Kodras, Si Burung Bentet Bali.

Standard

Burung KodrasKetika mengamat-amati kelompok burung Kutilang yang sangat ramai dan heboh kicauanya di dekat areal parkir International Ngurah Rai  Airport di Denpasar, adik saya tiba-tiba berseru “ Wow! Lihat itu ada Burung Kodras!” katanya.  Seketika saya memalingkan perhatian saya dari rombongan Kutilang itu. Yang mana burung Kodras?

Burung Kodras 2

 

Adik saya menunjuk ke sebuah ranting pohon dan saya tak bisa melihat apa yang ia tunjuk.  Saya tau di sekitar ranting itu ada seekor burung bersembunyi, tapi awalnya saya mengira itu adalah  salah seekor Kutilang. Sepintas lalu kelihatan warnanya putih, hitam dengan tunggir berwarna kekuningan. Mirip Kutilang. selain itu ia juga bertengger di mana rombongan Kutilang juga berada.

Burung Kodras 1

Hanya ketika burung itu terbang dan menclok di salah satu ranting yang kering dan bebas dari kerimbunan dedaunan, barulah saya bisa melihat dengan jelas Burung Kodras yang dikmaksudkan oleh adik saya itu.

Burung Kodras 3

Kodras adalah Bahasa Bali untuk nama Burung yang dikalangan pedagang burung di Jakarta dikenal dengan nama Burung Bentet atau Burung Pentet atau Shrike (Lanius scach). Ada juga yang mengatakan bahwa Kodras adalah Burung Bentet lokal Bali. Tubuhnya berwarna putih kotor, dengan  sapuan warna coklat karat di punggung sisi samping ke bawahnya. Kepalanya berwarna hitam.  Ekornya panjang berwarna hitam dengan beberapa bagian berwarna putih. Sayapnya juga berwarna hitam dan putih, yang jika sedang bertengger sempurna akan terlihat dari belakang seperti  hiasan graphic hitam di punggungnya. Matanya berwarna hitam. Paruhnya berwarna hitam  agak bengkok ke bawah pada ujung paruh atasnya.  Demikian juga kakinya berwarna hitam.

Burung Kodras berukuran sedang. Kelihatan dari paruhnya yang membentuk kait, tentulah burung ini sejenis burung predator. Makanannya adalah serangga yang banyak berterbangan di udara.

14 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s