Mengundang Kupu-Kupu Datang Ke Halaman

Standard

Sejak kecil saya sangat menyukai kupu-kupu dan selalu berusaha mencari cara untuk mengundang berbagai jenis kupu-kupu datang ke halaman rumah saya. Tentunya cara yang paling mudah adalah dengan selalu mengamati jenis bunga-bungaan tempat kupu-kupu hinggap, tiap kali saya melihat kupu-kupu, entah itu di sekolah, kebun, taman, pinggir jalan maupun di alam bebas. Lama kelamaan saya bisa mengenali bunga jenis mana yang banyak didatangi kupu-kupu jenis apa. Pengetahuan ini kemudian saya aplikasikan pada halaman rumah saya. Saya menanam beberapa jenis tanaman bunga yang disukai kupu-kupu jenis besar, jenis sedang dan kupu-kupu kecil. Dengan melakukan penanaman jenis bunga-bungaan ini, mungkin tanpa kita sadari kita telah ikut membantu melestarikan keindahan alam yang ditebarkan oleh pesona sayap kupu-kupu ini. Di bawah ini adalah jenis tanaman yang menurut pengamatan saya selama beberapa bulan paling banyak didatangi kupu-kupu. Sebenarnya bunga-bunga yang lainpun dikunjungi kupu-kupu, namun tingkat kunjungannya saya perhatikan tidak sebanyak bunga-bunga yang saya kenal di bawah ini.

Kupu-Kupu Ukuran Besar dan Sedang.


Kupu-kupu yang saya masukkan ke dalam grup ini adalah Kupu-kupu yang berukuran besar yang memilki bentang sayap antara antara 5 – 8 cm , misalnya Kupu-Kupu Hitam (Great mormon), Kupu-kupu Delias besar dsb dan Kupu –kupu ukuran sedang yang memiliki bentang sayap antara  3.5 – 5 cm, misalnya Kupu kupu Buckeye dan Nymphalidae lainnya.

1. Bunga Pagoda (Clerodendron paniculata).

Bunga Pagoda atau umum juga disebut dengan bunga Senggugu atau Tumbak Raja, memiliki warna merah cerah yang sangat menarik perhatian. Bunganya banyak terdiri atas bunga kecil-kecil yang bersusun dan betumpuk menyusun bentuk Pagoda atau Stupa. Tanaman ini mudah mengundang kehadiran kupu-kupu jenis besar hingga sedang, antara lain dari jenis Papilio memnon (Great Mormon/kupu-kupu besar hitam), Kupu-kupu Delias (kupu –kupu ukuran sedang dengan warna belang putih, hitam, kuning dan merah), Kupu-Kupu Catopsilia yang berwarna kuning (Kupu kuning ukuran sedang).

2. Bunga Jarak Hias (Jatropha integerrima)

Bunga yang berwarna merah dan rapi ini, mudah ditemukan di tukang tanaman, namun banyak yang merupakan hasil sambungan dengan batang pohon jarak pagar biasa. Tanaman ini agak bergetah, namun sangat efektif untuk mengundang kehadiran kupu-kupu besar antara lain dari jenis Papilio memnon (Great Mormon), Kupu-kupu jeruk (Papilio demoleus), Kupu-kupu bintik hijau (Graphium Agamemnon), Kupu-kupu garis biru (Graphium sarpedon), Kupu-kupu Hypanis coklat (Euploea camaralzeman hypanis). Kupu-kupu yang datang mengunjungi bunga ini umumnya memiliki kecepatan kepak sayap yang tinggi, sehingga susah diikuti dengan mata telanjang.

Kupu Kupu Ukuran Sedang

Kupu-kupu yang saya masukkan ke dalam grup ini adalah Kupu-kupu yang berukuran sedang yang memiliki bentang sayap antara  3.5 – 5 cm.

3. Bunga Lanting  Landa (Lantana camara, Lantana hybrid).

Bunga yang aslinya tumbuh umum di alam liar ini, selain karena warnanya yang sumringah juga sangat efektif mengundang kedatangan kupu-kupu jika kita tanam di halaman rumah kita. Kupu-kupu yang menyukai tanaman ini adalah dari jenis Nymphalidae, misalnya Hypolimnas yang berukuran sedang berwarna hitam dengan empat bintik putih atau biru menyerupai vahaya lampu neon, atau yang tepi sayapnya mirip renda. Jenis kupu-kupu ini kebetulan sangat jinak dan mempunyai hobby membentangkan sayapnya yang indah untuk kita tonton. Jadi sangat mudah untuk mengambil gambarnya.

