Black Wild Pea Flowers, Bunga Hitam Si Kacang Ucu Liar..

Standard
Black  Wild Pea Flowers, Bunga Hitam Si Kacang Ucu Liar..

Ketika membayangkan sekuntum bunga, maka warna yang langsung berkelebat di pikiran kita adalah pink,merah,ungu, biru, kuning, jingga atau putih. Sulit sekali jika kita disuruh membayangkan sebuah bunga yang berwarna diluar itu. Bunga hitam? Mana ada bunga hidup yang benar-benar berwarna hitam? Kalaupun ada, barangkali itu adalah hasil hybrida yang dipaksakan, misalnya pada bunga anggrek dan bunga mawar. Terkadang kita lihat ada juga yang berwarna merah tua sangat gelap sehingga nyaris kehitaman.  Tetapi menemukan bunga asli alami yang berwarna hitam?

Mungkin ada yang tak percaya. Tapi itulah yang ada di depan mata saya, ketika suatu hari saya berjalan di tepi pantai dekat pebuhan kapal Benoa,di Bali. Bunga-bunga indah berbentuk kupu-kupu kecil berwarna  hitam keluar dari sulur-sulur tanaman Kacang Ucu  (Macroptilium atropurpureum). Meliuk dan menari-nari dibuai angin laut. Tanaman ini disebut Kacang Ucu dalam bahasa Balinya. Buahnya mirip kacang panjang, namun ukurannya pendek dan kecil. Juga serupa dengan buah kacang ijo, namun pohonnya lebih merambat. Sebenarnya bisa dimakan, namun karena ukurannya kecil, maka jarang orang membudidayakannya. Namun bagaimanapun juga, bunga Kacang Ucu liar ini tampak cantik dan unik, karena sangat jarang bisa kita temukan natural.

Jika seorang wanita menerima sekuntum mawar merah dari kekasihnya, maka ia akan mengerti pesan cinta abadi yang ingin disampaikan kekasihnya itu. Red Rose stands for Love and Romance!. Ada nggak ya  pria yang memberikan kekasihnya sekuntum bunga Kacang Ucu hitam di hari Valentine?

13 responses »

  1. Seperti kata saya mbok..saya ngak pernah ngasi mawar, bahkan bunga lain juga ngak pernah, hanya mengibarkan dia melati aja, dan keseringan ngasi rayuan2 gombal dan lebay heeeeee tapi ternyata ampuh juga untuk membikin melati selalu buatin STMJ heee

    Bunganya cukup bagus mbok yach…bunga liar lagi…itu pasti karena keindahan hati mbok made untuk melihatnya jadi ia bisa nampang di sini kan?

  2. mungkin belum bnyak orang mengetahuinya mbak,, dan bunga itu sepertinya kecil2 ya,,? jadi kalau ngasi ke cewek harus di rangkai dulu yg banyak biar cantik, kalau cuma ngasih satu ntar di kira ngeledek lagi “masak kamu kasi aku rumput sih?” hehehe,,,,
    Yakin deh bagus kalau dirangkai,,,

  3. kacang ucu hitan… kata ucu itu mungkin ga made dari kata lucu..

    menurut saya kayaknya ga ada tuh made yang memberikan sekuntum bunga kacang ucu di hari valentine…

  4. Kalo ada yg memberikan aku mau nih bunga kacang ucu mb Dani. Hehe..namanya lucu. Ngomong2 aku jadi ingat Seeds Bank yg dibangun para ilmuwan di bawah lapisan es di Switzerland (kalo gak salah) kalo mereka tahu kacang ucu ini, pasti disimpan deh, utk jaga2 sbg sumber makanan umat manusia, jika sesuatu terjadi pd bumi kita kelak

  5. Pingback: Bunga Merah Kacang Ucu Liar Dari Sumatera Barat. | nimadesriandani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s