubuhkan  garam secukupnya. Campur hingga rata.

6/ Masukkan tempe goreng ke dalam cobek  satu per satu. Ketok dengan anak cobek  hingga penyet. Tambahkan daun kemangi atau dan bawang jika suka.

7/. Boleh dihidangkan langsung dengan cobek-cobeknya. Atau bisa juga dipindahkan ke piring saji.

Hidangkan untuk teman nasi panas.

16 responses »

  1. saya baru ngerasain sekali ayam dan tempe penyet. sambalnya itu loh, nendang. bikin sendiri ah (padahal ngupas bawah aja dua jam). mau dong dipenyetin mbak made mihihi :3

  2. sebagai penggemar tempe, tempe penyet yang terpenting adalah sambalnya. Berhubung saya suka sambat terasi dan tomat, biasanya saya malah bikin sendiri sambalnya dan ibuke yang goreng tempe. Kebetulan sambel ulekan saya sangat digemari anggota keluarga. Padahal, sambelnya cuman berbahan terasi goreng, garam, gula, cabe dan sedikit tomat mentah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s