Tag Archives: Resep Masakan

Tumis Pedas Jamur Liar Daun Cemcem.

Standard
Tumis Pedas Jamur Liar Daun Cemcem.

Musim hujan. Membawa berkah dari langit. Berupa titik titik air yang membasuh bumi dan membangunkan biji biji dan benih yang tertidur di dalamnya. Terbangun untuk mewujudkan mimpi-mimpinya agar berkembang. Tak terbilang benih rerumputan, sayuran, perdu dan sebagainya yang tumbuh. Dan termasuk jamur pun bermunculan.

Di sela sela rumput halaman rumah saya pun bermunculan berbagai jenis jamur liar. Diantaranya ada jamur Barat yang bisa dimakan. Lumayan banyak juga, tapi sebagian ada yang sudah mekar kemarinnya. Tidak saya ambil yang begini. Hanya yang masih segar saja saya panen dan bawa ke dapur.

Dimasak apa jamur liar ini? . Karena memetik jamur liar adalah kenangan masa kanak-kanak waktu di kampung halaman di Bali, maka kali ini sayapuningin mengenang masa kecil dengan memasak jamur liar ini dengan bumbu traditional Bali, yakni Daun Cemcem.

Kebetulan banget ada daun Cemcem di halaman. Jadi bisa saya petik sedikit untuk masak.

Bagi teman teman yang belum tahu tentu penasaran, apa itu Daun Cemcem ya. Cemcem adalah tanaman sekeluarga dengan Kedondong. Tapi saya belum pernah melihatnya berbuah. Rasa daunnya asem seger mirip rasa buah Kedondong.

Di Bali orang menggunakan Daun Cemcem sebagai bumbu dapur atau sayuran untuk memberi rasa segar terutama pada masakan jamur, belut, siput , ayam dan sebagainya. Tapi karena pohonnya makin susah dicari, makin jarang orang masak dengan daun Cemcem.

Daun Cemcem juga banyak dijadikan jus ( Loloh Daun Cemcem) karena rasanya yang sangat segar.

Gimana cara memasaknya? Ya …sama seperti menumis sayuran lain.

1/. Bersihkan jamur. Lalu suir suir.

2/. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe rawit.

3/. Petik daun Cemcem. Bersihkan.

4/. Masukan minyak untuk menumis ke wajan. Tunggu sampai panas.

5/. Masukkan bumbu iris, dan sefikit terasi, lalu masukkan jamur.

6/. Tambahkan sedikit air. Begitu mendidih, masukkan daun Cemcem. Aduk aduk. Tambahkan garam seperlunya.

7/. Angkat, pindahkan ke piring saji dan hidangkan.

Advertisements

Resep Masakan: Black Mushroom Vegietofu.

Standard

Black Mushroom Vegietofu!. Alias Tahu Sayuran dengan Jamur Kuping. Ini cemilan yang sumpah enaaaak bangetz. Setidaknya menurut saya.

Awalnya saya mengenal camilan ini dari seorang pembantu rumah tetangga. Bossnya sering membuat dan menjual kue yang membutuhkan banyak penggunaan Kuning Telor.

Nah…lalu Putih Telornya di kemanain? Si Mbak lalu dengan kreatif membuat Putih Telor ini sebagai campuran tahu sayuran. Nah.. dari sini terciptalah itu camilan yang enaknya bikin tetangga ketagihan. Si Mbak menjual tahu jamur kuping ini ke tetangga. Termasuk ke saya.

Sayangnya setelah si boss wafat, si Mbak tidak lagi membuat kue dan tahu sayuran. Ia tidak lagi bekerja di sana. Ia beralih profesi menjadi Tukang Nasi Uduk. Dan sayapun kehilangan tahu sayur jamur kuping buatan si Mbak.

Untuk mengurangi kangen, sesekali saya membuat sendiri camilan ini dengan meminta resep.pada si Mbak.

