Parsley, Si Keriwil Yang Cantik.

Standard

​Yaiyy!!! Akhir pekan tiba. Saatnya meluangkan waktu untuk tanaman Dapur Hidupku. Nah…Sabtu ini saya mau bercerita tentang Parsley alias Peterselli, tanaman bumbu dapur baru di halaman rumah saya.

​Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, sebenarnya Parsley tidaklah terlalu asing bagi kita. Karena daun tanaman ini cukup sering kita temukan dijadikan garnish ataupun hiasan untuk mempercantik hidangan di restaurant-restaurant besar. Selain itu daun tanaman ini lumayan mudah juga kita temukan dijual di rak sayuran di Supermarket. 
Alasan jujur saya menanam Parsley sebenarnya memang hanya sekedar penasaran saja. Ingin tahu apakah saya bisa menumbuhkannya di udara Jakarta atau tidak. Mengingat tanaman ini biasanya ditanam di daerah dingin. 

​Saya membeli bijinya dengan cara online Beberapa bulan yang lalu. Namun karena kesibukan, saya tidak langsung menyemainya. Baru setelah agak senggang kemudian saya menebar bijinya di atas rockwool. Sayang sekali tingkat pertumbuhannya rendah sekali. Saya hanya bisa mendapatkan tanaman parsley ini tidak lebih dari 10 pohon. Beberapa ada yang mati keinjak kucing, sekarang hanya sisa 6 pohon. Tapi tidak apalah. Saya cukup bahagia dengan tanaman saya ini. Lagipula saya tidak akan membutuhkan daun ini banyak-banyak juga. 

Parsley (Peterselinum ) secara fisik tanaman ini sangat menyerupai seledri. Karena memang masih satu keluarga dengan seledri. Menurut beberapa sumber, merupakan tanaman herbal yang sangat baik untuk mencegah tumor paru-paru dan juga penyakit arthritis rhemathoid.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s