Menerbitkan Buku.

Standard
Buku 100 Cerita Inspiratif. Ni Made Sri Andani

Bulan Desember tahun lalu, tanpa terasa rupanya saya sudah nge-blog selama 10 tahun bersama WordPress. Bagi saya, ini sebuah perjalanan menulis yang lumayan membanggakan, karena saya pikir untuk bisa terus menulis selama 10 tahun berturut-turut tanpa jeda bukanlah sesuatu yang mudah. Jadi untuk itu, saya ingin menghadiahi diri saya sendiri dengan menerbitkan sebuah buku, yang isinya 100 tulisan yang saya ambil secara acak dari sekitar 1100 tulisan-tulisan yang pernah saya published di blog ini.

Buku yang saya beri judul ” 100 Cerita Inspiratif” ini tidak saya perjual-belikan, karena dua alasan:

1. Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja saat ini tidak membenarkan karyawannya mekakukan “double job” alias mendapatkan penghasilan dengan cara lain selain dari kantor. Nah, sebagai karyawan yang baik, tentu saya harus mematuhinya dengan cara tidak memperjualbelikan buku ini. Selain itu, sebelumnya saya juga melaporkan rencana penerbitan buku ini ke kantor guna mendapatkan ijin.

2. Penerbitannya dalam rangka menghadiahi diri saya sendiri. Jadi hanya saya bagikan free kepada keluarga saya, para sahabat dan teman-teman dekat saya saja yang memang menyatakan ingin membaca buku ini.

Cetaknya pun terbatas. Niat awalnya pun hanya 100 buah, tetapi mengingat yang mendaftar ingin membaca bukunya lebih dr 100 orang, akhirnya saya cetak 200 buku. Dan terakhir, karena permintaan terus meningkat, akhirnya saya tambah cetak sebanyak 200 buku lagi. Jadi total 400 buku. Itu saja. Sudah cukup banyak saya rasa.

Ide menerbitkan buku ini awalnya datang dari melihat teman-teman penyair yang menerbitkan buku-buku antology pribadi maupun bersama. Mereka memiliki karya-karya yang dibukukan, yang asyik juga dibaca di saat-saat senggang sambil tiduran atau minum teh. Sebagai seorang blogger, saya tak punya karya yang dibukukan. Karena karya saya semuanya tersedia online. Sastra digital. Padahal masih banyak juga orang yang lebih suka membaca buku cetak.

Demikianlah akhirnya saya memilih acak 100 tulisan yang saya tulis berdasarkan kejadian sehari-hari yang memberi saya pelajaran, renungan dan inspirasi untuk menjalani kehidupan untuk saya terbitkan sebagai buku.

Buku ini terbit pada bulan Maret yang lalu, dan terus terang saja, masih ada kesalahan ketik disana-sini.

3 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s