Seri: Resep Masakan Warisan Ibu.

Ikan Pindang Bumbu TomatSaya kangen masakan ibu saya. Maka akhir pekan ini, sepulang dari Sekolah anak, saya mampir di pasar traditional untuk membeli bahan-bahan masakan yang kira-kira bisa saya pakai untuk memasak masakan yang sering dimasak oleh Ibu saya. Saya melihat ada ikan pindang ukuran sedang yang dipajang di tukang sayur. Harganya Rp 8 000/ekor. Sayapun membeli 2 ekor.  Lumayan.Jika tak habis dimakan buat 1x, tentu masih bisa dipanaskan dan dimakan lagi berikutnya.

Ikan Pindang atau ada juga yang menyebutnya Cue, kalau di Bali biasanya disebut Be Pindang.  Ikan Pindang biasanya terbuat dari ikan tuna/tongkol yang dimasak dengan garam dalam kuali tanah. Rasanya enak dan sedikit asin dan tentunya sedikit agak lebih awet dibandingkan ikan segar.  Bisa dimasak apa saja. Digoreng, dipepes, dan sebagainya. Namun kali ini saya akan memasak dengan bumbu tomat. Kalau di Bali biasanya kami menyebut masakan ini dengan nama “Be Pindang Mebasa Tomat”.Atau kalau diterjemahkan kurang lebih maksudnya adalah Ikan Pindang Bumbu Tomat.

Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja Ikan Pindang. Lalu bahan untuk bumbu, kita akan membutuhkan bawang merah,bawang putih, kunyit,lengkuas,jahe, kencur, kemiri, garam,cabe, tomat dan daun salam serta minyak kelapa untuk menggoreng.

Cara memasaknya sangat mudah:

1/. Bersihkan Ikan Pindang dengan baik. Lepaskan bagian kepalanya, keluarkan bagian perutnya serta cabut beberap duri-duri yang ada di sekitar dada dan perut ikan hingga bersih.

2/. Belah  ikan menjadi dua bagian memanjang. Buang duri tengahnya. Cuci bersih, lalu tiriskan.

3/. Ulek bawang merah, bawang putih,cabe,kunyit, kemiri, lengkuas,jahe,kencur, garam, cabe  dan tomat. Sisihkan.

4/. Panaskan minyak kelapadi atas wajan. Setelah mendidih lalu goreng ikan pindang hingga matang. Angkat dan sisihkan.

5/. Tumis bumbu ulek hingga harum.Tambahkan sedikit air,lalu masukkan Ikan Pindang yang sudah matang. Aduk dengan bumbu hingga tercampur rata.

6/. Masukkan daun salam ke dalam masakan. Kecilkan nyala api, biarkan masakan mendidih.

7/. Angkat ikan beserta bumbunya dan sajikan di atas piring.

Hmm… sangat nikmat, apalagi jika dimakan dengan nasi putih panas.

Yuk kita coba dan lestarikan resep masakannasional Indoensia kita!.

 

2 responses »

Leave a comment