Bahan yang diperlukan:

Tahu putih 1bh (pilih yang empuk dan masih baru), putih telor 3 butir, jamur kuping sebungkus ( kira kira isi 4-5 buah), wortel 1 buah, bawang bombay 1/2, bawang daun 1 batang, seledri 1 tangkai, garam, gula, minyak wijen secukupnya.

Cara Membuat:

1/. Cuci bersih semua bahan. Remas/ulek tahu putih hingga hancur.

2/. Iris iris tipis lalu cincang jamur kuping. Masukkan ke dalam adonan tahu.

3/. Parut halus wortel. Masukkan ke dalam adonan.

4/. Cincang Bawang Bombay, Bawang Daun dan Seledri. Masukan ke dalam adonan.

5/. Masukkan garam, gula pasir dan minyak wijen secukupnya ke dalam adonan. Tambahkan bumbu penyedap.lain jika suka.

6/. Aduk aduk adonan. Lalu tambahkan putih telor dari 3 butir telor ayam. Aduk aduk.lagi hingga merata.

7/. Masukkan adonan tahu jamur kuping ke dalam loyang. Kukus dengan api sedang.

8/. Setelah tahu matang, keluarkan loyang. Biarkan hingga dingin.

9/. Potong potong tahu dengan ukuran sedusi selera.

10/. Gulingkan tahu di dalam.kocokan telor. Lalu goreng.

11/. Hidangkan tahu dalam keadaan hangat hangat. Bisa juga ditemani dengan cabe rawit hijau.

Bangli: Jukut Tongkol, Sayuran Gurih Dan Unik.

Standard

imageKalau ada masakan yang paling saya kangeni saat ini adalah Jukut Tongkol alias Sayur Kecambah Kacang Kara dari Bangli, Bali – kampung halaman saya tercinta. Dan sekarangpun setahu saya pedagangnya tinggal 1 orang saja. Dan jika pedagang ini tidak membuat Jukut Tongkol lagi, saya khawatir makanan ini hilang dari peredaran pasar, walau barangkali di dapur-dapur penduduk masih ada masyarakat yang membuatnya sendiri.

Nah, pertanyaannya adalah mengapa sayur ini jarang ada yang menjual, padahal rasanya sangat enak dan gurih serta banyak orang yang menjadikannya sayur favorit?.
Saya pikir masalahnya adalah di bahan baku. Yaitu Tongkol itu sendiri. Jika kita mudah membeli Kecambah kacang hijau atau kecambah kacang kedelai di pasar, tidak demikian halnya dengan Tongkol. Tongkol atau Kecambah Kacang Kara, tidak umum diperdagangkan di pasar. Jadi, jika seseorang ingin membuat Jukut Tongkol, maka ia sendiri harus membuat kecambah tongkolnya sendiri terlebih dahulu.

Bagaimana proses memasak Jukut Tongkol agar didapatkan cita rasa yang unik, gurih dan sedap?

2016-02-02-23.36.17.png.pngMenurut keterangan begini nih cara memasaknya:
1/. Tongkol dibersihkan dengan baik. Dipotong ujung akarnya.
2/. Tongkol direbus dengan air kunyit untuk memberi warna kuning dan menjamin bebas dari penyakit. Setelah matang, tongkol ditiriskan.
3/. Bumbu yang terdiri atas Bawang Putih, Kencur dan Bawang Merah plus sedikit cabe dan garam diulek lalu digoreng. Ditambahkan santan dan sedikit tepung beras jika ingin kental. Dimasak hingga matang.
4/. Tongkol  diurap dan diaduk rata dengan bumbu.
5/. Dihidangkan dengan ditaburi bawang goreng, cabai dan kelapa goreng.

Nah…begitu kurang lebihnya.  Lebih mantap lagi kalau dimakan dengan nasi panas -panas. Mantap deh.

Untuk yang penasaran, yukkita berkunjung ke Bangli. Di Pasar Kidul, kita masih bisa menemukan dagangnya pada saat ini. Kita nikmati kuliner Bangli yang unik dan langka ini.

