Menonton Anime Festival Asia – Indonesia 2014 di JCC.

Standard

AnimeAnime! Kata itu seolah menjadi magnit bagi ribuan remaja di Jakarta. Remaja mana di Jakarta (dan mungkin di hampir semua kota-kota di Indonesia) yang tidak suka film animasi ala Jepang ini? Rasanya sulit untuk mengatakan tidak ada.  Bisa saya lihat kenyataannya di Jakarta Convention Center siang tadi. Ruangan pameran itu sungguh sangat sesak dijejali para remaja penggemar Anime yang datang untuk melihat-lihat stand, atau melihat pertunjukan di Stage maupun menonton Anisong Mega Anime Music Festival  di Anime Festival Asia yang diselenggarakan di sana sejak tanggal 15 hingga 17 Agustus 2014.

Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu paham dunia Anime. Jikapun ditanya tentang komik atau film kartun  Jepang yang saya kenal dengan cukup baik,  paling-paling cuma Natuto Shippuden, Doraemon atau Pokemon. Cuma karena anak saya meminta ijin untuk pergi  menonton Festival ini sendiri saya jadi mikir. Apa sebaiknya saya temani saja ya? Walaupun anak saya mengatakan “Ini Festival Anime,Ma! Aku khawatir mama akan bosan kalau ikut. Lebih baik aku pergi sendiri.Aku mau ketemu temanku di sana” katanya. Mungkin benar juga sih. Selain itu barangkali anak saya  mulai meningkat remaja dan ia ingin pergi atau bertemu dengan teman-temannya tanpa direcokin ortunya.

Anime 1Tapi di sisi lain, memikirkan besar dan sesaknya JCC, saya khawatir juga untuk melepas anak saya pergi sendiri walaupun diantar dan didrop di sana. Selain itu adiknya juga pengen ikut.Saya tidak yakin apakah ia bisa menjaga adiknya juga selain menjaga dirinya sendiri di tengah hiruk pikuk pengunjung pameran itu?   Sedang gundah gulana itu, tiba-tiba seorang ibu tetangga menelpon apakah bisa menitipkan anaknya yang juga sahabatnya anak-anak, pengen banget ke Anime Festival Asia karena kebetulan ia sedang tidak bisa mengantar. Saya menyetujui dan memutuskan untuk ikut pergi menemani anak-anak ke sana.

Benar dugaan saya.Pengunjung JCC sungguh sangat membludak. Untuk masuk saja perlu antri yang panjang hingga ke tempat yang panas. Begitu masuk, ruangan yang biasanya berAC dingin banget itu sudah dijejali oleh para remaja sehingga terasa panas.  Kami melihat-lihat dari satu stand ke stand yang lain. Namun jangan dikira mudah. Hanya untuk melihat standpun cukup susah, dan harus memastikan diri berada di pinggir di barisan yang dekat dengan stand. Jika berjalan di tengah, dijamin tidak akan bisa melihat apa-apa, karena di kiri kanan depan belakang kita pemandangannya ditutupi pengunjung lain yang berdesakan.  Lalu apa yang dilihat di sana?

Ada banyak sih, tapi tidak semuanya saya kenal. Yang jelas ada stand Gundam. Robot-robot  berkaki dua yang bentuknya menyerupai manusia. Saya hanya ikut melihat-lihat saja tanpa memahami duduk perkara ataupun ceritanya.  Yang dipamerkan barangkali seri-seri terbaru Gundam – saya kurang tahu Ada Hi-Gundam Ver.ka, lalu ada Nightingale terus ada Z’Gok – namun saya tidak paham siapa dan bagaimana masing-masing karakter itu.

Lalu disebuah stand yang lain ada dipamerkan para karakter Anime -anime termasuk di dalamnya ada Cecilia Alcott yang berambut kuning dengan headband berwarna biru dari komik Infinite Stratos. Di tempat yang lain ada tokoh-tokoh Sailor Moon dengan kuncir kuning panjangnya  dan Sailor-sailor lainnya, para serdadu yang cantik jelita dan sebagainya karakter wanita yang hampir semuanya digambarkan dengan sangat jelita dan sexy, dengan dandanan yang umumnya rok pendek dengan kaos kaki panjang hingga ke paha dan rambut panjang yang gemulai.

Lalu saya juga melihat stand yang memamerkan karakter-karakter Super Saiyan dari Dragon Ball seperti Vegeta, SonGoku,dll. Juga ada Doraemon dan Nobita. Lalu beberapa tokoh Pokemon seperti Blastoise, Charizard , dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain yang saya tidak tahu.

Seperti biasanya,  selain stand-stand yang memamerkan karakter dan menjual merchandise Anime, yang sangat menarik untuk dilihat adalah banyaknya Cosplay – yakni anak-anak remaja yang menggunakan costum meniru tokoh-tokoh kesayangan mereka.  Ada yang meniru tokoh tokoh Naruto, seperti Akatsuki, Jiraiya dan sebagainya, juga tokoh-tokoh Anime lain Asuna, Kirito dan lain-lain. Semuanya tampak senang dan pede saja berjalan hilir mudik di area pameran. Kebetulan siang itu juga ada penampilan Cosplay di Stage.

Saya juga sempat menonton acara di stage sebentar dan cukup tertarik mendengarkan talk show yang menghadirkan Shinichiro Kashiwada, producer dari Sword Art Online  – salah satu Anime yang sukses mendatangkan penggemar. Pembicaraan seputaran informasi Anime Premiere dari Sword Art Online II yang  sudah dilakukan di beberapa negara seperti USA, Jerman, Perancis, Hongkong, Korea, di Taiwan dan tentunya di Jepang (di Indonesia belum). Selain producersnya sendiri, juga didatangkan artis pengisi suara Yui, yakni Kanae Ito. Bagi penggemar Anime Sword Art, tentu paham bahwa Yui adalah anak angkat dari Kirito dan Asuna di online games. Kanae Ito  yang cantik dan imut ini juga berperan mengisi suara banyak sekali tokoh anime lain, misalnya Sena Kashiwazaki di Boku wa Tomodachi dan lain-lain.  Kehadirannya tentu saja mendapatkan tepuk tangan yang sangat riuh dari penonton. Selain itu saya juga melihat kedatangan Eir Aoi penyanyi Anisong (Anime Song).

Satu hal yang sangat saya kagumi dari acara ini, adalah kepiawaian para producers Anime ini dalam memasarkan dan membangun merk-merknya, sehingga konsumennya bukan hanya sekedar membeli namun tergila-gila akan karakter-karakter ini. Acungin jempol yang banyak deh!.

 

 

 

4 responses »

  1. Mendengar adik di Jakarta yang wara-wara anime festival ini Jeng Dani, wow pastinya ragil sangat suka. Terima kasih tlah berbagi oleh2 mendampingi jagoan di anime festival.
    Salam

  2. pasti sangat seru mengikuti acara ini,
    setuju, acungin jempol sama strategi pemasaran anime ini, jangankan anak-anak, beberapa teman saya ada yang masih penggemar dragon ball sampai sekarang *udah bapak2*🙂

Leave a Reply

