Lima Tahun Menjadi Blogger.

Standard

2015-12-09-12.51.31.png.pngHari ini saya mendapatkan notifikasi dari WordPress. Five Years Anniversary Achievement sebagai blogger dengan dukungan WordPress. Yayyy!!! Senangnya menyadari itu. Jadi tanpa terasa saya sudah menulis di dunia maya selama 5 tahun!. Tepat tanggal 9 Desember lima tahun yang lalu saya mulai.

Apa yang saya capai selama 5 tahun menjadi penulis? Intip-intip statistik dulu yaa….

Published Posts             850

Followers                    3 593

Hits                       1 644 462

Visit average (Last 3 m)  : 51 500 visits/month.

Ternyata, dalam 5 tahun rupanya saya sudah menulis dan mem-published tepat 850 buah tulisan/artikel. Jika dirata-ratakan, menjadi 170 tulisan/tahun. Atau 14 -15 tulisan/bulan. Hampir dua hari sekali menulis ya?. Kenyataannya sih, kalau lagi rajin saya bisa nulis setiap hari menjelang tidur. Tapi kalau lagi malas atau sibuk urusan pekerjaan, saya nggak nulis berhari-hari juga.

BlogDengan tulisan sejumlah itu,  blog saya memiliki follower sebanyak  3.593 orang.  Sementara total jumlah kunjungan ke blog saya per saat ini  adalah 1 644 462 kali. Jika kita lihat 3 bulan terakhir, blog saya mendapatkan kunjungan rata-rata 51 500 kali/bulan. Dengan pertumbuhan pengunjung tahun ini 5.5% dibanding tahun yang lalu. Terimakasih kepada para pembaca setia tulisan saya!.

Terus terang saya tidak tahu apa artinya angka-angka pencapaian  saya itu dibandingkan dengan blog-blog yang lain.  Besarkah angka itu? Baguskah? Kurang bagus? Saya tidak tahu persis. Tapi saya juga tidak terlalu memikirkannya. Toh saat ini saya belum memanfaatkan Blog ini untuk tujuan komersial. Hingga saat ini saya  masih menggunakan platform gratisan dari WordPress. Terimakasih WordPress!.

Karena tidak ada commercial achievementnya, 5 tahun ngeblog bagi saya hanyalah sebuah perjalanan. Just a journey. Sebuah perjalanan seorang penulis di dunia maya. Tulisan-tulisan saya di Blog ini, kebanyakan bercerita tentang apa yang saya lakukan dan alami serta pelajari dari kejadian sehari-hari. Saya sengaja menghindarkan diri menulis tentang urusan pekerjaan. Pekerjaan sudah menyita sebagian besar waktu dalam hidup saya. Jadi sebaiknya saya menulis hal-hal lain yang menyenangkan hati sebagai penyeimbang hidup saya. Biar hidup saya tidak membosankan.

Tiga puluh delapan persen (38%), tulisan saya bercerita tentang kehidupan dan kejadian sehari-hari yang memberi saya inspirasi baru, pelajaran kehidupan (20%), pengingat maupun memberi dorongan serta motivasi (24%) bagi diri saya agar bisa tetap semangat, bersikap baik dan positive dalam menghadapi kehidupan. Pelajaran, inspirasi dan motivasi bisa saya dapatkan dari mana-mana. Bisa dari orang-orang di sekitar saya, saudara, keluarga, sahabat, teman-teman, tetangga, lingkungan sekitar. Bahkan pelajaran-pelajaran berharga juga saya dapatkan dari tumbuhan, dari hewan-hewan, dari sungai, dari laut dari gunung dan alam sekitar saya.  Saya adalah orang yang senang belajar dari alam dan lingkungan. Sehingga ketika saya merasa menangkap pelajarannya, saya tulis di blog dengan pikiran barangkali ada gunanya bagi orang lain juga. Jika tidak atau kurang berguna, ya tidak apa-apa juga sih.

Selain tentang kehidupan, renungan, inspirasi dan motivasi, tulisan tulisan saya juga banyak bercerita tentang Social & Culture (18%). Masalah pergaulan sosial sehari-hari yang berkaitan dengan kebiasaan, adat dan budaya Indonesia yang beragam.

