Delicious Ugly Mushroom.

Standard

Saya membeli sebungkus jamur Shiitake di pasar. Menggorengnya dengan tepung dan menyajikannya untuk camilan buat anak-anak saya. Untuk teman minum teh. Melihat camilan itu terhidang  di atas meja, anak saya bertanya ”Apa itu ,ma?” tanyanya heran. “Jamur Shiitake Goreng Tepung” Kata saya.  Seketika berkomentar “ Yaiks!!! Ugly mushroom!!!” katanya menolak. Tentu saja saya kecewa. Tapi tak mau menyerah. Saya lalu membujuknya untuk mencoba dulu, sebelum mengatakan tidak suka.  Karena jamur ini sesungguhnya enak. Tapi anak saya tidak suka tampangnya. Coklat, kehitaman dan memang agak buruk rupa.

Akhirnya saya mengatakan kepada mereka, bahwa betapa ruginya kita jika menolak untuk mencoba melakukan sesuatu yang mungkin akan memberikan kita pengalaman  yang menyenangkan. Selain itu saya juga menjelaskan kepada anak-anak saya manfaat jamur untuk kesehatan kita. Jamur yang kaya akan glycogen dan berbagai komponen serta mineral ini memiliki benefits yang cukup banyak,antara lain untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, membantu mencegah peningkatan kadar cholesterol darah sehingga normal kembali, membantu mencegah kanker,mencegah pengerasan pembuluh darah  dan sebagainya. Saking banyaknya benefits yang kita dapatkan dari mengkonsumsi jamur ini, sehingga sering juga  Jamur Shiitake ini disebut sebagai Jamur Panjang  Umur.

 Dengan ragu-ragu anak saya yang besar mencicipi sedikit. Barangkali karena ia tertarik akan segala informasi yang berkaitan dengan kedokteran dan kesehatan. Atau barangkali karena ia  tidak mau mengecewakan ibunya yang sudah bersusah susah memasak untuknya. Saya memperhatikan reaksinya. “ hmm.. enaak!” katanya menyetujui dan melanjutkan gigitan berikutnya. “Jadi?” Tanya saya  menggodanya. “Hmmm..delicious….ugly mushroom!!” kata anak saya sambil mengambil potongan berikutnya dari piring. Saya tertawa mendengar istilahnya.  Saya pikir ia selalu menemukan kata-kata yang menarik dan inspiratif.

Melihat  itu, adiknya pun mulai ikut mengambil sepotong jamur dari piring. Satu per satu, akhirnya jamur goreng yang buruk rupa  itupun ludes oleh anak-anak saya.

Delicious Ugly Mushroom alias Jamur Shiitake Goreng ini memang enak dan gurih. Barangkali ada yang mau resepnya :

1/.  Cuci bersih Jamur shiitake (hioko),lalu  disuwir-suwir dengan tangan. Sisihkan.

2/. Ulek bawang putih, garam dan sedikit merica sampai halus.

3/. Masukkan bumbu ke dalam mangkok, tambahkan telor, tepung maizena dan tepung terigu. Tambahkan sedikit air es. Lalu campur rata.

4/. Masukkan Jamur shiitake ke dalam adonan.

5/. Panaskan wajan.Goreng adonan jamur sesendok demi sesendok. Goreng hingga permukaannya menguning.

6/ Hidangkan di atas piring saji.

Delicious Ugly Mushroom – Ala Jineng Bali pun siap untuk disajikan bersama keluarga. Baik  bagi yang menikmati waktu minum teh sore, maupun yang akan berbuka puasa.

12 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s