Catatan: Gambar adalah milik Putu Suiraoka Gaing

Klappertart Sederhana Buatan Rumah.

Standard

wpid-20151114_201904.jpgTinggal di negeri dengan salah satu lagu wajibnya berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” membuat saya sangat menyukai kelapa muda.  Terutama airnya. Demikian juga anak anak. Tapi sayangnya kadang-kadang airnya saja yang diminum, sementara daging kelapa mudanya tidak. Sayang banget ya kalau dibuang-buang?
Bagaimana kalau kita olah jadi makanan kesukaan anak anak? Bisa dibikin apa ya biar anak-anak suka?
Aha!. Coba buat klappertart sendiri saja. Bisa mengopimalkan kelapa muda yang tersisa. Selain itu kalau beli lumayan mahal kan?
Lalu lihat-lihat bahan lain yang ada di dapur. Masih punya stock telor beberapa butir, ada sedikit margarin, ada sedikit sisa tepung maizena dan tepung terigu. Vanili dan raisin juga ada di kulkas. Yang nggak ada cuma susu. Hmm..barangkali saya juga perlu sedikit rhum, coklat bubuk dan kacang almond. Lalu pergi ke ruko beli susu dan coklat bubuk. Sayangnya rhum dan kacang almond tak dijual di sini. Nggak apa-apalah.Tapi saya punya sedikit kacang mede.

Membuatnya dengan cara sederhana saja.
1/. Margarin sekitar 150 g dicairkan di atas kompor.
2/. Ambil 3 butir kuning telor. Dikocok sampai halus.Tuang ke mentega cair. Aduk aduk di atas api kecil.
3/. Tambahkan 1 kaleng susu kental manis. Aduk aduk terus.
4/. Tepung terigu sekitar 300g dilarutkan dalam air. Diaduk aduk lalu disaring dimasukkan ke dalam mentega cair. Diaduk-aduk.
5/.  Tambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan ke dalam air. Aduk aduk terus sampai kental. Pastikan adonan tidak gosong  di bagian bawah panci.
6/. Setelah adonan kental. Masukan serutan kelapa muda. Aduk aduk kembali di atas api kecil.  Lalu angkat.
7/. Ambil adonan masukkan ke dalam gelas atau mangkok kertas timah.
8/. Taburkan coklat bubuk di atasnya. Tambahkan beberapa butir raisin. Biar seru ditambahkan serpihan kacang mede. Simpan dalam lemari pendingin.
Dihidangkan dalam keadaan dingin. Enak deh.

Crispy Cheesy Garlic Bread.

Standard

image

Sarapan pagi buat anak -anak bisa jadi membosankan jika kita emaknya nggak cukup  kreatif mencoba-coba bikin hidangan variasi baru.(eh…ini yang bosen anaknya apa emaknya ya? He he…).
Bagaimana kalau pagi ini kita coba memanggang roti dengan bawang putih dan keju? Jadi judulnya nih Roti Renyah Bawang Putih Berkeju. Biar keren kita kasih nama :  Crispy Cheesy Garlic Bread!
image

Bahannya tentu saya tidak mau repot bikin roti sendiri. Jadi rotinya beli di tukang roti yang lewat, di toko ataupun supermarket terdekat. Pilih roti tawar yang panjang yang biasanya dipakai untuk hot dog. Bahan untuk toping Sup krim instant dalam kemasan, 1 siung bawang putih besar, 1 batang sosis ayam, seledri secukupnya. Dan tentunya keju Cheddar.
1/. Cincang halus sosis dan seledri.
2/. Parut bawang putih.
3/. Seperti biasa masak sup krim bersama sama dengan sosis ayam cincang dan seledri cincang.
4/. Masukkan parutan bawang putih. Aduk hingga rata dan mengental.
5/ Ambil roti. Potong-potong melintang.
6/. Oleskan sup krim bawang putih di atasnya.
7/. Parut keju cheddar.
8/. Taburkan parutan keju cheddar di atasnya.
9/. Panggang dengan api 200 derajat selama 20 menit.
image

Roti panggang renyah dengan rasa keju bawang putih kini siap dihidangkan buat sarapan keluarga.
Mantap untuk menemani teh hangat.
Coba yuk!!!.

