Hangat Dan Harumnya Buah Pala.

Standard

Buah PalaPala! Rempah yang banyak di Indonesia ini sedemikian terkenalnya pada jaman dulu, hingga menjadi salah satu alasan penjajah mendatangi Nusantara tercinta kita. Pala ada dimana-mana,walaupun mungkin di daerah tertentu lebih banyak keberadaannya dibandingkan dengan yang lain. Selain Maluku, wilayah Indonesia yang cukup banyak memiliki tanaman Pala adalah wilayah Jawa Barat, termasuk di Sukabumi. Tidak jauh-jauh, tetangga saya di kota inipun ada yang memiliki pohon pala yang sudah sangat tua umurnya.

Kemarin ketika kebetulan lewat, saya melihat sangat banyak buah pala berserakan di halamannya. Rupanya sedang ada yang memanjat dan memanen buah pala. Sayapun mampir untuk melihat. Pohon pala tua yang entah berapa puluh tahun umurnya itu rupanya masih tetap berbuah banyak.

Sang empunya rumah dengan ramah menjelaskan kepada saya jika buah pala ini dipanen untuk diambil biji dan fulinya. Ia mengambil sebuah yang matang dan membukanya. Tampak bijinya yang dibungkus dengan selaput berwarna kemerahan mirip jalinan yang biasa disebut dengan fuli. Tampak indah sekali. Mirip ukiran. Tuan rumah juga mempersilakan saya mengambil beberapa buah. Saya sangat senang dan berterimakasih.

Buah pala ini sungguh harum dan hangat. Tidak heran jika diberi nama Myristica fragrans di dalam Bahasa Latyn. Karena memang benar-benar wangi dan hangat. Saya ingat mencium element wangi seperti ini di beberapa International fine fragrance yang sukses di pasaran. Harumnya terasa menghangatkan jiwa. Spicy!.

Tak berapa lama kemudian, bapak-bapak yang tadinya memanjat pohon pala itu kini turun dan membuka buah pala itu satu per satu. Biji pala dan fulinya itu dipisahkan dari daging buahnya lalu dikeringkan. Saya mengerti mengapa harganya lumayan mahal, karena manfaatnya yang memang sungguh banyak. Selain untuk bahan campuran parfum, pala juga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan. Minyak pala adalah salah satu minyak yang umum kita gunakan untuk menghangatkan badan, sebagai minyak pijit dan membantu mengatasi gangguan saat kaki kita terkilir atau keseleo.

Biji pala juga banyak kita gunakan sebagai bumbu dapur untuk keperluan memasak. Umum ditambahkan untuk bumbu penghangat sop sayuran. Selain itu  daging buahnya juga sering diolah menjadi manisan ataupun asinan.

 

5 responses »

  1. Benar sekali Bu, banyak manfaat dari buah pala ini. Kalau dikampung saya, dulu, daging buah yang masih muda juga dimanfaatkan untuk mengurangi bengkak akibat terbentur *mungkin rasa hangat yg ditimbulkan memperlancar aliran darah*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s