Bunga Untuk Ibu Guru…

Standard

Menemani Anak Membuat Prakarya.

Sungguh merupakan saat yang menyenangkan ketika punya waktu untuk menemani anak kita membuat prakarya. Pertama karena saya percaya bahwa latihan membuat prakarya – apapun bentuknya – akan membantu anak untuk berpikir lebih kreatif. Anak akan lebih terlatih untuk mengimajinasikan sebuah objek dalam pikirannya lalu berusaha untuk membuatnya menjadi nyata sehingga orang lain bisa ikut menikmati indahnya alam pikirannya. Kedua, membuat prakarya juga melatih motorik anak dengan sendirinya. Anak menjadi lebih cekatan, gesit,trampil dan teliti. Ketiga, karena saya juga berpikir bahwa paparan terhadap aneka warna bahan-bahan prakarya juga memberikan dampak yang sangat positive terhadap perkembangan mental dan mood anak.

Oleh karena alasan-alasan tersebutlah saya sangat suka menemani anak saya membuat prakarya. Dan walaupun anak saya laki-laki, namun saya tak pernah membatasi pekerjaan prakarya hanya pada jenis-jenis yang dikaitkan masyarakat hanya khusus untuk gender pria saja.  Saya selalu meminta anak saya untuk mencoba membuat apa saja yang ada di dalam pikirannya tanpa harus dibebani oleh kriteria yang ditetapkan umum. Apa saja boleh, sepanjang tidak melanggar hukum dan kemanusiaan. Toh suatu saat ia akan bisa menetapkan sendiri pilihannya dan memahami baik buruknya.

Kali ini saya menemani anak saya membuat bunga sedap malam dari kertas krep (kertas jagung) untuk dibawa ke sekolah. Bahan-bahannya sangat mudah didapat yakni kertas krep warna-warni (hijau,merah,biru, kuning, putih dsb), kapas, benang, lem, gunting, lidi.

Cantik. Dan sangat menarik!. Kenapa tidak kita coba di rumah?

 

Leave a Reply

