Cosmos.. Bunga Kenikir Yang Mencerahkan Hari

Standard

Kenikir. Siapa yang tak kenal tanaman Kenikir?  Kenikir atau  Cosmos (Cosmos Sulphureus – merujuk pada Kenikir Kuning) atau di Bali tanaman ini disebut dengan Mitir Jawa (tak jelas, siapa yang pertama kali datang membawa tanaman ini dari Jawa), adalah tanaman yang umum dipelihara di pekarangan rumah baik untuk dinikmati bunganya, maupun untuk dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran (biasanya untuk sayur urap). Tanaman ini berumur hanya beberapa bulan. Tumbuh dengan cukup cepat, berbunga, berbiji lalu tua dan mati. Jadi yang perlu kita lakukan adalah memanen dengan segera biji-bijinya yang telah matang ( berwana hitam dan berbentuk jarum tidak tajam) sebelum tanaman yang tua kita cabut dan buang.

Bijinya sangat mudah tumbuh. Cukup ditebar di tanah yang kira-kira kosong, lalu beberapa saat akan muncul anakan baru. Memeliharanya pun sangat mudah. Asal kena sinar matahari dan cukup air, pasti tumbuh. Tentunya dengan pemupukan akan membuatnya semakin subur dan sehat.  Saking mudahnya, tak heran jika kitapun umum menemukan tanaman ini tumbuh di pinggir jalan atau di lahan kosong maupun padang rumput yang tak terpelihara. Dimanapun ia tumbuh, tetap saja memamerkan kesumringahannya yang tak pernah hilang.

Alasan inilah yang membuat saya juga menyukai tanaman ini. Bisa kita manfaatkan untuk mengisi kekosongan semusim, sebagai selingan saat tanaman-tanaman lain (spt Zinnia, dsb  belum berbunga kembali). Saya menyukai halaman rumah yang penuh bunga, karena bunga dengan warna dan aromanya menurut saya selalu berhasil memberikan therapy  lewat penglihatan  &  penciuman yang mendamaikan  & menyeimbangkan jiwa yang penat. Kosmos, atau kenikir yang berwarna kuning dan jingga, memberikan kebahagian, membangkitkan semangat dan perasaan yang cerah yang menstimulasi keinginan kita untuk melakukan aktifitas dengan lebih semangat dan dengan senang hati. Penanaman di halaman depan rumah, sangatlah  sesuai – mengingat bahwa sinar matahari yang penuh umumnya di dapatkan di halaman depan rumah, serta apa salahnya membuat orang lain yang berlalu lalang di depan rumah kita juga ikut melihat bunga kita dan ikut merasakan senang dan cerah untuk memulai harinya?

Di luar warna kuning dan jingga, sebenarnya warna bunga kosmos/kenikir lain yang sering juga kita jumpai adalah warna ungu, namun ukurannya umumnya lebih kecil. Selain itu kadang-kadang bisa juga kita temukan kosmos yang kelihatannya dari luar yang memiliki warna merah di tukang-tukang tanaman. Hanya saja untuk menyemaikan kembali biji-biji bunga kosmos import ini tidaklah semudah menyemaikan biji-biji kosmos kuning dan jingga yang telah lama tumbuh di alam Indonesia. Sehingga, jika kita membelinya dari tukang tanaman, seringkali kita harus balik kembali membeli, karena tak mampu menumbuhkan bijinya di rumah dengan baik.

7 responses »

  1. Pingback: Hydrangea, Si Bunga Pecah Seribu. « nimadesriandani

    • Yang disebut Kenikir Bangkok itu adalah kenikir yang berwana merah ( merah tua, merah, pink kuat) dan berwarna putih. Fisiknya serupa dengan Kenikir ungu yang umum kita temui di semak-semak di indonesia (Batangnya agak lebih kurus, dan tinggi dibanding kenikir Kuning/Orange dan daunnya juga lebih halus). Belakangan cukup banyak beredar di Indonesia, tapi sifatnya musiman. Daya tahannya rendah.
      Mudah-mudahan membantu.