Enaknya Kentang Panggang.

Standard

image

Pernah suatu kali dalam sebuah acara dihidangkan kentang panggang. Enak banget!. Saya sangat suka. Tapi yang namanya emak-emak tentu nggak tega makan enak sendiri. Pengen juga dong anak dan suaminya ikut makan yang enak-enak. Walau tak bisa membawa kentang panggang itu pulang, saya mencari akal bagaimana cara membuatnya.
Mula-mula tentu berusaha nanya resep sama mas yang jaga stand makanannya. Karena tidak mendapatkan jawaban, akhirnya keluarlah jurus coba-coba ya.
Saya coba membeli kentang besar 4 butir, sebungkus sup krim cepat saji dan keju chedar.
Pertama cuci dulu kentang sampai kulitnya bersih. Tidak usah dikupas kulitnya. Kemudian coba belah kentangnya menjadi 2 atau 3 bagian (tergantung besar kecilnya). Lalu rebus dalam air mendidih.
Sambil menunggu kentang matang, siapkan sosis ayam atau daging ayam, cincang kecil-kecil. Cincang juga daun seledri dan daun bawang.  Masukkan cincang ayam, seledri dan daun bawang ke dalam krim sup yang mendidih. Aduk aduk sampai matang dan krim sup mengental.

image

Jika kentang sudah matang, angkat dan tiriskan. Oleskan sup krim yang kental di atas belahan atas kentang.  Lalu taburkan keju chedar parut  di atasnya.
Nyalakan pemanggangan (oven). Gunakan api atas bawah. Panggang kentang selama 20 menit dengan suhu 200 derajat Celcius.

image

Hasilnya????
Tralala!!!!! Enaks byangetsss… Mirip hasil kentang bakar di acara itu. Nggak perlu ditanya, anak-anak dan suami sudah pasti sukaaaa.
Yuk kita coba!

Resep Masakan: Cumi Masak Tinta.

Standard
Cumi Masak Tinta

Cumi Masak Tinta

Ide ini bermula dari pertanyaan anak saya yang besar “Mama, emang tinta cumi-cumi itu edible ya Ma?“. Saya yang sedang bekerja di depan komputer menoleh. “Ya!. Tinta cumi memang bisa dimakan” jawab saya. Rupanya ia sedang tertarik pada sebuah artikel tentang tinta cumi yang memiliki properti sebagai anti kanker dan penghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu tinta cumi juga mengandung komponen Dopamin,  sebuah neurotransmitter yang dikaitkan keberadaannya dengan perasaan bahagia.

Seperti apa rasanya?. Aku pengen nyoba” tanyanya. “Mmm…ya enak ya. Gurih gitu”. Cumi Masak Hitam alias Cumi Masak Tinta.  Saya memang belum pernah masak sendiri resep itu sebelumnya.  Tapi masakan itu pernah  cukup sering terhidang di atas meja makan di rumah dalam periode tertentu di masa lalu yang entah kapan. Dimasak oleh salah seorang Mbak pembantu rumah tangga yang saya juga tidak ingat siapa. Menurut saya sangat enak.

Saya mencoba mengingat-ingat siapa ya Mbak yang jago masak cumi. Tidak berhasil mengingat. Lalu saya coba menghubungi dua orang mantan Mbak prt di rumah saya, yang saya pikir memang jago masak. Sayangnya kedua-duanya mengatakan bukan. “Bukan saya Bu. Saya belum pernah masak cumi hitam. Apa nanti saya tanyakan resepnya dulu?” kata si Mbak menawarkan. Saya pikir beda koki akan beda rasa. Apalagi beda resep. Sudahlah.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba membuat sendiri. Saya mau coba tumis biasa sajalah. Dan hasilnya ternyata enak juga lho. Anak-anak, terutama suami saya suka banget dengan masakan ini.

