Annual Report 2013.

Standard

Ini sebenarnya postingan sudah basi banget. Tadinya saya pikir tidak akan mereleasenya karena kepalang  telat.  Tapi kemudian saya pikir-pikir lagi, mungkin ada baiknya tetap saya release untuk merecord  proggress yang saya lakukan di dunia per-blog-an dari tahun ke tahun.

2013 reportDi tahun 2013 ini, kemampuan saya memposting rupanya turun banyak (-23%) dibandingkan dari di tahun 2012. tentunya terkait dengan kesibukan saya sehari-hari yang  menyita waktu lebih banyak. Namun yang cukupmenghibur, adalah jumlah kunjungan meningkat dengan cukup baik (+17%) dari 230 000 kunjungan tahun lalu, kin menjadi 270 000, sehingga membuat total kunjungan per 31 Dec’13 menjadi 582 306.

Jumlah pengunjung per hari terbanyak yang pernah saya dapatkan di tahun 2013 adalah 2 457 kunjungan dalam sehari. Sebagai informasi, rata-rata kunjungan ke blog saya dalam 3 bulan terakhir di tahun 2013  berkisar antara 1 000 – 1 200 per hari. Tentunya saya berharap jumlah kunjungan ke blog saya akan semakin meningkat di tahun 2014 ini.

Annual Report 2013-1

Wajah blog ini pun berubah dari waktu ke waktu. Demikian juga artikel yang disearch oleh pembaca. Namun saya perhatikan,postingan berkenaan masakan dan bunga,masih merupakan yang cukup banyak disearch pembaca.

Annual Report 2013-2

Yang menarik adalah banyak postingan lama ternyata tetap masih digemari pembaca di tahun 2013. Misalnya  Lyric lagu Jangi Janger yang saya posting di bulan December 2010 saat blog ini baru dimulai, masih mampu bertahan di ranking 4.  Lalu tulisan saya mengenai kisah Isah, pembantu rumah tangga yang telah mengajarkan artinya sebuah keikhlasan pada saya berada di ranking 1. Tulisan ini padahal saya post-kan pada bulan April 2011.  Demikian juga dengan Resep masakan Tumis Jnatung Pisang yang saya postkan 4 bulannya kemudian. Hingga saat ini masih bertahan di peringkat ke 2.

Melihat ringkasan dari tulisan-tulisan yang menadapatkan posisi Top 5 di atas, sangat jelas bahwa untuk mendapatkan tingkat kunjungan yang tinggi, kita perlu memperhatikan konten dari tulisan kita. Tidak ada kesuksesan murni  yang bisa dicapai secara instant. Semuanya butuh usaha dan strategy.  Demikian juga dengan tulisan. Jika tulisan kita ingin mendapatkan banyak pembaca, tentunya kita harus mempertimbangkan hal-hal yang mungkin menarik hati pembaca untuk melakukan search dan mampir keblog kita. Jika tidak demikian, tentu tulisan itu hanya akan menjadi pemuas hati kita sendiri saja tanpa ada orang lain yang merasa membutuhkan isinya.  Hingga saat ini, blog saya memuat banyak sekali tulisan-tulisan yang hanya memuaskan diri saya sendiri, yang tingkat searchingnya rendah dan hits-nya juga masih di bawah 100-an.  Walaupun ada juga sih sekitar 70-an  tulisan yang telah mencapai masing-masing ribuan hingga puluhan ribu hits.  ya itu, barangkali kembali lagi kepada kontennya.

Namun terlepas dari itu semua,saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada

– para pembaca setia tulisan-tulisan saya. Semoga apa yang saya tulis selalu berkenan dan ada gunanya.

– WordPress – Thanks a lot for helping me  in expressing my thought  through the writing – with your support.

– Juga terimakasih banyak buat teman-teman sesama penulis blog atas support dan persahabatannya. Walaupun saya belum sempat ikut kopdar (kecuali dengan Bu Prih), saya merasa sangat dekat dan serasa sudah bersahabat bertahun-tahun di dunia nyata. Mohon agar saya tetap diterima  sebagai sahabat seperti apa adanya.

Semoga kita semua menjadi lebih sukses ke depannya. Tetap menulis!

12 responses »

  1. Bagi saya, blog mba ini blog yg hebat. Bagaimana tidak, 1000 lebih kunjungan rata-rata perhari. Luar biasa.
    Selamat atas kesuksesan ini mba. Saya banyak belajar dari blog mba ini.
    Kurang dan lebihnya, mohon saya juga diterima sbg sahabat apa adanya…

  2. waaah ada reportnya… keren Mba Made pengunjungnya banyak benar nich… tapi wajar sich tulisan Mba Made asyik dan menyengakan dibaca dan juga dipadu dengan foto2 yang menarik🙂

  3. Menikmati statistik blog pendorong semangat, selamat terus berkarya Jeng. Kenangan perjalanan bersama di keraton Solo sungguh sangat berkesan Jeng, semoga terulang lagi dan lagi. Salam hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s