Amethyst Si Kecubung Asihan

Gallery

Batu alam transparent dengan warna ungu atau lembayung ini memiliki keindahan yang sangat memukau, baik itu jika digunakan sebagai perhiasan maupun dalam bentuk alaminya. Di Indonesia terkenal dengan sebutan Kecubung atau Kecubung Kasihan/Kecubung Asihan. Tergolong ke dalam Crystaline Quartz, secara tradisional batu alam ini sejak dulu dipercaya sebagai natural tranquilizer. Konon dapat melindungi pemakainya dari energy negative dari lingkungan sekitarnya, untuk menyelamatkan dari bahaya mabok (konon dari sinilah batu ini mendapatkan namanya ; Amethistos = penjaga mabok (Bhs Yunani) , dan untuk menenangkan diri dari stress.

Amethyst banyak diemukan di berbagai belahan dunia, mulai dari Brazilia, Russia, Canada, Sri Lanka, India, Uruguay, Madgascar, Amerika, Jerman, Australia, hingga Namibia dan Zambia. Di Indonesia sendiri Amethyst atau Kecubung yang indah ini banyak ditemukan di Kalimantan. Umumnya diasah untuk perhiasan dalam bentuk persegi panjang (baguette), bulat (beads) setengah lingkaran (cabochon) maupun bentuk asah lainnya.

Amethyst memiliki tingkat kekerasan 7,masih termasuk keras dibandingkan batu-batu lainnya, walaupun tidak sekeras intan, mirah, safir atau jamrud.

8 responses »

  1. Pingback: Permata Baiduri Bulan, Seteduh Sinar Rembulan. « nimadesriandani

  2. Pingback: Opal, Sang Batu Permata Kalimaya. « nimadesriandani

  3. kira2 untuk kecubung kisaran harga’y brapa sampe brapa iah?? Aq pgn jdiin mas kawin wt nikahan.
    And ada tips gag bwt orang2 awam batuan sperti aq, biar bsa bedain batuan asli ma aspal?? Makasih..

    Like

    • Seingat saya batu permata ini tidak terlalau mahal Mbak Sylvee. Bisadidapatkan denga mudah di toko-toko emas.
      Salah satu cara untuk membedakan batu permata kecubung yang asli dan palsu, bisa kita lihat dari urat di dalam batunya.Batu permata alam yang asli,semulus-mulusnya biasanya akan telihat retakan/guratan. sedangkan yang masakan, akan mulus tanpa guratan.

      Like

Leave a comment