Barangkali ada yang mau ikut-ikut coba bikin, entah itu untuk lauk sehari-hari  atau barangkali buat buka puasa?

Pertama tentu dimulai dengan membeli dan menyiapkan bahan-bahannya dulu ya. Untuk itu saya pergi ke pasar. Saya membeli 1/2 kg cumi. Yang dipilih adalah cumi segar ukuran kecil/sedang yang tintanya belum dibersihkan. Lalu jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada cumi. Bawang merah, bawang putih, cabe besar hijau, tomat hijau. Juga garam, daun salam secukupnya dan sedikit minyak kelapa untuk menumis.

Cara membuatnya:

1/. Bersihkan cumi dengan hanya membuang penyangga tubuhnya yang mirip plastik. Kantung tintanya jangan sampai pecah. Bilas dengan air bersih. Berikan perasan air jeruk nipis/lemon agar bau amisnya hilang.

2/. Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau dan tomat hijau.

3/. Panaskan penggorengan. Masukkan sedikit minyak kelapa hingga mendidih, lalu kecilkan api, masukkan bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan irisan tomat dan cabe. Tumis hingga harum.

4/. Masukkan cumi. Tumis sebentar lalu tambahkan dengan air.  Berikan garam secukupnya dan daun salam. Bagi yang menyukai masakan sedikit agak manis,bisa juga ditambahkan dengan sedikit gula pasir.

5/. Aduk-aduk di atas api kecil. Biarkan sampai mendidih. Saat ditumis, kantong tinta cumi akan pecah dan memberikan warna hitam ke seluruh masakan. Aduk terus sampai kuahnya menyusut.

6/. Angkat cumi dari penggorengan dan hidangkan dalam mangkok atau piring cekung agar kuahnya tidak tumpah.

Gampang sekali membuatnya.

Yuk, coba sendiri…

 

Resep Masakan: Mini Lumpia Udang Ayam.

Standard
Mini Lumpia Udang Ayam

Mini Lumpia Udang Ayam

Kadang-kadang jika sedang mengajak anak-anak makan di luar, saya memperhatikan apakah anak-anak menyukai makanannya atau tidak. Jika mereka kelihatan lahap dan suka, saya berusaha untuk menebak-nebak sendiri resepnya dari rasanya. Lalu saya coba-coba bikin  sendiri di rumah.  Nah kali ini saya ingin berbagi resep jika ingin membuat sendiri Lumpia Udang Ayam mini. Saya sudah membuat sendiri di rumah dan anak-anak sangat menyukainya. Demikian juga suami saya. Barangkali bisa juga dijadikan ide untuk menu sahur atau buka puasa?

Bahan-bahannya:

Kulit lumpia 25 lembar banyak yang dijual sudah jadi di tukang sayur), daging ayam 1/4 kg, udang 1/4kg, wortel 1bh, daun kucai 1 ikat, daun seledri, minyak wijen, kecap manis, kecap ikan, lada bubuk, bawang merah,bawang putih, sedikit minyak kelapa untuk menumis.

Cara membuatnya:

1/. Cuci bersih daging ayam lalu digiling/dicincang. Udang juga dibersihkan lalu digiling/dicincang.

2/. Parut wortel dengan parutan kasar.

3/. Iris tipis daun kucai dan dau seledri.

4/. Iris bawang merah dan bawang putih.

5/. Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak. Tumis bawang merah , bawang putih lalu masukkan daging ayam dan udang yang sudah digiling/dicincang. Masak hingga matang.

6/. Masukkan parutan wortel dan daun bawang kucai dan seledri, alu adukkembali.

7/. Berikan kecap manis secukupnya. Juga tambahkan kecapikan dan lada. Barangkali ada yang ingin menambahkan bumbu kaldu juga tidak masalah. Aduk-aduk kembali di atas api kecil hingga harum dan kering.