      • terimakasih infonya,….

        mau tanya lagi…

        berarti tidak sama dengan kenikir yg bunganya berwarna orange ???
        apakah sama dengan kenikir MARIGOLD??

        saya bingung, karena sebelumnya belum pernah tahu jenis2nya, padahal ada pesanan bibit kenikir bangkok dalam jumlah banyak dari Bali.

        mohon informasinya,,

        terimakasih

      • Pak Seto, sepengetahuan saya, yang umumnya disebut dengan Kenikir Bangkok itu memang bukan yang berwarna orange, Pak. Tapi yang berwarna merah atau putih. Terkadang saya lihat ada juga dipajang di tukang-tukang tanaman. Bentuk bunganya sama dengan Kenikir Orange dalam gambar di tulisan saya ini, hanya warnanya saja yang berbeda. Batangnya lebih kurus dan daunnya sedikit lebih halus. Tapi mirip sekali dengan variant yang berwarna kuning. Dulu saya pernah memilikinya, namun sayangnya saya tak berhasil membiakkannya dan sayangnya lagi saya lupa memotretnya. saya pikir mungkin ada baiknya bapak search gambar Cosmos flowers, dan kalau Pak Seto ketemu dengan bunga kenikir yang berwarna merah – nah itulah yang umumnya disebut sebagai Kenikir Bangkok- sepengetahuan saya.

        Kalau Kenikir Marigold beda lagi, Pak. Sebenarnya Marigold dan Cosmos itu 2 tanaman yang berbeda. Namun di Indonesia keduanya sama-sama disebut Kenikir. Itulah yang membuat bingung. Kebetulan pula, baik variant bunga Cosmos maupun bunga Marigold yang dominan ada di Indonesia itu adalah yang kuning dan orange, sehingga penyebutan nama Kenikir itupun menjadi semakin membingungkan. Kalau kebetulankita tinggal di Bali, agak sedikit lebih mudah. Karena Marigold biasanya disebut bunga Mitir, sedangkan Cosmos biasanya disebut dengan Mitir Jawa atau Kenikir. Cukup jelas.

        Sedikit info yang mungkin membantu, daun kenikir biasa juga disayur (urap) sedangkan daun marigold tidak.
        Kalau masih bingung, sebaiknya Bapak tanyakan kembali kepada yang memberi order, terutama karena Bapak bilang itu orderan dari Bali. hal ini penting, karena setahu saya orang Bali memanfaatkan bunga kenikir sbb:
        1. Untuk sembahyang/upacara keagamaan – biasanya yang dibutuhkan adalah Mitir atau Marigold yang Kuning/orange. Kebutuhan akan bunga ini sangat tinggi, terutama pada musim-musim upacara. Jenis French marigold (di Bali disebut sebagai Mitir Memedi ) yang merah tua/coklat /bercampur kekuningan biasanya tidak digunakan sebagai sarana upacara. French Marigold hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias belaka.

        2. Untuk tanaman hias: Bunga Kenikir (Mitir Jawa/ Cosmos), baik Kenikir Cosmos Lokal maupun Kenikir Bangkok umumnya hanya dihunakan sebagai tanaman hias. Jarang atau bahkan mungkin tidak pernah digunakan sebagai sarana upacara keagamaan.

        Barangkali kalau pak Seto tahu, untuk apa bibit itu kelak digunakan, penjelasan saya diatas mungkin bisa sedikit membantu. Kalau bukan untuk upacara, ada kemungkinan yang dimaksud oleh pelanggannya pak Seto adalah Kenikir Bangkok seperti penjelasan saya diatas.

        Mudah-mudahan bisa membantu, Pak.

  2. Terimakasih sekali atas informasinya..

    Barangkali anda berminat membutuhkan bibit tanaman mitir bisa menghubungi saya.
    saya juga melayani pesanan bebrbagai macam bibit tanaman.
    Harga terjangkau dan dapat dinegosiasikan.

    order via E-mail : setohidayat@yahoo.co.id

    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s