Cekakak Jawa, Bertandang Ke Ladang Kacang.

Standard

Cekakak Jawa 8Orang bilang, mujur terkadang datang tanpa diundang. Nah, sungguh beruntung, mujur itu datang kembali pada saya. Ini masih di Sukabumi di rumah ibu mertua saya. Masih di belakang rumahnya. Masih dalam rangka saya  menunggu jemuran pakaian mengering.

Saya memandang lepas ke belakang. Berjarak sekitar 400 meter dari tempat saya berdiri, di sana ada sebidang lahan yang ditanami kacang. Tumbuhnya sangat subur. Daunnya rimbun, hijau royo-royo. Batangnya membelit tiang-tiang bambu yang dipancangkan. Sungguh damai hati ini memandangnya. Indonesia tanah airku yang memang benar-benar subur!.

Sedang berpikir-pikir tentang betapa suburnya tanah di sini, seekor burung berwarna biru  tampak datang  terbang dari kejauhan dan siuuuuuuut…ia menclok di salah satu tiang penyangga pohon kacang itu. Pas di sisi yang kelihatan dari arah saya berdiri. Walaupun jaraknya jauh. Tapi mata saya masih lumayan bisa menangkap gerak-geriknya. Darah saya benar-benar terasa tersirap. Sungguh tak pernah saya duga, ternyata saya masih bisa melihatnya di sini.

Itu burung Cekakak Jawa!. Sangat jelas kelihatan paruhnya yang besar berwarna merah menyala. Demikian juga dengan kakinya. Merah terang sangat jelas dari kejauhan. Lalu tubuhnya, dada dan perut serta punggungnya berwarna biru terang metalik. Sayapnya berwarna biru muda yang sangat cerah. Lehernya merah kecoklatan dan kepalanya berwarna coklat.

Benar-benar seperti mimpi. Saya mengucek-ucek mata saya. Sulit mempercayai apa yang saya lihat. Tapi saya memang masih melihatnya terbang dan hidup di alam bebas. Sebelumnya saya ingin sekali bertemu burung ini di alam bebas setelah barangkali 35 tahun saya tak pernah melihatnya sedang terbang mengejar mangsa. Terakhir kali saya melihatnya terbang bebas ketika saya masih kanak-kanak.  Berikutnya hanya melihatnya di Kebun Binatang atau di Taman Burung.

Burung itu tampak terdiam lama tidak melakukan apa-apa. Hanya sekali-sekali menengokkan kepalanya, lalu pandangannya lurus kembali ke depan. Diam mematung seolah sedang berpikir. Entah apa yang ada di dalam pikirannya. Saya mengambil kamera dan memotretnya. Sayang karena jaraknya sangat jauh, foto yang saya dapatkan tidak sejelas foto Burung Raja Udang Meninting yang sudah sempat saya ceritakan sebelumnya.

Cekakak Jawa 3Burung Cekakak Jawa alias Javan Kingfisher (Halcyon cyanoventris), masih sekeluarga dengan jenis burung Raja Udang /Kingfisher yang lain. Hanya saja, burung Cekakak Jawa ini  lebih suka berburu serangga seperti belalang dan capung, sedangkan saudaranya Raja Udang lebih suka berburu ikan dan udang. sehingga para ilmuwan mengelompokkan Cekakak Jawa ini dalam group Halcyonidae (Tree Kingfishers), sementara Raja Udang Meninting ke dalam group Alcedinidae (River Kingfishers).

Burung ini termasuk berukuran sedang, sekitar 25cm- lebih besar dari burung Raja Udang Meninting. Jika terbang, kita bisa melihat ujung sayapnya yang putih bersih indah sekali.

Namun sayang sekali, burung berbulu indah  ini populasinya juga semakin menurun dari tahun ke tahun.

14 responses »

  1. Huaaaa.. Mbak Dani, di Sukabumi ini masih banyak ya burung-burung yang belom pernah aku liat.. Paling di ensiklopedia aja, itupun waktu aku masih kecil. Hihihi.. :p Beruntung banget bisa liatnya secara langsung. Aku siriiik..😀

  2. kereeeeeen….pernah sih liat burung gt d majalah pas SD mbak..klo gak salah paruh udang atau apa gt namanya…di hutan tmpt aku jg banyak burung..sayang..dah banyak yg mulai mmburunya trmasuk Papa aku mski dia cm sekalian smbil berladang..tp susah bilangin

  3. burungnya apik banget mak,,bulu2nya menggoda,,,kalau ditangkap kira2 miber ap nggak ya??? aku belum pernah lihat burung itu…

  4. Selamat ya, beruntung banget saat takjub atas damai subur kebun kacang di belakang rumah,.. tiba2 datang hinggap burung yang langka ini. Indah banget burung Cekakak. kalau ke kebun binatang, saya akan sempatkan mengamati burung jenis ini…

  5. Ooo… pantes kapan dulu pernah lihat cekakak di tegalan di daerah Batu Bulan sana (tapi waktu itu jarak pandang jauh, hanya mengenali warna terang biru dan merah itu lho..)… sempet mikir waktu itu, bukannya kingfisher ini harusnya maennya di air ya… ternyata ada yg suka ngelayap cari belalang & capung tho… Wah, Mbak Dani beruntung ya bisa bertemu aneka burung yg cantik2..

  6. Indah banget, mbak…beruntung sekali mbak Made bisa mendapat kesempatan seperti itu…beruntung pula burungnya hinggap lumayan lama sehingga fotonya bisa ikut saya nikmati disini🙂

  7. wah saya cari” ternyata burung cekakak jawa / burung raja udang
    alhamdulillah di belakang rumah saya setiap pagi sering muncul , yg sering muncul burung raja udang , baru tadi pagi saya lihat yg berbeda dari burung raja udang ternyata cekakak jawa !
    burung cekakak jawa suara nya seperti tertawa ter-bahak” menurut saya ..
    lokasi rumah saya di bogor

Leave a Reply