8/. Buka lembaran kulit lumpia. Gunting dibagi 2 sehingga membentuk 1/2 lingkaran.

9/. Ambil 1/2 lembar, lalu isi di atasnya dengan sedikit tumisan ayam udang. Lipat kulit lumpia dari sisi kanan dan kiri  di atas tumisan,lalu gulung. Untuk merekatkan agar rapi dan tidak meka saat digoreng, bisa dibantu dengan putih telur.

Nah sekarang lumpia mini siap untuk digoreng dan disajikan. Tampilannya lucu dan imut-imut. Jika mau digunakan untuk hidangan sahur juga bisa disimpan di lemari pendingin dan tinggal digoreng kapan saatnya dibutuhkan.  Selamat mencoba ya…

 

 

Mencoba Membuat Sendiri Baklava.

Standard

Baklava 1Mama bisa bikin Baklava?” tanya anak saya. Baklava…baklava.. dimana rasanya saya pernah mendengar nama itu. Saya tak mampu memancing ingatan saya. Akhirnya saya menyerah. Anak saya lalu menunjukkan gambar makanan yang bernama Baklava itu. Oooh! Sekarang saya baru inget. Saya pernah memakan makanan ini dulu banget…saat suatu kali  saya berkunjung ke rumah mantan boss saya. Mantan boss saya itu berkebangsaan Yunani. Waktu itu ia tinggal sendirian di Manchester dan rupanya suka memasak juga untuk dirinya sendiri. Tahu saya sedang berada di kota itu, beliau menjemput dan mengajak  saya mampir ke rumahnya serta memasak berbagai makanan untuk menjamu saya. Salah satunya ada yang serupa dengan Baklava di gambar ini. Rasanya enak dan manis banget dengan rasa kacang  beraroma kayu manis dan cengkeh.

Anak saya mengajak saya untuk mencoba membuat. Jadilah kami ngubek-ubek resep Baklava dan cara membuatnya di internet. Ada petunjuk yang cukup mudah diikuti. Dari sini saya baru tahu bahwa Baklava ternyata adalah makanan asli Turki. Lah..?! Kenapa ya saya menyangka itu masakan khas Yunani?. Anak saya yang sudah lebih dulu mengubek-ubek informasi tentang Baklava ini mengatakan bahwa makanan ini memang asli Turki, namun hingga kini Yunani juga tetap mengatakan kalau Baklava itu makanan khas mereka.  Ahh.. saya pikir bagarangkali serupa dengan makanan Indonesia dan Malaysia yang nggak jauh-jauh berbeda. Nggak masalahlah….siapapun yang mengklaim sebagai makanan khasnya…wong  kenyataannya memang di masak sehari-hari di kedua negara itu.

Baklava 3Akhirnya saya dan anak saya memutuskan untuk melakukan percobaan membuat Baklava.  Kedengeranya keren. Bahan-bahannya kelihatan cukup mudah dibeli di Supermarket. Dibutuhkan Phyllo dough, gula halus, madu, kacang almond, kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, mentega, vanilla dan kulit jeruk sunkist.

Buru-buru saya dan anak saya yang besar pergi berbelanja bahan-bahan. Phyllo dough – saya nggak nemu ada yang jual, tapi bisa saya ganti dengan dough untuk pastry yang ready to use. Nah..gula halus habis! Anak saya menemukan Gula tepung. Saya pikir sama..namun belakangan setelah masak saya baru tahu kalau gula tepung itu bukan gula halus, tapi gula halus + tepung. Walah!. Madu ok. Kacang almond dan walnut? Saya nggak nemu walnut. Cuma nemu almond saja. Jadilah saya berinisiatif menggantinya dengan kacang mede dan almond. Kayu manis dan cengkeh nggak ada yang bubuk. Adanya yang kasar. Ok nggak apa-apalah. Margarine saya pakai sebagai pengganti mentega. Vanilla dan jeruk sunkist Ok.

Langkah-langkah membuatnya (sebenarnya bukan membuat ya, tapi menyusun):

1/. Ulaskan mentega/margarine pada permukaan nampan gelas tahan panas.

