Get Well Soon!!!

Standard

Get well soonSeorang teman berpamitan pulang lebih cepat dari biasanya. Alasannya karena ia sedang memanggil tukang untuk membongkar pagar rumahnya, sementara tidak ada siapa-siapa di rumah selain mamanya yang sudah sepuh.  Keesokan harinya saya mendapat kabar kalau teman saya itu kakinya bengkak ketiban pagar, sehingga tidak bisa berjalan. Waduuh. Saya tidak bisa membayangkan seberapa parahnya.

Tadi siang ia datang terseok-seok  dengan kaki kanan yang dibebat. Berusaha menahan sakit setiap kali harus menggunakan kaki kanannya itu untuk bertumpu. Miris juga melihatnya. Teman-teman pada mendoakan kesembuhan buat kakinya. Lalu entah bagaimana asal mulanya – saya tidak jelas dari mana ide kreatifnya datang – tiba-tiba pada rame-rame menuliskan doa kesembuhan dan  membubuhkan tanda tangan di atas bebat kakinya itu.  “Cepat sembuh ya…” atau “Get well soon ya..” atau “Gua doain deh biar kaki lo cepet sembuh…. “. Wah..ada ada saja!. Barangkali demikianlah yang namanya seniman Creative,  walaupun meringis, ia masih tetap bisa bercanda dalam kesakitannya. Wajahnya cerah walaupun kakinya sakit. Saya tertawa geli melihatnya. Tak lama setelahnya, saya melihat ia sudah pulih dan bisa berjalan normal kembali.  Syukurlah.

Walaupun hanya sebuah kejadian kecil,  di kepala saya kejadian itu sekarang mirip seperti sebuah ide cemerlang.

Sakit. Menderita. Kesusahan. Walaupun tidak ada diantara kita yang menginginkannya, sayangnya tanpa bisa dihindari  semua dari kita pernah mengalaminya.  Termasuk saya sendiri.

Saat sakit, adalah saat dimana kita merasa tak berdaya dan membutuhkan pertolongan orang lain. Entah untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi rasa sakit, mengurangi kecemasan hati dan kekhawatiran akibat sakit yang kita derita, atau hanya sekedar untuk menemani kita saja.  Atau mengertiin kalau kita sedang sakit dan mungkin tidak bisa tampil atau berkreatifitas dengan optimal seperti saat kita sehat. Demikian juga saat kita menderita dan kesusahan karena tertimpa masalah. Entah masalah rumah tangga, masalah keluarga, masalah asmara, masalah pertemanan,  masalah keuangan, masalah pekerjaan dan sebagainya.  Seringkali membuat kita merasa tak berdaya. Kita merasa sedih dan cenderung menutup diri serta larut dalam kesedihan kita.

Sebenarnya jika dipikir-pikir, membiarkan diri berlama-lama dalam kesedihan tidak ada gunanya juga. Toh kesembuhan dan perbaikan tidak akan terjadi begitu saja. Dalam kebanyakan kasus, proses pemulihan dan kebangkitan semangat lagi biasanya muncul agak lama, setelah kita berhasil menerima kenyataan dan menumbuhkan tekad diri untuk melakukan perbaikan.  Tapi apakah ada hal yang bisa membantu mengakselerasi proses penyembuhan dan  pembangkitan semangat itu lagi?

Saya pikir salah satu jawabannya dimiliki oleh teman saya itu. Yaitu hadapi kesakitan, penderitaan ataupun kesusahan dengan hati riang. Hah?! Kelihatannya agak tidak nyambung ya? Bagaimana bisa orang sedang sakit, sedang susah atau menderita kok disuruh riang? Imposibble lah rasanya ya..

Ya. Sepintas lalu kedengarannya tidak masuk akal, karena orang sedang sakit atau susah biasanya pasti bersedih dan murung.  Tapi sebenarnya ketika pikiran sedang kusut, sulit bagi kita untuk mencari dan menemukan ide-ide baru bagi pemecahan masalah yang kita hadapi. Sebaliknya jika hati senang, tubuh kita memproduksi hormon serotonin dengan baik membuat kita merasa lebih nyaman dan mudah berkonsentrasi mencari ide-ide baru untuk memecahkan masalah yang kita hadapi dan bahkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Jadi idenya adalah lakukan hal-hal yang membuat kita tertawa, senang dan bahagia setiap kali kita sedang sakit, mengalami kesusahan ataupun penderitaan.  Bagaimana jika kita tidak punya ide yang bisa membuat kita tertawa senang? Barangkali kita bisa mulai dengan mencoba mengingat-ingat hal yang pernah membuat hati kita bahagia. Mengingat sesuatu yang pernah membahagiakan hati juga lumayan membantu tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang membantu proses penyembuhan lebih cepat dan semangat kita membaik kembali.

Demikian juga kalau kita punya teman, saudara atau keluarga yang sedang sakit, kesusahan atau sedang menderita, tidak ada salahnya juga kita membantu memberikan penghiburan.

Selamat berakhir pekan teman-teman. Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan berbahagia.  Jikapun ada yang sedang sakit saat ini, semoga cepat sembuh.

 

 

 

6 responses »

  1. kesedihan/penderitaan emang gak bisa dihindari. harus dijalanin dan dengan bantuan dan penghiburan dari temen/keluarga malah bisa membawa kebahagiaan ya…🙂

    jadi inget film inside out, moral pesannya ya begitu tuh. hehehe. udah nonton belum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s