Resep Ayam Tomat Cabe Kering Ala Jineng Bali.

Standard
Resep Ayam Tomat Cabe Kering Ala Jineng Bali.

Sore tadi, saat akan menyiapkan makan malam untuk suami dan anak-anak,  saya melihat ada  persediaan cabe kering. Seketika saya terpikir untuk memasak Ayam Tomat Cabe Kering. Barangkali ada yang mau resepnya?

Bahan utama yang diperlukan adalah beberapa potong daging ayam. Takaran bumbu sebenarnya suka-suka. Bisa ditambahkan atau dikurangi  sesuai selera keluarga kita. Tapi untuk memudahkan saya sebutkan saja, 3 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah tomat sedang, 5-6 buah cabe kering, kecap asin dan kecap manis secukupnya. Serta minyak goreng untuk menumis.

Cara membuatnya cukup mudah.

1/.Pertama bersihkan dan potong-potong daging ayam.

2/. Goreng hingga dagingnya sedikit agak kekuningan. Angkat dan tiriskan daging ayam goreng.

3/. Iris bawang merah, bawang puti dan  tomat.

4/. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga berbau harum. Lalu masukkan irisan tomat. Aduk dan biarkan hingga tomat hancur dan halus bercampur dengan bawang merah dan bawang putih.

5/. Masukkan  cabe kering dan daging ayam goreng.

6/. Tambahkan kecap asin dan kecap manis secukupnya. Aduk hingga bumbu merata.

7/. Biarkan bumbu meresap sebentar. Lalu angkat dan hidangkan di atas piring.

Hhmm..yummy!. Anak-anak dan suami pasti semangat makan.

44 responses »

    • Jineng itu = Lumbung padi, Mbak Evi. Biasanya terbuat dari kayu dengan atap alang-alang. Beberapa tahun yg lalu, adikku yg nomer empat (kebetulan Arsitek) membuatkan aku Jineng knock-down di Bali dan mengirimkannya ke Jakarta. Dalam semalam Jineng itu langsung jadi. Karena nggak punya sawah, tempat padinya aku jadikan kamar tidur dan bagian bawahnya jadi tempat duduk-duduk dan ngobrol . Kebetulan aku suka banget makan bersama di bawah Jineng itu.
      Makanan Ala Jineng – Hehe..itu buat gaya-gaya an aja, biar kedengerannya kaya resep masakan dari restoran ternama he he he..

      https://nimadesriandani.wordpress.com/2010/12/11/jineng-rumah-kayu-beratap-ilalang/

  1. waduhh…kalo masakan yang ada cabe2nya spt ini aku sangat suka sekali mb Ni🙂
    apalagi bj-ku orang Padang, jadi dia gag ketinggalan tuh ama yang namanya pedes2…😀

    • Wah.. pasti jadi kangen ibu ya? Ya, kalau di Bali banyak ibu-ibu yang masak ayam cepat dengan cara ini. Soalnya kalau masak dengan cara lain jadi lebih repot he he he..
      Salam kenal Dokter Cahya. Terimakasih atas kunjungannya. BTW blognya sangat impressive!

  2. kayaknya bumbunya sama dengan yang biasa saya buat deh mbak… cuma saya tidak begitu suka pakai kecap manis. Kadang saya masukkan jahe sedikit. Kalau orang bali bukannya suka pakai kencur ya mbak?
    Haduuuh itu makan pake nasi panas mengepul pasti enak deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s