Pameran Lukisan “Pahlawan – Tanpa Batas Ruang Waktu”

Standard
Pameran lukisan Pahlawan Tampa Vatas Ruang Waktu

Tadi siang saya ikut menghadiri pembukaan pameran lukisan di Perpusnas, Jln Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Di undangannya tertulis pkl 13.00. Bergegaslah saya ke situ. Berangkat awal, karena takut telat πŸ˜€

Walau melewati demo yg cukup mengganggu lalu lintas, saya tiba bahkan sebelum pukul 12.30. Masih ada sekitar 30 menit lebih buat saya ngobrol dengan teman-teman pelukis yang ada di sana, sambil melihat-lihat, sebelum acara akan dibuka oleh Bapak Agus Sutoyo selaku Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI/ yang mewakili, pada pukul 13.00.

Hingga pukul 13.00 saya lihat belum ada tanda-tanda pameran akan dibuka. Rupanya acara pembukaan terlambat dimulai – molornya hingga sekitar sejam. Lama juga ya πŸ˜€. Dan karena Pak Kepala berhalangan hadir, jadi akan dibuka oleh Ibu Fera sebagai yang mewakili.

Saya melihat- lihat lukisan yang dipajang. Themanya pahlawan. Ya, dibagian depannya diisi dengan lukisan Bung Karno, Pak Sudirman, Bung Tomo. Yang menarik ternyata ada banyak lukisan pahlawan tanda jasa bagi murid, bagi anak dan keluarga. Misalnya lukisan kuli panggul pengangon bebek, guru piano, TKI pahlawan devisa dan sebagainya orang-orang yang menjadi pahlawan tulang punggung keluarga. Ya memang. Sosok Pahlawan masa kini sudah berubah banyak. Bukan lagi yang fokus pada yang mengangkat senjata dan berangkat ke medan perang, tapi termasuk juga yang memperjuangkan ekonomi keluarga, pendidikan, dan sebagainya. Sesuailah dengan judul pameran ini, “Pahlawan – tanpa batas ruang waktu,”

Selain kebanyakan lukisan memang ada kaitannya dengan thema pahlawan, tapi beberapa lukisan menurut saya tidak ada hubungan dengan pahlawan sama sekali

Banyak lukisan yang bagus -bagus, hanya sayang, menurut saya tata letak dan juga displaynya agak berantakan, terkesan asal terpajang saja. Mungkin karena terburu-buru. Pencahayaan kurang, terutama di areal display agak belakang. Sayang banget, lukisan bagus jadi banyak yang redup dan kurang terlihat keindahannya. Semoga besok sudah bisa diperbaiki.

Pameran ini berlangsung dari tanggal 28 Nov hingga tgl 11 Desember 2023.

Leave a comment