Pada saat saya membaca tutorial tentang pembuatan blog di wordpress ini, saya membaca saran ahlinya kalau membuat blog perlu  yang fokus. “Blog needs to focus. What is yours going to be?” Begitulah kurang lebih katanya. Dalam penafsiran saya,  tentu yang dimaksud misalnya jika saya ingin membuat blog tentang Marketing, maka saya harus fokus pada  tulisan seputaran Marketing, Brand dsb, demikian juga kalau mau membuat blog tentang Gardening saya harus juga focus mengenai  cerita seputaran kebun, tanaman dan perawatannya.  Saat membaca itu, saya  bisa memahami anjuran tentang mengapa kita harus focus itu. Namun terus terang saya agak bingung menetapkan mau membuat blog tentang apa. Masalahnya adalah, sebagai seorang pemasar, wanita Bali, ibu dari 2 anak dengan latar belakang  formal sebagai seorang dokter hewan, saya memiliki ketertarikan dalam beberapa hal, mulai dari urusan berkebun, masakan, benda-benda seni, perhiasan,  sulam menyulam, sastra, spiritual dsb yang  secara umum tidak ada hubungannya satu sama lain. Dan saya suka menulis tentang apa saja yang menarik hati saya. Sebagai pemula, tentu terlalu berlebihan  kalau saya memiliki banyak blog. Lalu saya pikir, mungkin nanti saja kalau memang benar-benar diperlukan,  saya akan membuat blog  yang lebih fokus.

Lalu blog saya ini tentang apa? Kalau saya kembalikan pada pertanyaan dasarnya (“Sebenarnya untuk apakah saya menulis blog?), sebenarnya semua tulisan di blog saya ini menjawab & berfokus pada hal yang sama  yakni  untuk kebahagiaan hati saya.  Ya, untuk kebahagian! For happiness. Setiap orang mencari & memiliki kebahagiaan. Dan kebahagiaan buat saya adalah jika bisa membuat hidup saya penuh arti.  “A meaningful life”  begitulah kira-kira pendekatan sayaterhadap kebahagiaan.  Saya bisa  bersyukur  padaNYA, saya bisa menikmati & mengagumi hal-hal menarik di sekitar & dalam perjalanan hidup saya,  serta bila saya bisa sharing, berbagi  &  sekali lagi bersyukur barangkali apa yang saya ‘sharing’  bisa berguna buat orang lain yang memerlukan. Karena hidup adalah sebuah perjalanan, a journey,  saya pikir bahwa blog saya ini sangat sesuai kalau saya sebut sebagai sebuah perjalanan yang membahagiakan & untuk mencari kebahagiaan, A Journey For Happiness.

Memiliki hidup dengan banyak facet (sebagai  seorang  Ibu, seorang pemasar, seorang wanita, penggemar tanaman, dsb) memiliki kelebihan & kekurangan. Sudah pasti. Tapi saya selalu optimis dan lebih banyak memandang sisi indah dari tiap-tiap facet kehidupan itu ketimbang sisi sulitnya. Misalnya untuk urusan sebagai Ibu, saya focus pada betapa menyenangkan & membanggakannya  menjadi seorang Ibu dari 2 orang anak yang tumbuh sehat & cerdas, bukan focus misalnya pada  waduuh.. betapa sulitnya menghadapi kenakalan anak-anak. Untuk  hobby saya akan tanaman, saya focus pada betapa indahnya bunga-bunga yang saya tanam ini dan betapa indahnya kupu-kupu yang datang, bukan pada aduuuuhh betapa capenya  mencabut rumput yang mengganggu. Demikian juga untuk urusan pekerjaan saya sebagai seorang pemasar dan urusan ketertartarikan saya akan hal-hal lain. Saya berusaha selalu melihat sisi baiknya. Namun bila kita sudah berusaha keras  melihat sisi baiknya dan tetap juga tidak menemukannya, ya sudahlah, mengapa harus ngotot bertahan hanya untuk memanen hal-hal yang kurang menyenangkan  ke dalam diri & pikiran kita.  Temukan sisi baik dari facet yang lain. Kan masih banyak facet yang lain. Dengan demikian, maka nasi goreng yang kita masak di rumah terasa sangat enak, walaupun mungkin ada orang lain yang mengatakan  “biasa aja tuh!. Enakan juga yang di restoran X”, atau bunga bunga yang saya tanam sendiri di halaman rumah terlihat sangat indah – walaupun lagi lagi ada orang lain yang bilang ‘ ah, bunga gitu aja kok dibilang indah. Itu kan banyak di semak belukar’.. ha ha ha.. Tidak apa-apa. Yang melihat kan kita. Seperti lyrics lagu I Have A dream-nya ABBA , “Something good in everything I see..”

Memiliki banyak ketertarikan justru membuat hidup saya tidak monotone. Karena ketika misalnya saya lelah urusan pekerjaan, saya bersyukur bisa mengalihkan kepenatan saya ke hobby yang menyenangkan, sehingga hidup terasa lebih berimbang dan tak perlu berlama-lama harus berada dalam kepenatan yang panjang di tempat yang sama. Tidak jenuh dan berat sebelah. Banyak facet dan semuanya dinikmati dari sisi positifnya, itu yang saya sebut sebagai hidup yang seimbang. A Balanced Life!. Jadi blog ini akan memuat tulisan tulisan saya tentang hal-hal yang menjadi ketertarikan saya baik sebagai seorang pemasar, wanita, ibu rumah tangga dengan 2 orang anak dsb dalam menjalani facet facet kehidupan dengan  seimbang di tengah hiruk pikuknya  Jakarta tanpa melupakan asal muasal saya sebagai seorang wanita yang dibesarkan di sebuah kota kecil Bangli , di tengah tengah pulau Bali,  yang sejuk, tenang dan damai.   Sehingga saya rasa tidak berlebihanlah kalau kemudian saya memberi tajuk pada blog saya ini “ Balanced Life, A Journey For Happiness”

6 responses »

  1. Saya sepakat dengan kalimat ini… “semua tulisan di blog saya ini menjawab & berfokus pada hal yang sama yakni untuk kebahagiaan hati saya…”
    Saya sudah lumayan lama membuat Sisi Hidupku. Vakum. Mati. Dihidupkan kembali sejak Hari Blogger nasional. Saya tambahkan sub judul My Mobile Diary. Sepertinya saya menemukan format penulisan blog yg pas. Saya tulis apa saja yang menarik yg saya temukan melalui perangkat mobile. Saya telah menganggap blog saya sebagai catatan harian, sbg diary.
    Ah maap jadi kemana2 nih mba. Tp senang dengan gaya berbagi mba di posting ini…

    Salam blogger, salam persahaban selalu…

    • Terimakasih banyak. Ya, saya pikir setiap orang memiliki tujuan dan gayanya sendiri dalam menulis. Sangat bersyukur jika kita kebetulan merasa sudah menemukan gaya yang menurut kita sudah sesuai dengan diri kita masing-masing.
      Ada bagusnya juga menjadikan blog sebagai diary.. saya pikir saya juga serupa begitu juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s