Berikutnya adalah tulisan yang berkaitan dengan Bali (16%), tanah kelahiran saya dan tempat saya dibesarkan. Sebagai perempuan Bali, tentu pengetahuan dan pemahaman saya tentang kehidupan dilatarbelakangi oleh budaya, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat Bali. Akibatnya tulisan sayapun banyak bercerita tentang Bali atau dengan latar belakang Bali.

Tulisan -tulisan lain yang juga cukup banyak adalah tentang Gardening (15%). Saya suka berkebun. Karenanya saya suka menulis tentang tanaman-tanaman. Bunga-bunga maupun sayur-sayuran.Belakangan saya sedang giat dengan Dapur Hidup saya.

Saya juga banyak menuliskan kecintaan saya pada dunia hewan. Dengan latar belakang pendidikan Kedokteran Hewan, semakin memperkuat bahwa dunia binatang adalah dunia saya. Kemanapun saya pergi mata saya tertarik pada satwa di sekitar saya.Pada burung, pada kucing, pada kupu-kupu, pada biawak dan sebagainya. Tak heran tulisan saya banyak yang brcerita tentang binatang (14%).

Tulisan berthema Moherhood (12%) juga lumayan banyak saya tulis. Sebagai ibu, selalu bangga rasanya memegang peranan itu dan tentunya sangat bangga pula bisa menuliskannya.
Berikutnya yang lumayan banyak juga adalah tulisan tentang Travelling (12%) tentang perjalanan dan tempat-tempat wisata. Lalu kadang-kadang saya juga menuliskan sesuatu tentang masakan dan resepnya (9%). Ada sangat sedikit tulisan yang berkaitan dengan dunia bisnis dan pemasaran dan juga tentang jewellery.

Pada hari pertama saya ngeblog, 5 tahun yang lalu, saya memposting 2 tulisan. Yang pertama adalah tentang Bunga Padma dan yang ke dua adalah tentang Potpouri.  Hari berikutnya saya memposting 22 buah tulisan. Hah? banyak sekali ya… Tentu saja. Karena tulisan-tulisan itu sudah saya buat sebelum saya punya blog dan tinggal saya upload saja.  Sehingga dalam bulan December 5 tahun yang lalu totalnya saya ada mengupload 85 tulisan.

Saya juga membuat page-page tentang Tropical Garden,  Pets & Wild Animals, Culiner, Art & Handicraft, Jewellery. Lengkap dengan icon-icon gambarnya yang diambil dari photo saya yang dibagus-bagusin  ha ha ha. Tadinya  saya akan isi dengan  photo-photo gallery  yang berkaitan dengan masing-masing page itu. Tapi lama kelamaan, karena photonya terlalu banyak, malas juga saya mengisinya.

Setelah itu perjalanan saya sebagai blogger mulai. Sedikit demi sedikit pengunjung datang dan membaca tulisan-tulisan saya. Lalu satu per satu mulai ada yang memfollow  tulisan tulisan saya.  
Dan kemudian , dunia saya berubah ketika pertama kali ada seorang blogger lain berkunjung ke blog saya dan meninggalkan komentarnya di tulisan saya. Sejak itulah saya baru mengenal dunia blog dengan lebih baik. Blogger pertama yang berkunjung dan menjadi sahabat saya adalah Mbak Evi. Dari sana saya kemudian bisa mengenal blogger-blogger yang lainnya juga.

Intinya, saya senang menjadi seorang blogger. Walaupun saya bukan blogger top dan gaul yang banyak dikenal orang, dan tidak pernah pula hadir atau berbicara di acara bloggers gathering atau forum forum bloggers lainnya (boro-boro Celebrity dunia maya), tapi saya sangat senang dengan  kegiatan tulis menulis ini.
Dan untuk sementara saya masih tetap berada di jalur non commercial. Saya menulis dan akan tetap menulis karena saya memang senang menulis. Saya menulis untuk catatan pribadi saya, agar saya ingat pelajaran-pelajaran yang saya petik dalam hidup saya dan sekaligus berbagi dengan pembaca. Barangkali apa yang saya tulis dan share disini ada gunanya bagi yang lain.

Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak kepada para pembaca setia tulisan saya.

 

 

 

 

 

 

11 responses »

  1. Pingback: Five years on WordPress | Marcus Ampe's Space

  2. Selamat ya Jeng Dani, terimakasih selalu berbagi tulisan inspiratif. Jeng Dani sahabat dunia maya yang pertama saya jumpai jadi memori keraton Surakarta…. Suksma….

Leave a Reply

