Malang: Dari Ice Cream Hingga ke Ayam Lodho.

Standard

20150416_1029561Kali ini saya mendapatkan kesempatan mengunjungi kota Malang. Rasanya sudah sangat lama sejak terakhir kali saya berkunjung ke kota ini. Itulah sebabnya saya merasa sangat bersemangat mengunjunginya.

Hari kebetulan masih pagi ketika pesawat yang saya tumpangi mendarat di bandara  di Malang. Dari ketinggian tampak bunga-bunga tebu yang berwarna  pink keputihan, membentang di ladang-ladang di sisi bandara. Saya merasa sangat takjub akan keindahannya.

Sebenarnya saya ke sana dalam urusan kerja. Namun seperti biasa, dalam perjalanan, sekalian saya menikmati segala apa yang bisa saya lihat dan rasakan di setiap kota yang saya kunjungi. Bagi saya, walaupun hanya sejam dua jam, saat istirahat makan siang atau malam, selalu memberi saya pengalaman baru yang memperkaya pengetahuan saya. Saat itulah seorang teman mengajak kami bersitirahat di Toko Oen. “Mencicipi es krim jaman dulu” ajaknya. Sayapun ikut masuk.

Ice Cream di Toko Oen.

Toko Oen, sesuai dengan yang diperlihatkan bangunannya yang tampak tua dan antik, memang sudah berdiri sejak tahun 1930. Keantikan ruangan di dalam toko Oen itu memang terjaga. Furniture-nya mengingatkan saya akan furniture di rumah  kakek saya jaman dulu. Kursi yang sama bentuknya, dengan meja bulat berbahan batu marmer. Kamipun duduk-duduk dan mulai memilih dan memesan.

Tampilan ice cream di toko Oen ini memang sangat  menggiurkan. Bentuknya lucu-lucu. Kombinasi element makanan lain,seperti pisang, puding jagung, coklat,nenas dan lain-lain,membuat semuanya terlihat menarik dan sangat menggiurkan untuk dicoba. Saya rasa dari segi rasa sebenarnya ini typical Ice Cream rumahan jaman dulu yang rada-rada kasar dan kurang halus. Tidak seperti jenis Ice Cream jaman sekarang. Rasanya sangat nostalgia, tapi bentuknya itu lho…Rasanya saya ingin mengajak anak anak saya mampir ke sini hanya untuk menikmati berbagai macam Ice Cream ini…

Ayam Lodho. 20150416_193122Nah malam harinya, sepulang kerja teman saya mengajak mencicipi Ayam Lodho. Saya lupa nama restaurantnya. kalau tidak salah Ocean Garden, cukup mudah dicapai juga lokasinya. Saya penasaran sama menu yang namanya Ayam Lodho dan menurut teman saya itu enak banget.

Begitu melihat gambarnya, saya malah memutuskan untuk memesan Ayam Pontianak saja karena dalam gambar itu ada banyak sekali sambel yang ditebar diatasnya, dan saya ini adalah penggemar berat makanan pedas.  Teman saya memesan Ayam Lodho dan kami berjanji akan saling mencicipi biar tahu rasanya. Soalnya kan nggak mungkin satu orang mesan dua-duanya. Akhirnya datanglah itu Ayam Lodho pesanan kami.

Setelah mengambil sedikit Ayam Pontianak, lalu saya menukar menu saya itu dengan teman saya. Sayapun mengambil sedikit Ayam Lodho. Rupanya ada kuahnya. Kelihatannya pedas juga. Wah..saya pasti suka. Hmm…ternyata Ayam Lodho ini memang enak sekali menurut saya. Kuahnya sangat pedas. Masakannya mirip dengan Pecak Ikan kalau di Betawi. Sayang sekali karena masakan ini bersantan ringan, saya hanya bisa mencicipinya sedikit saja. Saya sedang menghindari konsumsi masakan yang bersantan. Walaupun demikian saya merekomendasikan makanan ini sebagai masakan yang enak.

Yuk, kita berkunjung ke Malang!

9 responses »

  1. Sama kayak babang mbak, kalau diajak ke ocean garden pasti pilihnya ayam bakar pontianak.
    Toko oen es krimnya emang juara. Saya dan teman2 suka berkelakar gini klo pas ke sana “orang bule pilih makan es krim di toko oen, sementara orang kita, makan es krim di seberangnya toko oen (Mc D)”

  2. Tampilan es krim di Toko Oen memang kurang kekinian ya, mbak Dani…tapi rasa jaman dulunya itu pasti unik dan bikin keagihan…eh, ayam lodho itu saya belum pernah nyobain, mungkin waktu saya tinggal di Malang, rumah makan itu belum ada ya…😀

  3. Wah kalo pernah mencicipi Ayam Lodho.. kudu nyobain juga variasinya yaitu Pecel Ayam Lodho, pecelnya dikasih kuah. Kuahnya sedikit saja. Sama, bu Made, saya juga menghindari / mengurangi masakan yang mengandung santan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s