Edible Flowers: Bunga-Bunga Yang Bisa Dimakan Dalam Masakan Indonesia.

Standard

Ketika kita menyebut kata sayur, yang terbayang di pikiran kita adalah daun-daunan yang berwarna hijau royo-royo, misalnya kangkung, bayam, sawi hijau, kol, pakchoi, daun singkong, daun ubi jalar, daun kemangi dan sebagainya. Pokoknya Daun ya?. Walaupun ada diantaranya yang berwarna bukan hijau.

Selain  daun-daunan,  yang berikutnya kita ingat adalah sayur dari buah-buahan, biji-bijian ataupun kecambahnya. Misalnya sayur labu, oyong, buncis, kacang panjang, jagung, pare, terong, pepaya, kacang merah, tauge kacang hijau dan sebagainya.

Berikutnya sayur dari umbi seperti wortel, kentang, lobak.

Tapi setelah diingat-ingat ternyata banyak juga lho sayuran atau masakan Indonesia yang terbuat dari bahan bunga-bungaan. Apa saja sih? Nah…ini adalah sebagian dari yang bisa saya ingat.

1/. Bunga Pepaya alias Bungan Gedang.

image

Bunga berwarna hijau yang berubah menjadi putih kekuningan saat mekar ini sangat umum dimasak di dapur hampir semua  suku di Indonesia. Dan paling sering kita lihat dihidangkan di restaurant Menado. Yang umum dimanfaatkan adalah bunga pepaya jantan.
Di Bali, bunga pepaya sering disebut dengan Bungan Gedang.  Karena umumnya berenceng renceng, maka lebih umum lagi disebut dengan Bungan Gedang Renteng.
Rasa bunga pepaya agak pahit. Namun demikian, orang -orang tetap menyukainya, terutama karena orang percaya akan khasiat baiknya untuk kesehatan.

2/. Bunga Kecicang.

image

Bunga Kecicang alias Bunga Kecombrang (Jawa) atau Honje (Sunda) adalah bunga favorit saya di dapur. Bunga yang sangat cantik ini sungguh sangat menawan. Bukan saja karena keindahan dan warnanya yang pink atau merah (yang merah adalah kecicang hutan), tetapi karena rasanya juga sangat unik aromatik.
Bunga Kecicang yang belum mekar, di Bali disebut dengan nama Bongkot. Saya sangat suka membuat Kecicang dan Bongkotnya untuk sambal. Sambrl Kecicang atau Sambel Bongkot. Cara membuatnya sama dengan cara nembuat Sambel Matah, hanya saja ditambahkan dengan terasi bakar. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk campuran sayur lodeh.

3/. Bunga Sedap Malam.

image

Bunga sedap malam alias polyantes warnanya  putih dan wangi. Umum dimasak sebagai campuran sup. Dimasak bersama dengan jamur kuping dan soun dalan masakan Kimlo. Bunga sedap malam sering dijual dalam keadaan kering. Jadi untuk memasaknya kita perlu rendam dulu. Rasanya enak dan empuk, sama sekali tidak asa unsur pahitnya.

4/. Brokoli.

image

Walaupun warnanya hijau, sangat jelas sekali bahwa bagian dari brokoli yang kita makan itu sebenarnya adalah bunganya. Kecil-kecil bergerombol, brokoli menjadi salah satu sayuran yang membuat hidangan di atas meja makan jadi terlihat menggiurkan.
Anak-anaj sangat menyukai brokoli ketimbang sayuran lain. Saya sering memasaknya dengan kentang rebus dan keju leleh. Yummy!!!. Bisa juga dimasak ca dengan bawang putih, atau dicampur jamur, ataupun sebagai campuran masakan lain.

5/. Kembang Kol.

image

Serupa dengan brokoli, hanya saja bunganya putih kekuningan. Kembang kol, sesuai namanya sayuran ini jelas jelas adalah bunga. Bunga kol.
Secara umum rasanya enak dan empuk. Bisa dimasak Ca biasa, atau dijadikan campuran nasakan lain seperti misalnya Capcay, ikan masak nanas, dan sebagainya.

