Bunga Teratai, atau Nimphaea sp adalah  tumbuhan air tercantik yang saya tahu. Bunganya mengambang di atas air, dengan akar yang terbenam di dalam lumpur. Bunga ini memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan  orang Bali, mengingat bunga ini sangat banyak dilibatkan dalam berbagai upacara.

Teratai memiliki beragam variant. Mulai dari yang berwarna merah, putih, pink,  kuning, hingga biru.  demikian juga dengan ukurannya. Kita bisa menemukan teratai raksasa, teratai ukuran besar,kecil dan super kecil. Semuanya sangat menarik untuk dipandang.  Teratai sangat cantik jika ditanam di kolam. Namun jika kita tidak punya lahan yang luas untuk membuat kolam,  teratai cantik juga ditanam di dalam pot tradisional Bali berbahan batu ataupun tanah liat dengan permukaan lebar dan pendek.

Tulisan saya tentang teratai antara lain:

Blue Water Lily, The Sacred Flower

Teratai Putih Kecil 

Pot Tanah  Liat, Menyatukan Alam Dalam Kehidupan Kita 

3 responses »

  1. Dear Ibu, saya dari majalah Martha Stewart Living Indonesia, Jakarta. Majalah kami berisi segala informasi, ide, serta langkah praktis penataan rumah. Saya suka membaca blog ini karena inspiratif. Kalau boleh tahu, di manakah domisili Ibu berada? Karena kami tertarik untuk menampilkan tanaman-tanaman Ibu dalam majalah kami. Untuk tanya-jawab lebih rinci, boleh email saya di fifi. juliana@gramedia-majalah.com? Saya tunggu respons Ibu secepatnya. Terima kasih. Salam hangat, Fifi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s