Tag Archives: kentang

Keripik Kentang Kampung.

Standard

image

Hujan -hujan. Pas musim liburan. Nggak nyaman pergi ke mana-mana. Akhirnya hanya bengang bengong di rumah.
Nah biar anak-anak tidak bosan, kita minum teh hangat saja ya. Temannya kita bikin keripik kentang tipis – tipis alias Potato Chips. Tentu saja bukan Potato Chips a la pabrikan…tapi keripik kentang gaya rumahan.
Idenya sata dapat saat kemarin siang main ke daerah Lembang. Karena macet, saya berhenti di sebuah restaurant di pinggir jalan. Di daftar menunya ada Potato’s skin. Nah saya orderlah. Yang ada di bayangan saya adalah kulit kentang panggang yang ada isinya misalnya ayam atau jamur.  Nah ini yang keluar ternyata gorengan kentang tipis tipis setipis kulit kentang (dan termasuk jg kulitnya). Enak juga dicocol sambel barbeque. Persis seperti keripik kentang di kampung. Ide bagus yang layak dicontek nih…
Cara membuatnya gampang sih. Empat butir kentang. Cuci bersih. Lalu iris tipis tipis. Jika ada alat pengiris khusus tentu tingkat ketipisan irisan bisa terkontrol dengan lebih baik. Rendam irisan kentang dalam air bersih dan sedikit garam. Tiriskan. Lalu goreng hingga warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan di atas kertas tissue.
Untuk cocolan, bisa pakai sambal apa saja. Kentang garing. Anak anak pasti suka.

Advertisements

Enaknya Kentang Panggang.

Standard

image

Pernah suatu kali dalam sebuah acara dihidangkan kentang panggang. Enak banget!. Saya sangat suka. Tapi yang namanya emak-emak tentu nggak tega makan enak sendiri. Pengen juga dong anak dan suaminya ikut makan yang enak-enak. Walau tak bisa membawa kentang panggang itu pulang, saya mencari akal bagaimana cara membuatnya.
Mula-mula tentu berusaha nanya resep sama mas yang jaga stand makanannya. Karena tidak mendapatkan jawaban, akhirnya keluarlah jurus coba-coba ya.
Saya coba membeli kentang besar 4 butir, sebungkus sup krim cepat saji dan keju chedar.
Pertama cuci dulu kentang sampai kulitnya bersih. Tidak usah dikupas kulitnya. Kemudian coba belah kentangnya menjadi 2 atau 3 bagian (tergantung besar kecilnya). Lalu rebus dalam air mendidih.
Sambil menunggu kentang matang, siapkan sosis ayam atau daging ayam, cincang kecil-kecil. Cincang juga daun seledri dan daun bawang.  Masukkan cincang ayam, seledri dan daun bawang ke dalam krim sup yang mendidih. Aduk aduk sampai matang dan krim sup mengental.

image

Jika kentang sudah matang, angkat dan tiriskan. Oleskan sup krim yang kental di atas belahan atas kentang.  Lalu taburkan keju chedar parut  di atasnya.
Nyalakan pemanggangan (oven). Gunakan api atas bawah. Panggang kentang selama 20 menit dengan suhu 200 derajat Celcius.

image

Hasilnya????
Tralala!!!!! Enaks byangetsss… Mirip hasil kentang bakar di acara itu. Nggak perlu ditanya, anak-anak dan suami sudah pasti sukaaaa.
Yuk kita coba!

Champignon & Cheese On Potatoes Ala Jineng.

Standard
Champignon & Cheese On Potatoes Ala Jineng.

