Maldivian Art : Sea Inspirations.

Standard

Saya selalu senang melihat-lihat lukisan. Lukisan bagi saya adalah ekspresi alam imajinatif sang seniman yang ditransfer ke dunia nyata sehingga bisa ditangkap oleh orang lain. Kemanapun saya pergi, mata saya seolah selalu terhipnotis oleh pesonanya. Begitu juga ketika saya berada di Maldives. Begitu memasuki sebuah artshop, maka mata saya lagsung terpaku pada berbagai lukisan yang tergantung di dinding. Saya senang melihat gaya lukisan yang berbeda-beda dari satu seniman ke seniman lainnya. Dari satu tempat ke tempat lainnya.Dari satu gaya lukisan ke gaya lukisan lainnya. Semuanya terasa memperkaya pengalaman bathin saya.

Sea Inspirations

Di Maldives, laut adalah kehidupan. Laut adalah impian, khayalan dan inspirasi. Maka lautpun mengisi penuh relung-relung pikiran dan imajinasi para senimannya.  Dan ketika saya menyadari keterbatasan saya untuk mengekplorasi alam bawah laut  Maldives, para seniman ini seolah mengajak saya ikut menyelam bersamanya. Terus terang ketika melihat-lihat lukisan ini, saya bukan saja merasakan keindahan yang mengalir, namun sisi “sadar” saya juga mengajak saya untuk ikut menyimak apa-apa saja jenis biota laut yang disajikan keberadaannya lewat kanvas ini.

Memberikan kesadaran yang lebih kuat, bahwa di bawah sana, di bawah riak air dan gelombang laguna yang membiru, terdapat sebuah dunia yang indah. Dimana hanya orang-orang yang berani dan berpasrah diri berkawan dengan laut, yang  mendapatkan kesempatan menyaksikannya secara langsung.

10 responses »

  1. Lukisan lautnya bagus banget mbak. Seperti yang saya lihat di screensaver di windows xp jaman dulu. *eh
    Tapi corak lukisan laut-nya dari komposisi kok sepertinya agak berbeda ya dengan corak lukisannya orang Indonesia.

Leave a Reply

