Lappet Moth, Si Ngengat Kuning Yang Cerah Ceria.

Standard

Ngengat Kuning 4Ketika pulang dari bermain-main bersama anak saya  di danau Cipondoh, saya melihat ada sesuatu yang menarik di balik daun bunga Iris Kuning yang tumbuh di tepi danau itu.  Warnanya kuning cemerlang, membuatnya sangat mencolok mata dibandingkan lingkungan sekitarnya yang berwarna hijau. Sayapun mendekat dan takjub.

Seekor ngengat!. Dan warnanya kuning. Saya belum pernah melihat sebelumnya.  Jadi saya harus ngubek-ubek mencari referensi – apa nama ngengat ini? Ulatnya seperti apa tampangnya ya?

Saya menemukan sebuah gambar referensi di dunia maya, lalu saya telusuri kembali ke situs-situs lainnya akhirnya saya tahu  bahwa ngengat ini bernama Lappet Moth betina (Trabala vishnou).  Hah? Aneh tampangnya. Aneh juga namanya.  Sayapnya berwarna kuning terang. Pada sayap belakang terdapat gambar berwarna pink  bergaris merah yang mirip gambar orang sedang membawa pentungan. lalu di bawahnya ada bintuk-bintik hitam kemerahan yang mirip jejak kaki orang di sayap itu.

Lalu pada sayap depannya juga ada bintik-bintik yang serupa.  Tapi secara keseluruhan ngengat ini tampak cantik dan ceria. Seprti halnya ngengat yang lain, antenanya lebar dan berbulu – beda dengan kupu-kupu.

Ulatnya rupanya juga berwarna kuning bergaris-garsi hitam dengan bulu yang banyak. Menurut referensi yang saya baca,ngengat ini sama sekali tidak makan dan minum pada tahapan hidup ngengatnya.Karena umurnya pendek. Cuma hidup untuk kawin, bertelor dan mati. Kegiatan makan dan minumnya dilakukan pada tahapan kehidupan sebelumnya (saat menjadi ulat). Menarik juga ya.

15 responses »

  1. Wah rupanya sama seperti kupu gajah yang sebetulnya masuk dalam kategori ngengat juga itu ya Mbak, hidup cuma sebentar cuma untuk bereproduksi dan kemudian mati.
    Aku pernah dapat info katanya golongan ngengat ini gak punya mulut jadi gak bisa makan. Gak tahu betul apa gak tuh info yang aku terima itu

  2. Pingback: In My Life | Kisahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s