Champignon Cheese On Potatoes.Gara-gara membeli 2 pak Jamur Champignon di Supermarket, jadi harus meras otak lagi dong – mau dimasak apa lagi ya? sebelumnya sebagian sudah dimasak untukmembuat “ Champignon Bites“.  Masih ada sisa 1 pak lagi. Syaratnya tentu harus yang Enak dan terlihat Keren, biar anak-anak mau mencoba dan suka.  Apa yang enak menurut anak-anak? Pasti tak jauh-jauh dari keju dan kentang.  Nah idenya kali ini adalah membuat tumisan jamur champignon, lalu ditabur di atas kentang panggang/kentang rebus lalu ditutup dengan lelehan keju.  Kita kasih judul “Champignon Cheese On Potatoes”.

Bahan-bahannya adalah : kentang ukuran besar, daging ayam, jamur champignon, tomat, bawang bombay, bawang putih, keju cepat leleh – bisa kombinasi cheddar dan mozarella, garam, gula, merica bubuk, minyak untuk menumis.

cara membuat:

1/ Bersihkan dan rebus  kentang hingga matang. Angkat dan sisihkan setelah matang.

2/ Cincang kasar  jamur champignon dan dada ayam. Iris tomat, bawang bombay, bawang putih.

3/ Panaskan penggorengan, tumis jamur champignon, daging ayam cincang, irisan tomat, bawang bombay dan bawang putih. Tambahkan gula, garam dan merica sesuai selera. Aduk hingga matang.

4/. Belah ketang menjadi 2 bagian. masukkan ke dalam wadah tahan panas. Bisa juga menggunakan mangkok aluminium.

5/ Tambahkan tumisan jamur dan ayam di atas kentang.

6/ Tutup  dengan irisan keju.  Kukus hingga matang. Atau masukkan ke dalam oven selama 10 menit dengan api 170ºC, hingga keju meleleh dan matang.

Anak-anak pasti suka!. Enak juga  juga buat bekal anak-anak ke sekolah.

Bikin yuk!.

 

 

Potato & Chicken Curry.

Standard

Kare Kentang Ayam.

kare kentang 1

Weleh! Judul postingan ini kelihatannya keren kalau pake Bahasa Inggris.   Padahal nama aslinya ya Kari Kentang Ayam, atau dalam bahasa Balinya ya… Kare Sentang Be Siap. He he..satu lagi resep warisan yang sering dimasak oleh ibu saya jaman dulu. Awalnya saya kira Kare ini adalah masakan yang hanya ada di Bali saja. Namun setelah melanglang ke kota-kota lain, Kare dengan rasa sedikit berbeda atau warna yang berbeda ternyata juga banyak dimasak. Ada yang menyebutnya dengan Kari. Ada juga yang serupa, namun dengan tampang lebih pucat yang disebut dengan Opor. Ada juga yang serupa Kare dan orang menyebutnya dengan gulai.  Terus ada yang suka menyajikannya kering, ada juga yang berkuah. Tapi yah.masih serumpunlah itu. Read the rest of this entry

“Potato – Brocolli – Cheese”, Kentang Keju Favorit Anak-Anak.

Standard
“Potato – Brocolli – Cheese”, Kentang Keju Favorit Anak-Anak.

 

Selera makan anak sangat berbeda-beda. Ada yang anteng dan mudah setuju untuk ikut mengkonsumsi makanan yang tersedia di meja makan, ada juga yang rewel dan susah dibujuk. Rupanya sebagai ibu, kita perlu juga menerapkan strategy yang jitu untuk menghadapi  anak-anak yang rewel makan ini agar  asupan carbohydrate, protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya mencukupi. Salah satu caranya adalah dengan mencoba berbagai jenis makanan dan memperhatikan, jenis makanan mana yang disukainya dan mana yang tidak.

Salah satu jenis makanan yang rupanya cukup menarik buat anak-anak saya adalah Potato Cheese. Saya perhatikan jika saya sediakan ini di meja makan, cukup menarik minat anak saya untuk nambah lagi dan nambah lagi. Nah, ini bisa kita bikin sendiri dengan mudah di rumah. Bahannya mudah, hanya Kentang, Keju dan Brokoli. Read the rest of this entry