Siapa Saja Bisa Menjadi Petani.

Standard

image

Nyaris setahun sudah saya menggeluti kegiatan “Dapur Hidup”. Bermula dari akhir Juli tahun lalu, saat saya baru kembali dari libur Lebaran. Pot pot tanaman bunga saya kering kerontang tiada yang menyiram selama beberapa hari. Kebetulan saat itu kemarau panjang. Semuanya saya bongkar dan ganti dengan tanaman sayuran dan tanaman kebutuhan dapur lainnya.
Bibitnya mulai dari memanfaatkan limbah dapur hingga terpikir untuk membuat instalasi hidroponik.

Rumah yang saya tinggali saat ini ukurannya kecil dengan halaman yang sempit. Jadi saya hanya berusaha memanfaatkan area yang tidak seberapa itu untuk menampung sayuran dalam pot dan polybag serta instalasi hidroponik berukuran 1m ×1.5m. Setiap jengkal tanah dekat tembok, dekat jendela,  dekat dapur atau dekat mesin cuci saya manfaatkan. Intinya saya nekat bertani walau miskin lahan. Karena saya pikir siapapun bisa berkebun asal punya kemauan.

Jika sekarang saya kilas balik perjalanan saya ber”Dapur Hidup” selama setahun ini  ternyata lumayan juga lho sayuran dan kebutuhan dapur yang telah saya hasilkan.

Yang sukses dan beberapa kali panen:
1/. Kangkung
image
2/. Bayam
image
3/. Cai sim /sawi hijau.
image

4/. Daun Pepaya Jepang.
image
5/. Tomat.
image
6/. Sawi Pagoda
image
7/. Pakchoi.
image
8/. Timun putih
image
9/. Terong ungu.
image
10/. Pare.
image
11/.Kemangi
image
12/. Selada
image
13/. Kailan.
image

14/. Timun Padang
image
15/. Lengkio
image
16/. Sawi Sam Hong.
image
17/. Melon
image
18/. Bawang merah/bawang putih.
image
19/. Pandan Harum.
image
20/. Bawang Daun.
image
21/. Cabe rawit.
image
22/. Kencur.
image
23/. Jahe.
image
24/. Kunyit.
image
25/. Seledri.
image
26/. Tauge kacang ijo.
image
27/. Talas.
image
38/. Jeruk Purut.
image

Ada yang gagal? Ada!
image
1/. Kol (subur tapi belum sempat nembulat -bisa dibilang gagal deh).
2. Brokoli. Nabur benih tidak ada yang tumbuh.

Walaupun ada yang gagal tapi %nya kecil. Ini membuat saya menjadi semakin percaya diri untuk bertanam. Saya semakin yakin bahwa sebenarnya setiap orang bisa nenjadi petani bahkan jikapun tidak punya lahan. Yang penting ada kemauan, pasti bisa.

Adanya kemauan, membuat kita bersedia menginisiasi kegiatan menanam. Mencari tahu dimana bisa mendapatkan bibit, mencari tahu bagaimana cara menanam dan memelihara serta kapan bisa dipanen.

Kemauan juga membuat kita menjadi sabar. Sabar menunggu biji biji yang kita semai tumbuh, lalu membesar dan daunnya atau buahnya bisa kita panen.

Kemauan juga membuat kita menjadi lebih kreatif dan produktif. Mikir terus. Apalagi dan apalagi yang bisa ditanam. Bagaimana lagi dan bagaimana lagi caranya agar hasilnya lebih optimal. Jika tak punya ladang yang luas, halaman sempit pun jadi. Jika tak mempunyai uang untuk membeli pot, botol bekas air mineral pun bisa menjadi tempat bertanam. Jika tak ada ruang tempat meletakkan tanaman, digantungpun jadi.

Jadi…memang sebenarnya siapapun bisa menjadi petani asalkan ada kemauan. Mau tinggal di desa atau di kota tak masalah. Mau punya lahan luas atau tak punya lahan luas sama saja tetap bisa bertani. Mau dia pengangguran ataupun pejabat kantoran tak ada bedanya. Mau dia laki atau perempuan, mau dia tua atau muda juga tak masalah. Yang penting di mana ada kemauan di sana ada jalan.

Mari kita bertanam!. Limpahi rumah kita dengan sayuran hasil menanam sendiri. Mari kita bangga menjadi petani, walau dengan lahan sangat terbatas.

3 responses »

  1. Itu terong2nya keren mba! aku disini tanam2 banyak tapi tentunya gak selancar diIndonesia karena musim dingin, semua harus tepat waktu nanamnya. Tanam Courgette, labu, kacang buncis, polong, kapri, stawberry, raspberry etc. Mari terus menanam…!

Leave a Reply

