Tiga Ide Sederhana Dari Dua Sisir Pisang.

Standard
Pisang Bakar Coklat Keju.

Pisang Bakar Coklat Keju.

Sepulang dari berkunjung ke rumah keluarga di daerah Cikidang, Sukabumi, ibu mertua saya diberikan pisang dalam jumlah yang banyak sekali.  Begitu tahu saya akan segera kembali ke Jakarta, kakak ipar saya segera memasukkan dua sisir pisang ke bagasi untuk saya bawa ke Jakarta.

Sampai di Jakarta, saya buka. Wadow! Pisangnya sangat gendut-gendut, sehingga makan sebuahpun rasanya akan sangat kekenyangan.  Satu sisir pisang ambon dan satu sisir pisang tanduk. Agak kebanyakan sebenarnya ya.  Anak-anak kelihatannya pada bosan makan buah pisang begitu saja.  Dikasihkan kepada tetangga juga rasanya nggak enak…karena pisangnya sudah pada patah dalamperjalanan, kelihatan compang camping, sisirnya sudah tidak rapi lagi.

Saya harus segera memutar otak, dibuat apa ya biar anak-anak tetap semangat makan pisang. Sayang kalau sampai membusuk dan akhirnya terbuang percuma. Rasanya kok seperti kurang pandai bersyukur dan berterimakasih .

Di bawah adalah 3 ide sederhana yang bisa kita lakukan dengan pisang jika kita punya berlebih, misalnya dapat pemberian atau oleh-oleh yang cukup banyak.

1/.Pisang Goreng.

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Ini yang paling mudah. Karena saya tidak mau repot, adonannya saya tinggal beli yang  siap pakai dari minimarket terdekat. Tinggal kasih air , aduk-aduk sebentar lalu masukkan potongan pisang. Habis itu digoreng. Jadi deh. Anak-anak semangat makannya, apalagi disiapkan saat minum teh hangat. Pisang tanduk sangat baik digunakan untuk pisang goreng. Jangan lupa serap kelebihan minyak dengan kertas tissue sebelum dihidangkan ke anak-anak.

 

2/. Pisang Bakar Keju Coklat. 

Anak-anak pasti suka yang namanya sesuatu ditaburin coklat messes dan keju. Nah, bagaimana kalau pisangnya kita belah memanjang,  terus kita bakar dengan diolesi sedikit mentega sebelumnya?. Susun di atas piring. Berikan susu kental manis,lalu taburi dengan coklat butir dan parutan keju. Minumnya dengan coklat panas. Senangkan hati anak-anak dengan menyiapkan hidangan ini saat teman-temannya bermain ke rumah. Semua kebagian. Semua anak senang. Baik pisang ambon maupun pisang tanduk matang sama-sama enak dibakar.

Kolak Pisang Putih

Kolak Pisang Putih

3/. Kolak Pisang Putih.

Saya paling suka membuat kolak pisang jenis ini dari pisang ambon. Caranya cukup mudah. Didihkan air dan gula pasir dalam panci(manisnya dikira-kira saja sesuai selera), tambahkan vanila serta sedikit garam dapur, lalu masukkan daun pandan harum. Biarkan sampai mendidih. Lalu masukkan potongan pisang ambon. Didihkan kembali hinga pisang mengembang dan rasanya membaur dengan kuah kolak. Kecilkan api,lalu masukkan santan pelan pelan sambil diaduk. Begitu mulai mendidih matikan kompor. Enak disajikan hangat-hangat. Bisa juga ddinginkan dan dimasukkan ke dalamlemari pendingin barulah kemudian dihidangkan. Ah..rasa pisangnya benar-benar terasa nikmat dan wangi.

Nah..lumayan ya. Sisa pisang tidak terbuang percuma.

Yang pasti anaknya riang, ibunya senang. Rasanya saya benar-benar lega, karena telah mampu memanfaatkan bahan makanan yang saya terima dengan sebaik-baiknya. Bagimanapun juga, oleh oleh pisang pemberian kerabat adalah rejeki yang harus saya sukuri.

Ah ya..selalu bersyukur atas rejeki yang kita terima hari ini, membuat perasaan kita senantiasa ringan dan lega.

14 responses »

  1. Betul bu, Anak2 dan teman2nya pasti sueneng sekali klo ada suguhan snack spt itu🙂 Aku juga dulu klo dapet snack atau buah dalam jumlah banyak, besoknya lgsg kubawa sebagian ke sekolah. Selesai pelajaran, makan bersama anak2🙂

  2. Waktu kecil sering orang tua saya dulu membuat penganan campuran pisang matang dan beras ketan (putih atau hitam) plus garam seperlunya kemudian dikukus sampai matang. Orang kampung saya menamakannya “lampuak.” Itu adalah penganan yang sering disajikan waktu sore.

  3. kolak putih udah lama nggak buat jadi pengen deh mbak he..he..
    ada ide satu lagi mbak, kalau pisangnya kematengan aku suka buat godog2, cuma campur tepung aja trus pisangnya dilumat2 gitu aja, terus goreng

  4. Kalau soal pisang, pisang goreng salah satu makanan favorit saya. Mudah didapat dan jadi teman yg asik saat ngopi di pagi hari.
    Lihat 3 ide ini, saya ngiler melihat pisang bakar coklat keju. Sepertinya itu nikmat pisan Mbak…

    Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s