6/. Bunga Genjer.

image

Genjer alias Biyah-Biyah adalah sejenis tanaman air yang umum ditemukan liar di sawah. Mastarakat agraris tentunya sangat mengenal tanaman ini. Daunnya, berikut tangkai daunnya umum dimanfaatkan untuk sayur. Demikian juga bunganya yang belum mekar. Umum dimasak tumis atau dikombinasi dengan tauco. Rasanya secara umum enak, walau ada sedikit rasa sepat tang khas.

7/. Bunga Bawang.

image

Bawang, selain umbinya digunakan untuk setiap masakan, daun dan bunganya juga bisa dimanfaatkan untuk sayuran lho. Bunga bawang berwarna putih dengan tangkai yang agak tebal dan renyah. Enak ditumis atau dikombinasi dengan bahan lain misalnya tofu atau seafood.

8/. Jantung Pisang.

image

Bunga pisang yang belum mekar alias jantung pisang atau puduh biyu adalah salah satu sayuran eksotis yang bisa kita temukan di dapur Indonesia. Ada beberapa jenis bunga pisang yang tidak pahit jika dimasak. Salah satunya adalah jantung pisang batu. Sangat enak untuk ditumis, dimasak santan atau untuk dipepes.

9/. Bunga Turi.
Bunga pohon turi sangatlah cantik. Warnanya putih bersemu peach. Kita sering melihatnya ditanam orang sebagai pagar di ladang.  Saya pernah makan sayur bunga turi walaupun belum pernah  memasaknya sendiri. Ada sedikit rasa pahit, tapi menurut saya,  nyaris tidak terasa. Bunga turi tidak umum diperjualbelikan di pasar dekat rumah saya. Yang memasaknya biasanya karena punya pohonnya sendiri di rumah.

10/. Terubuk.
Sayur bunga tanaman mirip tebu ini saya kenal di tanah Betawi. Belum pernah lihat di daerah lain. Biasanya dihidangkan di tempat pesta pernikahan adat Betawi dan dikenal dengan sebutan Sayur Penganten. Harganya juga lumayan mahal di tukang sayur di pasar. Dan sangat jarang ada.

Selain 10 jenis sayuran dari bunga yang saya sebutkan di atas, saya yakin masih banyak lagi jenis bunga-bungaan lain yang bisa dan biasa dimakan di Indonesia.

14 responses »

  1. cuma bunga bawang yg belum pernah kumakan mbak
    yang paling favorit ya honje atau di daerah kami namanya rias atau kincung
    ditambahkan dalam gulai ikan atau gulai daun singkong, nikmatnyaaa

    kalau jantung pisang bisa dirujak mbak

    Like

  2. Yang sudah langka manggar yang sangat muda dan lunak diolah lodeh g pedas yang berasa agak manis. Okra bukankah dimasak bunganya? Bukankah Baby Corn itu juga belum jadi buah sudah dimasak? Bunga bayam pun bisa diikutkan dimasak. Ada bunga sawi/caisim, zucchini. Kalau hanya sekedar layak dikonsumsi sih banyak bu seperti gandasuli. Roro Fitria, Dewi Gita n mendiang Suzanna ngemil melati segar yang bisa dibuat teh juga. Krisan, chammomile, Rose – teh, Rosella – teh/minuman + pewarna, Zaffaron/Kuma-kuma (Crocus sativus) – bumbu, pewarna + parfum, Cengkeh (Syzigium aromaticum) – bumbu, Pekak\Kembang Lawang – bumbu, Telang – pewarna. Bulik saya minum jus dari melati, mawar, kenanga, n daun pandan wangi yang telah disaring biar BB harum.

    Like

    • Terimakasih masukannya Pak. Yang dusebutkan di atas banyak yg baru saya ketahui. Manggar itu apa ya Pak? Kalau Okra saya cm pernah makan buahnya saja. Rupanya bunganya jg bisa dimakan ya? Ya…jagung putren itu ya… .

      Like

      • Manggar itu bunga kelapa bu. Biasanya kalau ditebang ada cikal bakal bunganya. Diolah sekalian dg pelepahnya. Tapi memang tidak semua kelapa yg ditebang ada atau mungkin sekarang orang sudah tidak tertarik memasaknya. Bunga okra, kalau saya salah info mohon dimaaf …

        Like

      • Ooh… ya ya… bunga kelapa ya? Kalau di Bali itu berarti Manggar itu namanya Blayag.Bisa dimakan yang masih muda. Dibuat lawar Pak. Enak juga. Ya…sudah langka masakan itu.

        Like

Leave a comment