4. Pohon Jeruk Nipis, Jeruk Limau dan Jenis Jeruk lainnya.

Menanam pohon jeruk di halaman rumah, sangat memudahkan kita untuk mengundang  kupu-kupu jeruk (Lime Butterfly) datang ke rumah. Kupu-kupu ini datang khususnya untuk meletakkan telurnya di balik daun jeruk. Namun setidaknya kita akan bisa menikmati attraksinya yang menawan saat beterbangan rendah dan lambat di sekitar phon jeruk. Warna Kupu-kupu jeruk ini umumnya adalah bervariasi dari Broken White, Putih kekuningan, putih kehijauan, krem kecoklatan hingga coklat muda – semuanya dengan garis & bintik hitam yang menawan.

5. Bunga Ratna /Bunga Kenop (Gomphrena globosa)

Bunga Ratna yang berbentuk pentol berwarna lembayung juga merupakan bunga yang rajin dikunjungi berbagai kupu-kupu dari ukuran sedang dan kecil, misalnya kupu kupu Buckeye, kupu kupu kecil kuning dan putih.

6. Bunga Kertas (Zinnia).

Bunga Zinnia yang cerah dan berwarna warni sangat disukai berbagai jenis kupu-kupu ukuran sedang, mulai dari jenis kupu-kupu garis hijau, kupu kupu garis biru serta jenis Nymphalidae lainnya.

9. Bunga Pelung (Thunbergia grandifloris).

Bunga ini sangat umum di Bali, namun jarang saya temukan di daerah lain di Indonesia. Warnanya biru tua, dengan sedkit warna kuning di tengahnya. Bunga ini disukai oleh kupu-kupu jenis Nymphalidae yang berukuran sedang, termasuk di dalamnya adalah kupu-kupu Buckeye baik yang berwarna biru, ungu maupun coklat.

Kupu Kupu Ukuran  Kecil.

Kupu-kupu yang saya masukkan ke dalam grup ini adalah Kupu-kupu yang berukuran  kecil yang memiliki bentang sayap kurang dari 3. 5 cm dan terbang zig zag diantara bunga bunga dan dedaunan. Kebanyakan kupu-kupu ini berasal dari kelompok Lycaenidae dan Hesperidaea misalnya kupu-kupu kecil biru, putih maupun kuning.

7. Kembang Sepatu (hibiiscus)

Kembang Sepatu walaupun rata-rata memiliki ukuran yang besar, ternayta sangat digemari oleh kupu-kupu jenis kecil, misalnya yang dari golongan Hesperidae dan Nymphalidae ukuran kecil.

8. Bunga Kacapiring

Bunga kacapiring yang berwarna putih bersih dan wangi sangat disukai kupu-kupu kecil.

Related articles:

https://nimadesriandani.wordpress.com/2011/09/18/australian-painted-lady-kupu-kupu-putri-yang-rupawan/

23 responses »

  1. Mbak, aku suka sekali dengan kupu2 dan kebetulan lagi nyari info ttg kupu2 pohon jeruk. makasih banyak ya mbak. nanti pasti saya sering mampir kemari

    salam
    nandha

  2. Bagus banget, jadi dapat tambahan ilmu buat nambah tanaman dihalaman rumahku yang baru..biar seperti rumah orang tuaku dikampung (ketika aku masih SD), didatangi banyak kupu2 cantik, burung2 kecil, lebah2 penghisap madu. Abis suasana rumah2 dikota kebanyakan tamannya aja tertata rapi tapi tidak “hidup”. Terima kasih atas ilmunya Mbak..🙂

    • Yup! Setuju banget!. Saya juga kebetulan lebih menyukai halaman yang lebih alami dan ‘hidup’, ketimbang yang rapi banget tapi tak memberi sentuhan kehidupan selayaknya.
      Mudah-mudahan idenya mengundang kupu-kupu ke halaman berguna untuk membuat halaman menjadi lebih ‘hidup’ ya..

  3. Sama Mbak, saya juga lebih suka taman alami dan “hidup”. Alhamdulillah, satu pohoh jeruk, alpukat, serumpun bunga mawar pink (mawar kuning,merah,putih mati tidak terawat ketika pergi keluar kota) sebaris lili kuning sebagai pagar hidup, bougenville, tapak dara, dll sudah mulai mekar dan hidup dihalaman rumah. En kupu2 dan burung2 kecil sudah mulai muncul pada pagi hari atau sehabis hujan. Herannya burung2 kecil yang dulu sering ada dihutan waktu dikampung yang tak pernah diliat dikota, eh tiba2 muncul entah dari mana.

