Onion Rings – Cincin Renyah Kesukaan Anak.

Standard

Hujan-hujan di rumah. Enaknya ngapain ya? Ngemil. Anak saya yang besar sudah merencanakan cemilannya sendiri saat saya ajak turun ke Supermarket. Kebetulan rice cooker di rumah rusak. Jadi mau nggak mau harus diganti. “Aku pengen onion rings” kata anak saya lalu minta ijin memilih bawang bombai dari rak sayuran.  Saya mengangguk setuju.2016-01-02-12.50.54.jpg.jpeg

 

Selanjutnya karena saya lagi agak malas masak, saya pikir ada baiknya membeli tepung berbumbu yang siap pakai saja. Nah…cari tepung bumbu yang crispy hasil gorengannya.

Bawang bombai, adalah salah satu bumbu dapur  yang baik untuk disiagakan di dapur. Selain baik untuk dijadikan bumbu nasi goreng, buat teman acar, salad, omelette, dan berbagai masakan lainnya,  juga sangat enak  digoreng cincin seperti onion ring ini. Anak anak sangat menyukainya.

Cara membuatnya juga gampang.

1/. Bawang bombai dibersihkan dari kulit luarnya ysng berwarna coklat kemerahan.
2/. Iris bawang bombai melintang sehingga membentuk bidang lingkaran. Yang jika dilepas lapisannya satu per satu akan membentuk gelang atau cincin.
3/. Siapkan tepung bumbu.  Bagi dua. Setengahnya dilarutkan dengan air buat bumbu celup. Setengahnya lagi dibiarkan kering.
4/. Siapkan wajan. Masukkan minyak dan panaskan. Setelah panas kecilkan api kompor.
5/. Celupkan cincin bawang itu satu persatu pada adonan cair. Lalu gulingkan di tepung bumbu yang kering.
6/. Goreng cincin bawang hingga kekuningan  dan matang. Angkat dan tiriskan.
7/. Hidangkan dengan cocolan saus cabe atau saus tomat. Bisa juga dihidangkan dengan cocolan mayonaise.

Enak buat cemilan keluarga sambil menunggu hujan reda. Apalagi ditemani dengan teh hangat. Wah..mantap deh.

10 responses »

  1. pertama ngerasain bawang bombai digoreng tepung pas ada kegiatan di jogja, panitia menyajikan ini untuk menu makan siang. Tadinya saya kira cumi goreng tepung, ternyata bawang.
    Rasanya enak juga ternyata

Leave a Reply

