Bunga-bunga Liar Di Tepi Kali Opak.

Standard

Masih dari tepi kali Opak. Saya masih berdiri di dekat pagar restaurant. Memandang ke arah kali dengan penasaran. Masih ingin melihat burung burung air itu keluar dan menunjukkan dirinya. Tapi rupanya mereka masih ketakutan pada si Biawak.

Saya lalu turun ke bawah. Lebih dekat lagi ke tepian air sungai. Lalu berdiri di sana siap dengan kamera. Berharap ia muncul agar saya bisa mengabadikannya. Tapi apa daya si burung air tiada kunjung datang lagi. Akhirnya karena pegal berdiri, dan saya juga khawatir jangan-jangan gara gara saya berdiri di sana, si burung air malah tidak berani keluar sayapun duduk berjongkok. Saat mau jongkok tiba-tiba mata saya tertumbuk oleh banyaknya bunga-bunga kecil liar di tepi sungai ini. Wah.. banyak yang indah indah juga ya.

Bunga kuning kecil ini belum pernah saya lihat sebelumnya. Jika melihat dari daun dan bunganya, saya pikir rumput liar ini sebenarnya keluarga dari bunga chrysanthenum. Mahkota bunganya kecil sekali berwarna kuning kehijauan,tetapi benang sarinya yang banyak bergerombol membentuk bola kuning yang sangat lucu sekali tampilannya. Daunnya juga bergerigi dan berlobus seperti daun bunga chrysant. Saya petik sedikit, dan saya cium. Memang wanginya juga seperti wangi daun chrysant. Jadi untuk mudahnya, tanaman ini saya sebut saja bunga chrysant liar.

Tanaman ini mirip kemangi. Tapi bunganya berwana ungu. Bunganya cantik juga kecil kecil dengan tangkai yang panjang.

Kalau yang ini saya pikir adalah globe amaranthus liar. Kalau di Bali , Globe Amaranthus dikenal dengan sebutan Bunga Ratna. Dan umumnya berwarna ungu kemerahan. Yang sayaa temukan ini berwarna putih. Bunganya tidak sebesar  globe amaranthus dan tidak membulat juga. Hanya bertumpuk saja. Tapi lumaya cantik juga.

20151024_140612.jpgIni adalah bunga pepaya jantan. Jenis pepaya ini tidak menghasilkan buah. Hanya berbunga saja. Bunganya berenceng banyak. Sehingga kalau di Bali pepaya jenis ini disebut dengan gedang renteng. Di beberapa daerah di Indonesia,bunga pepaya ini biasanya dimasak untuk sayur.

20151024_140729.jpgIni bunga kosmos ungu. Alias kenikir. Di Bali tanaman ini dusebut dengan nama Mitir Jawa. Bunganya sangat cantik terangguk-angguk di tiup angin dari arah sungai. Mahkotanya berjumlah 8 lembar berwarna pink keunguan bergradasi putih ke tengah dengan benang sari berwarna kuning. Daunnya biasa dimakan untuk campuran urap.

20151024_140823.jpgAda lagi bunga mitir berwarna jingga alias orange marigold. Agak mengejutkan saya. Karena tanaman ini jarang saya lihat liar.  Kecuali di Bali, karena bunga ini banyak digunakan sehari-hari untuk sembahyang, maka bijinya bertebaran yang membuatnya sangat mungkin tumbuh di mana-mana.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s