Daily Archives: January 2, 2014

Kigelia Pinnata, Si Pohon Sosis.

Standard

Buah Kigelia PinnataKali ini saya ingin bercerita tentang pohon Sosis (Kigelia pinnata).  Mungkin bagi sebagian orang, tanaman ini bukanlah tanaman asing, namun bagi saya, saat pertama kali melihat tanaman ini sekitar 2 tahun yang lalu saya sempat terbengong-bengong. Pohon ini memiliki buah yang sangat aneh bentuknya.  Silinder memanjang dan menggantung dengan tangkai yang panjang ke bawah dari dahannya yang tinggi.  Di batang pohon itu saya lihat ditulis namanya: Kigelia pinnata.  Orang menyebutnya dengan pohon Sosis. Sebenarnya sih bentuknya tidak seperti  sosis yang sering kita beli di Supermarket . Lebih mirip sosis yang besar dan gendut,macam Bockwurst begitulah.  Terus terang saya belum pernah melihatnya saat itu. Membuat saya banyak bertanya kepada penjaga taman di tempat itu. Jadi benar-benar menarik perhatian saya.

Seperti apa di dalam buahnya? Penjaga taman mengatakan jika dipotong, buah itu di dalamnya seperti labu. Menurut keterangan buahnya beracun.   Jika dimakan, bisa menyebabkan bibir melepuh seketika.  Jadi,  tidak ada yang pernah memakannya – kata penjaga. Di tempat itu ada 4 batang pohon saya lihat. Salah satunya tidak ada buahnya. Padahal pohonnya paling besar, rindang dan banyak bunganya. Rupanya penjaga taman selalu memetiki buahnya. Karena di bawah pohon itu banyak kendaraan parkir. Ternyata  buah ini cukup berat juga. Bisa mencapai 5-10 kg – lumayan juga jika menimpa kaca atau atap  mobil. Penyok deh.

Bunga Kigelia PinnataBunganya juga sangat menarik. Berukuran besar, berwarna merah padam. Warna yang eksotis namun misterius.  Muncul dari tangkai bunga yang juga menggelantung, memiliki beberapa kuncup bunga yang mekar bergantian.

Bunganya sendiri terdiri atas 4 kelopak besar yang menyatu satu sama lain pada pangkalnya. Memiliki4 benang sari dan kepala putik di tengahnya berwarna hijau kekuningan. Walaupun cantik, namun bau bunganya kurang enak menurut saya. Namun saya perhatikan banyak juga jenis kupu-kupu yang tertarik mampir di pohon ini.  Kebanyakan kupu-kupu dari jenis Delias dan ngengat yang mampir.

Pohon ini berasal dari Afrika. Di negara asalnya tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, terutama yang berkaitan dengan masalah -maslah kulit. Mulai untuk mengobati eksim, gatal-gatal, luka hingga untuk mengobati jerawat. Juga dignakan oleh para wanita Afrika untuk mengencangkan kembali payudaranya yang kendur. Belakangan, buah dari pohon ini juga banyak diteliti untuk keperluan kosmetika.

Bunga Kigelia Pinnata 1

Karena berasal dari Afrika, saya pikir pohon ini memang sangat jarang di Indonesia.  Namun sepengetahuan saya, setidaknya di Indonesia pohon ini ada di dua tempat yakni di Hotel Novus di Pucak, Bogor dan di sebuah halaman hotel di Solo – saya lupa nama hotelnya.   Saya pernah mengambil foto-foto bunga dan buah pohon ini dari kedua tempat yang saya sebutkan di atas.

Saya tidak tahu, apakah minim pengetahuan tentang pohon ini hanya terjadi dengan saya? Mungkin ada juga di tempat lain yang belum pernah saya datangi. Atau memang karena pohon ini memang sangat jarang di Indonesia?