Serangan Kutu Putih Pada Kembang Sepatu.

Standard

Serangan Kupu Putih 1Kutu putih!  Belakangan ini  gerombolan kutu putih kembali  menyerang tanaman-tanaman di halaman rumah saya. Serangga berwarna putih yang punggungnya mirip undur-undur namun berwarna putih ini menyerang tanaman kembang sepatu hingga bunganya pada menciut, cacat dan bentuknya tak menentu. Tidak ada lagi bunga kembang sepatu indah yang mekar sumringah menyambut pagi. Semuanya tampak malu-malu dan mengkeret seolah-olah kurang percaya diri untuk tampil.  Semua kepercyaan dirinya telah dirampas oleh kutu putih.

Kutu putih atau yang disebut juga dengan mealybugs  mengisap tanaman dengan cara yang sangat merusak. Sungguh kasihan saya melihat tanaman-tanaman itu.  Selain itu serangga ini juga rupanya vektor dari virus kuning yang menyebabkan kuning daun di usia muda.

Sebenarnya ini bukan serangan yang pertama kalinya. Beberapa tahun yang lalu, serangga ini pernah juga menyerang tanaman-tanaman saya dengan sangat ganas.  Yang menjadi korban saat  itu selainkembang sepatu juga tanaman frangipani, jatropha, hingga morning glory. Semuanya diserangnya  tanpa ampun. Saya coba basmi dengan menggunakan air sabun,namun ternyata kurang efektif.  Saya coba cara  manual,menyikatnya satu persatu , ternyata juga sangat tidak praktis dan memakan waktu. Hilang satu tumbuh seribu. Sangat susah dibasmi, karena saya juga tidak mau menggunakan diazinone maupun insektisida lain untuk membasmi hama tanaman itu. Selain khawatir akan kemananan anak saya – takutnya anak-anak bermain di sekitar tanaman, juga saya khawatir banyak burung dan serangga lain yang tak berdosa ikut kena musibah racun serangga ini. Setelah lama berpikir, akhirnya saya memutuskan untuk memangkasnya pada bagian yang terserang hama lalu membiarkan daun-daun barunya tumbuh kembali.  Dan ternyata, saya bisa memulihkan kesehatan tanaman-tanaman itu kembali tanpa perlu menggunakan pestisida. Namun semuanya memang butuh kesabaran.

Tahun ini saya mendapat kunjungan kembali dari gerombolan kutu putih ini.  Dan kemungkinan saya harus dengan tega memangkas tanaman-tanaman saya kembali.  Apa boleh buat!! Terkadang kita terpaksa harus memotong sebuah jari tangan kita yang membusuk untuk menyelamatkan empat jari lainnya yang masih sehat.

19 responses »

  1. Mba Andani, sudah coba dengan bawang putih?. Bawang putih di tumbuk halus lalu rendam air, kemudian saring dan berikan sedikit sabun cair pencuci piring kemudian semprot pada tanaman yg terkena hama.
    Resep satu lagi: rendam tembakau semalaman lalu saring dan airnya disemprotkan ke tanaman yg terkena hama. Kalau saya sih minta rokoknya mertua utk ambil tembakaunya, krn kalau beli 1 bungkus rokok mahal sekali rp.60rb disini😀 .

  2. ini yang biasa menyerang tanaman lain juga kan mbak ?
    tanaman singkong & bunga mawar di rumah saya sering kena kutu berwarna putih seperti ini, apa sama ?
    Memang sih, akhirnya saya pangkas sedikit pohon2 itu, daripada menyemprot pestisida.

  3. Sama jeng dengan air sabun untuk melarutkan lilinnya, sehingga secara fisik akan mati oleh panas matahari. kalau dipadu dengan insektisida nabati pernah dicobakah?
    Cara ekologis dengan memotong sementara rantai pangannya dan tumbuh tunas baru bebas serangan. salam

  4. biasanya saya juga makai air sabun colek yang saya semprotkan dan biasanya nggak berapa lama bersih dari kutu putih. Kalo dibiarkan biasanya tanaman akan ‘sakit’ terganggu pertumbuhannya, bunga rusak juga tangkai daun

  5. Memang kutu putih ini sangat menjengkelkan. Tahun lalu sanseviera ku juga sempat porak poranda gara-gara keserang kutu putih ini. Semprotan air sabun yang katanya manjur untuk menghalau serangan kutu jenis ini sudah gak mempan lagi karena sudah terlalu banyak kutunya. Akhirnya aku lakukan seperti yang Mbak Made lakukan juga, potongyang sakit untuk menyelamatkan yang belum sakit atau yang tidak terlalu parah.

  6. Tanaman kembang sepatu saya jg mengalami hal yg sama, byk kutu putihnya, mana lg byk calon bunganya. sd saat ini blm saya ksh obat apa2 utk tanaman tsb. Kt kaka saya dikasih air sabun, tmn ktr blg ksh aja tembakau diatas media tanamnya.

  7. Saat ini Aku pun mengalami hal yg sama, kembang do’a yg ada di Rumah kena serangan kutu putih sehingga daunnya mulai menguning satu persatu. Aku takut memakai teknik memangkas. Karen daunnya cuma ada 6 lembar dan semua daunnya terdapat kutu putih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s