    • Wah.. menyenangkan banget ya melihat kupu-kupu dan burung burung pada singgah. Mungkin burung-burung tertarik datang untuk mengambil apa yang tersedia di halaman. Jenis burung kecil pengumpul nektar sering saya lihat datang ke halaman rumah jika sedang banyak bunga yang mekar. Apalagi kalau kita menanam pohon kersen (cherry). Pasti banyak burung yang datang. Selain burung pengumpul nektar, burung burung pemakan ulat dan serangga -misalnya Cinenen (kecinglar) juga pasti datang dan ribut berpindah pindah diantara tanaman hias. Belum lagi burung gereja. Dulu saya pernah meletakkan tiang makan untuk burung yang saya isi dengan biji-bijian atau terkadang nasi untuk mengundang burung burung datang. wah.. sukses. Ramai banget burung yang datang. Sayang, setelah tiang itu karatan terpaksa saya buang. Belum bikin lagi sampai sekarang. Mungkin ide bagus juga kalau kita sediakan rumah burung di pohon pohon penaung. Siapa tahu mau tinggal di situ dan bukan hanya sekedar singgah..

  4. Pingback: Bunga Jempiring, Putih Wangi Nan Anggun… « nimadesriandani

  5. Iya, sepertinya burung2 itu mampir mengambil apa yang tersedia dihalaman. Kalo burung gereja gak usah ditanya dari sebelum ada taman mereka sudah sering muncul..hehehe
    Burung cinenen yang kecil tapi ekornya panjang tegak itu ya Mbak? Hahaha, emang tu ribut banget suaranya, sampai memancing kucing dari dalam rumah untuk ikut berburu ditaman.
    Kalo pohon cherry dibelakang rumah udah tumbang ketika ada badai, memang benar tu pohon banyak memancing macam2 burung. Ide untuk bikin rumah burung diatas pohon oke juga tu Mbak..,wah malah makin mengingat kepada masa kecil ni ketika membuat rumah pohon, yang kemudian banyak ditinggali burung2 en tupai..hehehe

    • Ya benar, Pak Lukman. Itu burung kecl yang sangat ribut dan tajam suaranya, memiliki ekor panjang dan tegak, terus warnanya secara keseluruhan hijau dengan mahkota kepalanya kemerah-merahan. Sementara warna perutnya putih dengan sapuan kuning yang jelas. Hobbynya berloncat-loncatan di tanaman yang menyemak mencari serangga dan ulat. Itu burung yang sangat menarik anak-anak untuk mengejar & menangkapnya, tapi…..tak pernah berhasil.. he he he.

  6. Pingback: Australian Painted Lady, Kupu-Kupu Putri Yang Rupawan. « nimadesriandani

  7. Pingback: » Monday links

  8. Sedih Mbak.., pas lagi pindah kerja keluar daerah. Halaman rumahku dipake pesta pernikahan adikku, semua bunga-bunga dan tanaman ditebang…(tinggal alpukat dan sebaris lily kuning), mawar, jeruk tak ada sisa lagi. Tapi sekarang belum bisa kembali untuk membuat seperti dulu😥

  9. sangat menarik,saya juga menanam bunga yg disenangi kupu di pekarangan rumah. kupu2 datang dan pergi.saat ini saya juga memulai membuat taman kupu pd lahan lk 20 ha di kukar di suatu desa. nama taman kupunya ” Taman Kupu Gema Khatulistiwa ” Letaknya berdekatan dg garis khatulistiwa. Lahan yg yang sudah dibersihkan unutuk keperluan penanaman bunga dan pohon inang lk 2.

  10. Selamat pagi🙂
    Saya Clara dari Manado.
    Senang sekali bisa baca tulisan ini, tulisan ini sangat membantu saya. Terimakasih untuk tulisannya.
    Sekarang saya sedang mencari kepompong dan kupu-kupu untuk sebuah proyek sederhana.
    Saya mau bertanya, apakah kupu-kupu yang datang dan hinggap di bunga-bunga yang Anda tanam juga bertelur disana? dan apakah Anda pernah menemukan kepompong di bunga-bunga yang Anda tanam?

  11. terimakasih ya identifikasi bunganya, akan saya coba…ingin membudidayakan kupu-kupu…saya baru tahu satu pohon yang disukai kupu-kupu untuk bertelur …daun ungu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s