2/.  Letakkan selembar pastry dough di atasnya.

3/. Cincang kasar kacang Almond dan kacang mede. Bisa juga dengan memblendernya kasar.  Kayu Manis & Cengkeh ditumbuk halus lalu diaduk ke  kacang.

4/. Taburkan kacang di atas lapisan dough pertama. lalu tutup dengan lembaran dough lagi.

5/. Ulaskan kembali mentega di atas lapisan dough yang paling atas. lalu taburkan kacang lagi di atasanya.

6/. Tutup kembali lapisan kacang dengan lembaran dough. Demikian seterusnya sampai 10 lapis. Tapi saya hanya membuatnya 4 lapis saja karena lembaran dough yang saya beli terlalu tebal. Konon di Yunani orang membuatnya hingga 33 lapis lembaran dough tipis.

7/. Setelah disusun sedemikian rupa dan ditutup terakhir dengan lembar dough, potong-potong Baklava lalu panggang  dengan api 230° selama 30 menit hingga Baklava matang.

 

baklava2Untuk sausnya,  saya menjerang air di dalam panci kecil, lalu memasukkan gula halus. Setelah itu masukkan madu. Terakhir tambahkan dengan parutan kulit jeruk sunkist.  Di aduk-aduk sambil dijerang di atas api.  Dinginkan.

Hidangkan Baklava dengan saus madu. Hmm..enak banget!. Rasanya pas seperti apa yang saya bayangkan. Kombinasi rasa kacang dengan kayu manis yang sangat menggoda plus aroma cengkeh yang hangat.

Anak-anak dan suami saya menyukainya. Mencoba membuat sendiri Baklava menyenangkan juga. Bisa menjadi salah satu alternative untuk mengisi weekend bersama keluarga.

Champignon & Cheese On Potatoes Ala Jineng.

Standard
Champignon & Cheese On Potatoes Ala Jineng.

Champignon Cheese On Potatoes.Gara-gara membeli 2 pak Jamur Champignon di Supermarket, jadi harus meras otak lagi dong – mau dimasak apa lagi ya? sebelumnya sebagian sudah dimasak untukmembuat “ Champignon Bites“.  Masih ada sisa 1 pak lagi. Syaratnya tentu harus yang Enak dan terlihat Keren, biar anak-anak mau mencoba dan suka.  Apa yang enak menurut anak-anak? Pasti tak jauh-jauh dari keju dan kentang.  Nah idenya kali ini adalah membuat tumisan jamur champignon, lalu ditabur di atas kentang panggang/kentang rebus lalu ditutup dengan lelehan keju.  Kita kasih judul “Champignon Cheese On Potatoes”.

Bahan-bahannya adalah : kentang ukuran besar, daging ayam, jamur champignon, tomat, bawang bombay, bawang putih, keju cepat leleh – bisa kombinasi cheddar dan mozarella, garam, gula, merica bubuk, minyak untuk menumis.

cara membuat:

1/ Bersihkan dan rebus  kentang hingga matang. Angkat dan sisihkan setelah matang.

2/ Cincang kasar  jamur champignon dan dada ayam. Iris tomat, bawang bombay, bawang putih.

3/ Panaskan penggorengan, tumis jamur champignon, daging ayam cincang, irisan tomat, bawang bombay dan bawang putih. Tambahkan gula, garam dan merica sesuai selera. Aduk hingga matang.

4/. Belah ketang menjadi 2 bagian. masukkan ke dalam wadah tahan panas. Bisa juga menggunakan mangkok aluminium.

5/ Tambahkan tumisan jamur dan ayam di atas kentang.

6/ Tutup  dengan irisan keju.  Kukus hingga matang. Atau masukkan ke dalam oven selama 10 menit dengan api 170ºC, hingga keju meleleh dan matang.

Anak-anak pasti suka!. Enak juga  juga buat bekal anak-anak ke sekolah.

Bikin yuk!.