Marching Band SDN Batu Ampar 01 Pagi Berparade Di Bintaro.

Standard

Siang tadi saya melihat sebuah pertunjukan Marching Band kanak-kanak  di sebuah mall di Bintaro. Marching Band ini terdiri atas murid-murid SD Negeri Batu Ampar 01 Pagi. Sangat menarik dan tak kalah jika kita bandingkan dengan Marching Band orang dewasa.

 

Seperti umumnya,  Marching Band ini dipimpin oleh seorang field commander (gita pati) dan seorang mayorette. Tentu saja kedua pemimpin marching band ini terlihat sangat piawai memimpin laskar musiknya. Sang Gitapati sangat fasih memberi aba-aba dan sang mayorette sangat piawai memainkan tongkat komandonya yang juga memberi kode perintah atas setiap gerakannya. Mereka juga tampak sangat percaya diri dalam memimpin pasukannya.

Di barisan depan, tampak gadis-gadis kecil berseragam merah dengan bendera lebar di tangannya. Masing-masing sibuk menggerakkan gagang benderanya ke kiri dan ke kanan, maupun dengan gerakan memutar. Benderanya sendiri terlihat seperti kipas raksasa berwarna merah-putih-coklat-putih-krem bergerak di udara.

 

Di belakang barisan bendera, tampak barisan anak laki-laki yang berbadan tinggi-tinggi  dengan drum tenor dan multi tenor di  pinggangnya.

Barisan ini rupanya sangat piawai memainkan alat musiknya.

Berikutnya  saya melihat barisan drum bass  yang juga terlihat sangat yakin dan percaya diri akan kemampuannya.

 

Di belakang  barisan drum bass  menyusul sebaris pemain simbal

 

Dan  dibelakangnya lagi sekitar 5 baris pemain pianika menutup keseluruhan pasukan.

 Sementara di sebuah pojok, saya juga melihat dua orang anak perempuan memainkan alat perkusi lainnya.

Marching band ini melakukan parade di dalam lobby mall, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan di samping dan di depan pintu masuk mall.

Selain karena kepiawaian anak-anak SD ini, hal lain yang membuat saya terkesan adalah keterlibatan dan perhatian guru pendampingnya yang luar biasa telaten kepada anak didiknya. Mereka adalah Ibu Dewi dan Ibu Soraya. Sangat sibuk melakukan persiapan dan aba-aba kepada muridnya. Membantu murid yang mengalami kesulitan dengan seragam maupun alat musiknya. Memberi semangat dan memancing  agar setiap orang melakukannya dengan senyum.  Bahkan ketika acara sudah bubar, saya lihat dari balik jendela ibu guru ini bahkan sibuk mengumpulkan dan mau mengangkat alat-alat perlengkapan yang berat itu. Sungguh Ibu guru yang sangat baik, sayang  dan bertanggungjawab pada anak didiknya.

 

Saya sempat berbicara dengan mereka dan  mendapatkan cerita bahwa Marching band SDN Batu Ampar 01 pagi ini baru berumur satu tahun. Namun sudah sempat menduduki peringkat dua dalam sebuah lomba marching band sebelumnya.  Dan sudah melakukan pertunjukan di beberapa tempat pada akhir pekan sebelumnya.  Aktifitas seperti ini bukan saja menambah kemampuan anak-anak dalam bermain musik, namun juga sekaligus memberikan latihan akan kedisiplinan, semangat kebersamaan, pembakaran semangat dan pembangunan kepercayaan diri yang tinggi. Yang mana semua itu kelak akan sangat berguna bagi masa depan anak-anak itu.  Siapa orang tua yang tidak bahagia jika putra-putrinya ditangani dengan sangat baik di sekolah.

SD kami  letaknya di kampung, Bu. Di daerah Condet” kata Ibu Dewi menjelaskan kepada saya.

Bukanlah lokasi yang menentukan kualitas sebuah perguruan, namun semangat dan perhatian para guru dalam meningkatkan kemampuan anak didik yang jauh lebih penting “ Kata saya sambil melambaikan tangan kepada kedua guru sekolah itu.

Semoga baik para guru, anak didiknya maupun keseluruhan SDN Batu Ampar 01 Pagi  selalu  sukses. Doa saya mengiringi…

21 responses »

  1. Marching band di mall. wah pasti suaranya akan mengelegar dan membikin riuh rendah. Tapi koq di mall ya shownya, kan gak bisa ada aksi lepar tongkatnya😕

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • ya, suaranya memang kenceng sekali. Tapi karena musiknya enak.. nggak apa-apalah Mas. Mayorette-nya kan masih kecil. Jadi setinggi-tingginya ngelempar tongkat nggak bakalan nyampai ke langit-langit malll yang memang tinggi banget.

  2. Banyak sekolah berTARAF internasional ternyata bergeser hanya sekedar sekolah berTARIF internasional. Kualitas pendidikan sama saja dengan sekolah di desa.

  3. andai saja semua guru seperti Ibu Dewi dan Ibu Soraya yang begitu telaten pada anak didiknya. saya yakin kita bisa bangkit dari keadaan seperti sekarang ini, bisa berubah ke arah yang lebih baik.

  4. Seragam marching band-nya bagus banget, mbak Made…dan saya bisa membayangkan betapa bagusnya mereka saat berparade memainkan alat musik yang ada di marching band ini.
    Sukses buat SD Negeri Batu Ampar 01 Pagi!

  5. Selalu kagum dengan marching band, bagaimana memadukan harmoni antar sekian banyak personil dengan piranti dan nada. anggotanya terltih memiliki kepekaan tuk saling menyelaraskan ya Jeng Ade. Salam

  6. Marching band anak-anak sangat menarik untuk dilihat. Semoga anak-anak harapan masa depan orang tua terus meningkat prestasinya. Sangat prihatin kalau sekarang ini banyak anak remaja mulai marak lagi tawuran antar sekolah.

  7. Drum Band 01 Batu Ampar itu bagus<semoga jadi percontohan Drumb Band lainya
    semmoga tambah baik kedepannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s