Burung Caladi Tilik.

Standard

Burung Caladi Tilik 1Ada sebuah suara yang sangat membuat saya terkesan beberapa bulan terakhir ini. ” terrrrrrrrrrrrrr…. terrrrrrrrrrrrrrrr”.  Suaranya sangat jelas di udara. Terutama sekitar jam 8  sampai jam 10 pagi. Sangat mirip  dengan suara sejenis alat bor . Awalnya saya tidak terlalu ngeh suara apa itu. Saya mencoba mencari-cari. Agak sulit menemukannya. Namun akhirnya saya tahu suara itu datangnya dari sebuah pohon keluwih yang mati di belakang rumah.

Caladi Tilik 1

Saya mendongak ke atas. Seekor burung pelatuk (Caladi) rupanya sedang mematuk-matuk batang pohon keluwih yang baru mati itu. Saya mengamati gerakannya. Sangat menarik. Ia mematuk-matuk kulit kayu itu,mencari-cari serangga,ulat atau tempayak yang hidup di kulit batang pohon itu. Lalu ia berjalan naik, mirip seperti orang merambat. Mematuk-matuk lagi. Merambat lagi ke atas. Mematuk-matuk lagi . Dan seterusnya hingga ke pucuk batang itu. Lalu terbang dan hinggap di batang yang lain yang juga mati. Mulai lagi mematuk-matuk dari bawah, lalu merambat ke atas dan seterusnya hingga ke pucuk atas batang. Demikian seterusnya dilakukan berulang-ulang.  Esoknya pun ia berbuat yang sama lagi. Saya jadi mengerti. Ooh.. rupanya begitu cara kerjanya.

Burung Caladi Tilik 8

Belakangan saya memperhatikan, burung Caladi ini rupanya tak pernah datang sendirian. Ia selalu bersama dengan seekor temannya. Atau jika tidak dengan 3 ekor teman. Jadi lumayan mudah terlihat juga oleh saya.

Caladi Tilik

Burung Caladi Tilik  alias Sunda Pigmy Woodpecker (Dendrocopos moluccensis), adalah salah satu jenis Burung Caladi, atau Pelatuk (Woodpecker) yang berukuran kecil. Ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda dengan burung  gereja, sekitar 13 cm. Warna dominantnya bertotol-totol hitam dan putih. Kepalanya  berwarna putih dengan garis coklat gelap kehitaman yang mirip topi.  Demikian juga pada wajahnya, terlihat ada garis berwarna coklat gelap di mulai dari matanya ke belakang. Mirip zebra. Punggung dan sayapnya berwarna coklat gelap dengan totol-totol berwarna putih.

Paruh dan kakinya berwarna abu-abu.

Burung Caladi Tilik 8

Jika kita perhatikan baik -baik, pada  burung Caladi Tilik yang jantan, terlihat bintik merah di kepalanya yang cukup mudah terlihat dari jarak yang cukup jauh.

Caladi Tilik 3

Selain bersuara “terrrrrrrrrr’ buruung ini juga mengeluarkan suara “cuiiitttt..cuittttt”  pada saat menacari makan. Makanannya adalah serangga yang hidup di batang pohon seperti tempayak, semut, kumbang, belalang dan lain sebagainya.

Burung Caladi Tilik

Cara termudah untuk menemukan burung ini di alam adalah dengan memperhatikan pohon-pohon yang belum terlalu lama mati. Saya tidak melihat burung ini mengunjungi pohon yang sudah kering, dan terlalu lama mati.

Burung Caladi Tilik 6Hingga saat ini burung pelatuk kecil ini tidak dikelompokkan sebagai burung yang terancam keberadaannya, namun saya tetap merasa bahwa kita perlu menjaga kelestarian burung ini agar jangan sampai berkurang populasinya.

16 responses »

  1. si Caladi ini imut banget…
    belum pernah mbak lihat burung pelatuk.., jadi yg terekam di ingatan cuma tingkah si pelatuk di film kartun woody woodpecker aja

  2. Kalau rumahnya di kelilingi pepohonan asyik ya… Jd ingat paman yg suka bilang “dasar si Caladi” sama seseorang, tp sampai sekarang ngga ngerti maksudnya apa hehe

  3. Waah… kecil banget ya burungnya…
    Kalau di sini agak susah mencari burung caladi. Kalau pun ada burung, paling-paling burung dara dan burung gereja, hehe….

  4. Kesannya malah menambah keindahan suasana sebuah hari setiap kali mendengar kicauan burung. Hehehe, satu lagi spesies yang patut dilindungi ini, kan sayang kalau punah nanti..😦

  5. Diambil photonya gt, burungnya gak kaget tp malah kelihatan berpose dan sadar kamera ya, he he he..😉

    Btw, terima kasih untk tambhn ilmunya Ibu Made. Oh ya selamat bulan Februari …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s