My Roses. My Roses.

Standard

“ I wanna lay you down in a bed of roses

For tonight I’ll sleep on a bed of nails

I wanna be just as close as your Holy Ghost is

And lay you down on a bed of roses…..”

Sepenggal lagu dari Bon Jovi itu menyebut bunga mawar.

Siapa yang tidak menyukai bunga mawar?  Bunga yang sangat popular ini selalu menjadi daya tarik tiap halaman rumah.  Sejak kecil saya menyukai bunga mawar, walaupun bisa dibilang tidak selalu sukses berhasil memelihara tanaman ini. Namun demikian, ketika saya membeongkar-bongkar foto foto koleksi saya, barulah saya sadari rupanya banyak juga bunga mawar yang pernah berhasil mekar di halaman rumah saya. Sayang, saya tak tahu persis nama setiap variantnya.

Ini adalah sebagian dari koleksi bunga mawar yang pernah ada di halaman rumah saya.

Menanam bunga mawar di Jakarta, gampang gampang susah  mengingat kebanyakan jenis mawar hidupnya lebih mdah di daerah dingin. namun beberapa jenis mawar sebenarnya masih bisa bertahan hidup di tempat yang panas juga.

Mawar telah dipergunakan untuk menyemarakkan perayaan perayaan penting dalam kehidupan manusia. Beratus ratus puisi dan lagu juga telah diciptakan untuk memuja kecantikan bunga ini. Jenisnya bermacam macam. Ada yang kuntumnya berukuran besar, sedang, kecil dan bahkan sangat mini. Ada yang hanya selapis,  semi double, beberapa lapis hinggabergumpal saking tebalnya lapisan mahkotanya. Warna juga tak kalah banyaknya. Berbagai gradasi merah, jingga, kuning, pink, ungu, putih  bahkan hijau. Ada yang merambat, ada yang pemanjat, ada yang berpohon. Ada pula yang kerdil. dan yang menarik, sebagian mawar mawar ini ada yang berbunga sangat harum elegant, walaupun sebagian lagi ada yang tidak  wangi sama sekali.

Mawar selalu tampil menarik, baik jika ditempatkan di dalam untuk menghiasi ruangan, maupun jika dibiarkan di pohonnya untuk menghiasi halaman.

Leave a Reply

