Katak Pohon Di Halaman Rumahku.

Standard

Katak PohonSore menjelang malam berada di halaman belakang rumah terasa asik. Selain menikmati desau angin di ranting-ranting tanaman, juga mendengarkan suara musik alam. Katak-katak bernyanyi riang saling bersahutan. Suaranya terdengar nyaring dan merdu di telinga. Teman-teman saya yang kebetulan sedang bermain ke rumah banyak juga yang memperhatikan suara katak-katak itu. Kelihatannya ada beberapa ekor, sehingga terdengar mirip orkestra. Saya mendengar suara yang cukup nyaring di sebelah tempat saya berdiri.  Saya menengok. Terlihat seek0r katak sedang duduk di batang pohon frangipani. Saya mendekat. Wow! Bukan seekor. Tapi dua ekor. Yang seekor lagi yang rupanya sang katak jantan, digendong di atas punggung betinanya. Ukurannya lebih kecil. Nyaris 1/3 ukuran betinanya.

Katak Pohon 1Saya mengambil kamera dan mencoba memotretnya dalam kegelapan senja. Mungkin karena merasa tergangu oleh kilatan cahaya  kamera saya, kodok itupun berpindah ke pot lotus yang ada airnya. Setengah tubuhnya berada di permukaan air dan mencoba memanjat ke bibir paso air. Kelihatan sangat lucu dan cantik pemandangannya, karena di sebelahnya sekuntum bunga Kamboja Bali yang gugur terlihat mengambang di permukaan air.

Katak Pohon 2

Katak Pohon Coklat atau kadang disebut juga dengan Katak Pohon Bergaris, Golden Tree Frog (Polypedates leucomystax), sebenarnya bukanlah binatang yang asing. Karena cukup sering saya melihatnya berkeliaran di halaman rumah, terutama saat musim hujan. Saya jarang mengamatinya, tapi saya ingat pernah melihat jenis katak ini diperjualbelikan sebagai binatang peliharaan yang menarik.

Katak Pohon 3Tampangnya lucu. Secara umum ia tampak lebih langsing ketimbang jenis katak yang lain. Badannya berwarna coklat dengan garis-garis motif di punggungnya. Demikian pula di pahanya. Namun leher dan dada hingga ke perutnya terlihat polos tanpa bercak dengan warna lebih pucat. Matanya besar dan belo, berwarna hitam dengan iris berwarna keemasan.

Katak Pohon aktif pada malam hari terutama pada musim hujan.Makanannya adalah serangga yang juga aktif keluar pada malam hari, seperti jangkrik dan laron.  Seperti namanya, katak ini sangat suka memanjat pohon.Itulah sebabnya mengapa ia disebut dengan katak pohon. Kalau kita perhatikan, ujung jari kakinya terlihat berbeda dengan katak biasa. Membulat mirip cakram, berguna sebagai bantalan pelekat saat binatang kecil ini memanjat batang tanaman.

Yuk kita lihat, ada binatang apa saja di sekitar rumah kita!.

8 responses »

  1. mbak fotonya bagus banget, padahal malam ya
    dulu ada kodok yang sering masuk rumah, akhirnya kami kasih nama
    sayangnya susah banget inget namanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s