Kare Kentang Ayam.

kare kentang 1

Weleh! Judul postingan ini kelihatannya keren kalau pake Bahasa Inggris.   Padahal nama aslinya ya Kari Kentang dan Ayam, atau dalam bahasa Balinya ya… Kare Sentang Be Siap. He he..satu lagi resep warisan yang sering dimasak oleh ibu saya jaman dulu. Awalnya saya kira Kare ini adalah masakan traditional yang hanya ada di Bali saja. Namun setelah melanglang ke kota-kota lain, Kare dengan rasa sedikit berbeda atau warna yang berbeda ternyata juga banyak dimasak. Ada yang menyebutnya dengan Kari. Ada juga yang serupa, namun dengan tampang lebih pucat yang disebut dengan Opor. Ada juga yang serupa Kare dan orang menyebutnya dengan gulai.  Ada yang suka menyajikannya kering, ada juga yang berkuah. Tapi yah….masih serumpunlah itu.

Demikian juga jika kita berkunjung ke negara-negara tetangga. Walah! Ternyata semuanya punya Kari. Walaupun rasanya selisih-selisih sedikit, tapi ya… itu memang sejenis Kare.  Waduuh..sekarang saya tidak berani lagi mengklaim bahwa Kari adalah masakan traditional kampung halaman saya. Habisnya,  ada di mana-mana sih !. Yang jelas jika kita pergi ke restaurant Asia di Eropa, Kare (curry) mungkin dihidangkan sebagai salah satu hidangan Asia. Ya okelah! Jadi kare adalah masakan kita bersama.

Walaupun Kare adalah masakan sejuta umat, pada dasarnya kare memiliki rasa yang sedikit berbeda tergantung daerah asalnya masing-masing. Jadi saya pikir tak ada salahnya juga jika saya menulis di sini, mengenai salah satu jenis kare yang biasa dimasak oleh ibu saya. Mungkin saja rasanya beda sedikit dengan Kare hasil masakan ibu-ibu yang lain.

Sesuai judulnya, yang difokuskan di sini adalah Kentangnya, bukan Ayamnya. Kentangnya yang banyak, ayamnya sedikit dan lebih berfungsi untuk accesories dan penguat aroma. Entah bagaimana asal muasalnya. Barangkali jaman dulu musim paceklik, petani di kampung lebih mampu membeli kentang , namun uangnya terbatas untuk membeli daging ayam, sehingga yang keluarnya bukannya Kare Ayam, tapi Kare Kentang ( ini teori karangan saya sih..). Tapi menurut saya, Kare Kentang ini rasanya sangat enak. saya lebih suka Kare Kentang dibandingkan jenis Kare yang lain.

Bahan yang digunakan adalah kentang, daging ayam, santan kelapa kental, santan kelapa encer, bawang merah, bawang putih, kunyit,lengkuas,jahe,  kemiri, ketumbar,merica,  daun salam, sereh, cabe, garam dan minyak kelapa.

Cara memasaknya:

1/. Kupas kentang, cuci bersih lalu di potong-potong.

2/. Potog-potong daging ayam sesuai selera. Cuci bersih lalu tiriskan.

3/. Parut kelapa yang sudah tua, ambil santannya. Buat santan kental terlebih dahulu,lalu berikutnya buat santan encer.

4/. Bersihkan dan ulek bumbu Kari : bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, merica, cabe, garam dan ketumbar hingga halus.

5/. Panaskan wajan, tuangkan minyak lalu tumis bumbu ulek hingga berbau harum. Masukkan daun salam dan sereh yang sudah dimemarkan.

6/. Tuangkan santan encer lalau aduk rata dengan bumbu. Masukkan potongan kentang dan ayam yang sudah bersih. Masak hingga bergolak dan matang.

7/. Jika airnya sudah menyusut,lalu masukkan santan kental, aduk-aduk hingga mendidih, lalu matikan nyala api.

8/. Kare Kentang Ayam kini siap disajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s