Champignon Bites Ala Jineng.

Standard
Champignon Bites Ala Jineng.

Chicken Champignon BitesMenjadi ibu rumah tangga penuh selama liburan, membuat kita menjadi lebih kreatif  di dapur ketimbang biasanya. Selain masak makanan kesukaan anak-anak dan suami, tentu kita juga punya waktu untuk bereksperimen di dapur. Coba ini. Coba itu. Gagal? Nggak apa-apa. Namanya juga coba-coba. Tapi kalau sukses dan habis dimakan anak-anak, atau bahkan minta tambah… wah senangnya bukan alang kepalang.

Salah satu resep coba-coba karangan sendiri di musim liburan kemarin adalah Champignon Bites. Judulnya dibuat begitu biar kedengerannya keren aja sih.  Tapi intinya ini adalah camilan iseng-iseng dengan bahan utama Jamur Champignon, yang dicampurdengan  daging ayam cincang dan sedikit sayuran yang ada di kulkas.

Bikinnya agak repot sih sebenarnya, karena perlu melakukan beberapa tahap memasak, seperti menumis, lalu mengukus dan terakhir menggoreng. Tapi ya…. namanya  juga eksperimen, tetap saja dilakonin dengan semangat.

Nah..bagi penggemar Jamur, barangkali ada yang mau coba resep ini juga?

Bahan-bahan: jamur champignon, dada ayam dicincang, sebutir telor, wortel, daun bawang, seledri, tomat, bawang bombay,  bawang putih, garam,gula,merica, sedikit minyak untuk menumis.

Cara membuatnya:

1/ Cuci bersih jamur champignon. Lepaskan dan pisahkan tudungnya dari batangnya. Cincang batang jamur dan sebagian tudungnya. Sisakan sebagian, misalnya 12 buah tudung sebagai cangkang untuk wadah hasil cincangan.

2/Berihkan dan cincang dada ayam.

3/ Potong kecil-kecil wortel, bawang bombay, bawang putih serta daun bawang seledri.

4/Panaskan minyak dalam penggorengan, tumis daging ayam cincang, jamur cincang, wortel, bawang bombay, bawang putih, dan seledri. Tambahkan garam, gula dan merica sesuai selera.

5/Angkat hasil tumisan yang sudah matang, masukan sebutir telor ayam – aduk aduk hingga rata.

6/ Balikan tudung jamur Champignon sehingga terlihat seperti mangkuk penampung. Isi dengan tumisan yang sudah dicampur telor. Kukus hingga matang.

7/ Angkat, lalu digoreng.Atau bisa juga disimpan di kulkas dan goreng saat dibutuhkan.

Ini enaknya dimakan sebagai teman minum teh sambil duduk-duduk di bawah Jineng  (lumbung- Bahasa Bali) sambil menikmati udara sore bersama keluarga. Enak juga jika dijadikan lauk.

Coba, yuk!.

9 responses »

  1. ngileeeer, btw setuju sekali libur emang bikin kalap masak pas di dapur meskipun saya belum jadi ibu rumah tangga, tapi dapur jadi pelepas penat selain travelling😀 sukses terus kak🙂

  2. Wuiii . . resepnya mantap, perlu dicoba nih 🙂
    Tapi betul Mbak, libur seminggu kemarin di rumah bikin kita jadi kreatip bikin lauk karena resto yang biasa ditelepon buat pesan antar tutup.

  3. Pingback: Champignon & Cheese On Potatoes Ala Jineng. | nimadesriandani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s